Cara Hitung BMI

Scale Hitung BMI

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh pertama kali diwacanakan pada pertengahan tahun 1980an. Hal ini dikembangkan dalam rangka memprediksi kondisi terkini tubuh, sehingga bisa mengindikasikan penyakit di kemudian hari.

Seiring perkembangan zaman, Body Mass Index tak hanya dilihat untuk memroyeksikan kemungkinan penyakit, namun juga untuk menilai berat badan ideal dan sehatnya tubuh seseorang. Karena itu banyak yang menggunakan hitung BMI sebagai acuan untuk program diet.

Apa itu BMI?

Seperti penyebutannya, BMI merupakan metode yang digunakan untuk menghitung massa tubuh, kemudian mengategorikannya dalam standar berat badan ideal tertentu.

Penghitungan BMI didasarkan pada perbandingan antara tinggi badan dan berat badan seseorang.

Dari penghitungan ini, Anda bisa mengetahui apakah bobot tubuh Anda berada dalam kisaran yang normal, kegemukan, atau malah terlalu kurus.

Bagaimana Kategorisasi Body Mass Index?

Kategorisasi BMI ditentukan langsung oleh WHO, dalam rangka mendapatkan pemetaan yang terstruktur terkait kondisi nutrisi dan tubuh masyarakat di dunia.

Namun, seiring dengan perkembangannya, BMI kemudian direplikasi dalam kategori baru yang secara khusus mengacu pada masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan Asia Pasifik.

Klasifikasi BB BMI

Cara Menghitung Body Mass Index

Metode BMI mengategorikan berat badan ideal berdasarkan perbandingan antara berat tubuh dalam satuan kilogram, dan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat.

Jika diturunkan dalam rumus, maka BMI dihitung seperti berikut:

Metode BMI = (berat tubuh (kilogram)) : (tinggi tubuh (meter2))

Sebagai contoh, bila Anda memiliki berat tubuh 50 kg dan tinggi tubuh 155 cm (1,55 m) maka penghitungannya seperti berikut,

= 50 : (1,55²)

= 50 : 2,40

= 20,8.

Jika dilihat dari acuan Body Mass Index WHO dan Asia-Pasifik pada tabel di atas, maka tubuh Anda berada pada massa yang ideal.

Baca juga: 5 Cara Menghitung Body Fat

Tubuh Ideal

Hal penting terkait BMI

Kendati penghitungan bobot tubuh dengan rumus BMI telah lumrah digunakan, namun Anda juga tetap perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Hitung BMI terkait kondisi tubuh secara keseluruhan

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hitung BMI didasarkan pada perbandingan antara berat tubuh dan tinggi tubuh.

    Namun, metode ini tidak mengikutsertakan kondisi lainnya, seperti usia, jenis kelamin, gaya hidup, riwayat penyakit dan kemungkinan perbedaan secara genetik.

    Karena itu, penghitungan dengan Body Mass Index harus dibarengi juga dengan kesadaran terkait kondisi tubuh.

  2. Massa lemak berbeda dari massa otot

    Metode Body Mass Index memang memberikan gambaran mengenai kondisi tubuh secara general, namun ia tak membedakan antara massa lemak dan massa otot.

    Dalam beberapa kasus, seseorang memiliki bobot tubuh yang tinggi bukan disebabkan karena penumpukan lemak, melainkan karena otot yang bermassa tinggi. Hal ini kerap terjadi pada atlet dan binaragawan.

  3. Letak penumpukan lemak

    Kendati metode hitung BMI dapat memberikan gambaran terkait idealitas tubuh, namun ia tak memperkirakan lokasi penumpukan lemak secara spesifik. Padahal hal ini penting untuk melihat apakah tubuh Anda berada dalam posisi yang seimbang atau tidak.

    Cek juga: FORCE USA DIALTECH ADJUSTABLE DUMBBELL

  4. Jangan mengabaikan riwayat kesehatan

    Setelah melakukan penghitungan BMI Anda disarankan untuk tetap memerhatikan riwayat kesehatan pribadi. Dalam artian tidak menjadikan hasil dari rumus ini sebagai satu-satunya tolok ukur kesehatan Anda.

    Kendati demikian, penghitungan BMI tetap dapat dijadikan sebagai acuan dalam menghindari penyakit krusial. Misalnya saja jika Anda terindikasi obesitas maka harus waspada terhadap penyakit diabetes, gangguan jantung, asam urat, darah tinggi dan, kanker.

    Kemudian jika ternyata indeks tubuh Anda berada di bawah normal, maka Anda harus siap untuk menghindari kemungkinan penyakit anemia, osteoporosis, dan keluhan pencernaan.

Itulah bahasan mengenai pengertian, cara penghitungan dan kategorisasi Body Mass Index. Jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, maka penghitungan rutin ini harus dibarengi dengan olahraga teratur dan pola hidup yang sehat.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang