Invest or NOT

Investasi Alat Fitness

Memiliki Home Gym dirumah banyak diasosiasikan dengan investasi. Karena seperti yang Anda telah ketahui, membeli alat olahraga yang tepat pasti hanya dilakukan satu kali. Tetapi bila Anda salah memilih prioritas pembelian alat ketika ingin memiliki alat olahraga dirumah, yang sering terjadi ialah Anda menjualnya kembali ataupun harus membeli alat tambahan karena alat yang dibeli sebelumnya merupakan pilihan yang kurang tepat.

Baca: Mengapa banyak orang menjual alat fitnessnya kembali?

Untuk menghindari tersebut, diartikel ini kami ingin membantu para customer dalam proses memilih alat olahraga yang paling tepat di rumah Anda, khususnya angkat beban. Lantas, apa saja yang harus menjadi pilihan utama atau investasi Anda dirumah dan mana yang tidak? Simak poin-poin penjelasan dibawah ini!

Note:
Harap dipahami, bahwa saran berikut bukanlah bagi mereka yang ingin berlatih untuk kepentingan kompetisi atau pertandingan

 

Invest

  1. Main Course

    Seperti sudah dijelaskan pada video dan artikel sebelumnya, hal yang paling penting untuk diutamakan adalah main course.

    Main Course sendiri merupakan alat yang akan menjadi 90% sarana berlatih Anda. Contoh alatnya adalah :

    • Squat Stand
    • Power Rack
    • Multifunctional Rack 

    power rack

    Karena 90% latihan yang Anda lakukan akan dihabiskan pada Main Course, maka sangat penting ber-investasi pada Main Course seperti Squat Stand, Power Rack dan Multifunctional Rack.

    Baca disini: Panduan memiliki Squat Stand dan MultiFunctional Rack

  2. Side Dish

    Setelah memilih Main Course, hal lain yang perlu diperhatikan ketika ingin berinvestasi pada perlatan home gym Anda adalah Side Dish. Barang yang termasuk dalam kategori Side Dish adalah:

    • Barbell

      Barbell sendiri salah satu sarana utama latihan setelah Squat Stand, Power Rack atau Multifunctional Rack. Maka sangatlah penting memiliki Barbell yang bagus dan memiliki ukuran standard yang tepat, sehingga dapat digunakan dengan nyaman serta mampu bertahan selama bertahun-tahun penggunaan. MAGNUS WOD Olympic Bar Details Kenalilah jenis-jenis barbell yang tepat bagi Anda.

    • Bench

      Selain Barbell, Bench merupakan komponen penting ketika latihan dirumah. Bench yang bagus dan baik pastinya akan lebih nyaman ketika digunakan. Sehingga dapat menunjang latihan Anda lebih optimal. bench

  3. Dessert

    Yang selanjutnya yaitu Dessert, setelah memilih Main Course dan Side Dish akhirnya kita sampai pada Dessert.

    Rekomendasi kami untuk Dessert adalah Treadmill. Untuk Treadmill meskipun masuk dalam kategori Dessert tetapi masuk dalam kategori Investasi. Kenapa? Karena apabila Anda hanya sekedar mementingkan harga pada saat membeli Treadmill, pastinya Treadmill tersebut tidak memiliki spesifikasi yang cukup baik dan tidak mampu seperti bertahan lama.

    Untuk memahami panduan lebih lanjut dalam memilih Treadmill, silahkan baca: Cara memilih Treadmill terbaik untuk Anda.

  4. Appetizer

    Yang terakhir yaitu Appetizer, salah satu komponen terpenting dalam memiliki Home Gym adalah Flooring. Karena Flooring dapat melindungi lantai pada home gym Anda. Sehingga latihan pun akan lebih nyaman dan leluasa tanpa perlu takut untuk membanting beban ke area lantai.

 

Not Invest

  1. Weight Plates

    Meskipun terlihat penting, tapi apabila melihat kegunaannya yaitu sebagai pemberat Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar pada Weight Plates. Rubber Plates sendiri sudah sangat cukup bagi Anda yang berlatih dirumah. Kecuali Anda latihan dengan fokus seperti Olympic Lifting ataupun CrossFit yang mengharuskan membanting beban dari ketinggian tertentu barulah penting untuk ber-investasi pada Bumper Plates yang berharga lebih mahal.

  2. Kettlebell

    Banyaknya jenis Kettlebell diluar memberikan pilihan yang beragam untuk latihan di rumah. Apabila dikaitkan dengan investasi atau tidak, Kettlebell tidak termasuk ke dalam kategori investasi. Anda cukup membeli Kettlebell dengan spesifikasi tertinggi yaitu standard kompetisi dan cari yang harganya termurah. Karena pada umumnya kettlebell hanya digunakan untuk 1-2 gerakan yang sama atau bukanlah penunjang latihan utama. Terlepas dari harga dan jenisnya, maka dari itu Anda bisa menghemat budget disini.

  3. Suspension Training

    Salah satu aksesoris yang sedang menanjak kepopulerannya ialah Suspension Training karena Anda dapat melatih otot diseluruh tubuh dengan alat ini dan hanya menggunakan bobot tubuh sebagai sarana latihan. Tapi bila dilihat dari kegunaannya, Suspension Trainer yang berharga mahal dan murah pun memiliki kegunaan yang sama dan tidak memberikan perbedaan signifikan ketika berlatih.

    Maka kesimpulannya Anda tidak perlu membeli Suspension Trainer dengan harga yang mahal dan alokasikan budget Anda pada alat lainnya.

  4. Matras Yoga

    Yang terakhir adalah matras Yoga, sama seperti barang lainnya yang tidak kami rekomendasikan untuk diinvestasikan. Sebagus apapun Yoga Matt tersebut pastinya memiliki fungsi yang sama dan tidak memberikan efek signifikan dalam goal latihan Anda.

    Maka Anda tidak perlu memiliki Yoga Matt yang mahal apabila sebatas berlatih dirumah.

 

***

Nah, kira-kira apakah Anda sudah dapat memperhitungkan produk mana saja yang akan kalian beli sebagai investasi Home Gym Anda?

Buy Nice Not Twice!

Bijaklah sebelum membeli alat fitness. Jika Anda memiliki pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi tim kami yang akan sangat senang untuk membantu Anda.

 

Invest or Not?

Tonton Video berikut untuk mengetahui lebih lengkap alat fitness mana yang perlu diinvestasikan, dan mana yang cukup berhemat!

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE

Gym ProjectsMORE