Kenali Manfaat dan Bahaya Olahraga Malam

Bahaya olahraga malam

Sebagian orang bisa saja terkena dampak bahaya olahraga malam karena memang hanya memiliki jam kosong di malam hari. Memang ada yang kontra jika berolahraga pada malam hari, namun juga ada berbagai manfaat olahraga malam hari.

Olahraga yang dilakukan malam hari bukan hanya berbeda dari segi kelembaban dan suhunya saja, tapi juga berbeda dari berbagai aspek pendukungnya. Salah satu hal yang mempengaruhi olahraga malam adalah jam tidur yang jaraknya sangat berdekatan tidak seperti olahraga pagi atau sore hari.

Manfaat Olahraga Malam

Daripada bahayanya, informasi mengenai manfaat melakukan olahraga di malam hari jauh lebih banyak. Selengkapnya mengenai manfaat berolahraga malam simak di bawah ini:

  1. Membantu Menenangkan Tubuh Setelah Lelah Bekerja

    Tahukah Anda olahraga malam bekerja secara intens untuk meningkatkan fungsi otot sekaligus enzim tubuh kita? Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa tubuhnya menjadi lebih tenang dan rileks pasca berolahraga.

    Anda yang sehari-hari dihadapkan dengan beban pekerjaan yang berat dan menumpuk dapat berolahraga selama beberapa menit. Supaya beban olahraga tidak membahayakan tubuh, pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti yoga, meditasi, latihan pilates, dan sebagainya.

  2. Manfaat Olahraga Malam – Mengatasi Insomnia

    Tidak hanya membuat tubuh lebih rileks pasca beraktivitas, manfaat olahraga malam hari konon juga bermanfaat bagi penderita insomnia. Manfaat ini bisa Anda rasakan asalkan olahraga yang dipilih benar dan sesuai kondisi kesehatan tubuh.

    Hindarilah jenis olahraga yang membutuhkan banyak kekuatan fisik apalagi ketika kondisi tubuh Anda tidak memungkinkan. Mengapa? Karena pemilihan jenis olahraga malam yang keliru justru akan mengganggu kualitas tidur Anda yang kemudian mengakibatkan insomnia.

    Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga

  3. Lebih Maksimal dalam Pembentukan Otot

    Berdasarkan teorinya, olahraga yang dilakukan pada malam hari konon jauh lebih maksimal dalam proses pembentukan otot daripada olahraga pagi hari. Anda yang ingin membentuk otot untuk meningkatkan kepercayaan diri bisa mencoba olahraga pada malam hari.

    Meski tujuannya untuk membentuk otot tubuh, kami sarankan Anda memilih jenis olahraga yang tepat. Hindari olahraga yang terlalu menguras stamina sehingga membuat Anda terlalu kelelahan yang dikhawatirkan dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh.

  4. Manfaat Olahraga Malam – Pelepas Penat

    Manfaat olahraga malam lainnya adalah melepaskan penat. Udara sejuk pada malam hari tidak hanya membuat olahraga Anda lebih menyenangkan, tapi juga efektif untuk melepaskan penat. Pikiran yang sempat stress akibat permasalahan pribadi atau beban bekerja kembali rileks.

  5. Mencegah Bau Badan

    Masih berhubungan dengan poin keempat, olahraga yang Anda lakukan di malam hari juga berpengaruh terhadap bau badan. Salah satu cara mengurangi intensitas bau badan adalah dengan berolahraga malam hari.

    Keringat yang dikeluarkan saat berolahraga di malam hari konon jauh lebih sedikit daripada di pagi hari. Kondisi ini kemungkinan terjadi karena udara malam yang sangat sejuk, berbeda dengan udara pagi atau siang yang cenderung panas dan kering.
    Waktu terbaik untuk olahraga

Bahaya Olahraga Malam

Meskipun memiliki banyak manfaat, bukan berarti olahraga malam bebas dari bahaya. Inilah beberapa bahaya yang bisa menimpa Anda ketika berolahraga malam hari secara berlebihan.

  1. Bahaya Olahraga Malam – Sesak Napas

    Tidak banyak yang mengetahui bila kandungan oksigen pada udara semakin berkurang dan menipis saat Anda berolahraga di malam hari. Akibatnya, tubuh beresiko tinggi mengalami sesak napas selagi berolahraga.

    Kondisi sesak napas sebetulnya masih dapat Anda hindari dengan memilih jenis olahraga yang tepat. Anda pun sebaiknya tidak memaksakan diri melakukan olahraga berat. Alih-alih melakukan olahraga kardio alangkah baiknya Anda memilih jenis olahraga malam yang lebih ringan.

    Cek juga: X7 FUNCTIONAL TRAINER

  2. Bahaya Olahraga Malam – Mengalami Gangguan Pola Tidur

    Bahaya olahraga malam selanjutnya adalah mengalami gangguan pola tidur terlepas apakah Anda menderita insomnia atau tidak. Kondisi ini terjadi ketika Anda tidak mampu mengelola jadwal olahraga malam dengan baik dan tepat.

    Alhasil, jam tidur yang harusnya terjadi pada pukul tertentu harus tertunda karena jadwal olahraga Anda yang tidak teratur.

    Gangguan pola tidur tidak hanya terjadi akibat jam tidur yang terpangkas tapi juga karena adrenalin di tubuh Anda yang masih cukup tinggi pasca berolahraga.

  3. Bahaya Olahraga Malam – Menyerap Stamina dengan Cepat

    Beberapa orang berpendapat bahwa olahraga malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tapi tidak sedikit juga yang memberikan jawaban yang sebaliknya. Olahraga di malam hari yang dilakukan sembarangan dan tidak teratur dan terukur malah berisiko melemahkan daya tahan tubuh kita.

    Itulah mengapa banyak orang yang merasa lemas atau lelah pasca olahraga malam. Jika tidak segera diatasi, stamina tubuh akan semakin drop yang kemudian mengakibatkan Anda jatuh sakit.

Apakah Anda pejuang olahraga demi menunjang tubuh yang sehat dan kuat? Ketika memilih olahraga malam, maka perhatikan apa saja manfaat dan bahaya olahraga malam. Jangan sampai Anda mendapatkan lebih banyak reaksi negatif daripada positifnya.

Temukan juga tips fitness lainnya di Instagram GymFitnessIndo di sini.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang