Cari Tahu Kriteria Dalam Memilih Bench Sesuai Kebutuhan Anda

Sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah alat home gym, memilih bench juga tak boleh asal-asalan. Sama seperti barbellbench sendiri dapat digunakan untuk berbagai latihan.

Selain dapat menentukan kenyamanan latihan, sebuah bench yang berkualitas mampu bertahan lama, sehingga Anda dapat berinvestasi dengan tepat tanpa perlu lagi membeli bench dikemudian hari.

 

Kriteria Memilih Bench

Untuk memilih bench yang berkualitas, pastikan Anda memahami beberapa kriteria penting yang akan kami bahas di artikel ini:

  1. Flat atau Adjustable

    Sebelum membeli Bench, pastikan Anda memahami jenis Bench yang Anda butuhkan. Di pasaran terdapat dua jenis Bench, yaitu, Flat atau Adjustable. Untuk Flat Bench, posisi yang ada terbatas fix hanya pada posisi datar dan tidak dapat di set ketinggiannya.

    Flat Bench sangat cocok untuk Anda yang menyukai latihan powerlifting khususnya Bench Press, dimana Flat Bench lebih stabil dikarenakan tidak adanya mekanisme naik/turun seperti pada Adjustable Bench.

    Force USA Light Commercial Flat Bench
    Force USA Light Commercial Flat Bench

    Sedangkan, untuk Adjustable Bench umumnya ada dua jenis pilih yaitu, Adjustable Bench yang memiliki 3 angle seperti: Flat-Incline-Decline (FID) atau yang hanya memiliki 2 angle seperti Flat-Incline saja.

    Kelebihan Adjustable sendiri ialah variasi angle yang berbeda-beda untuk berbagai macam jenis latihan yang Anda lakukan. Dengan variasi angle ini dapat membantu Anda melatih otot yang diinginkan.

    Sebagai contoh, posisi incline sendiri lebih fokus ke dada atas, decline dada bawah dan flat keseluruhan otot dada.

    MAGNUS Adjustable Commercial FID Bench
    MAGNUS Adjustable Commercial FID Bench
  2. Tinggi dari lantai ke Bench 

    Tinggi kaki Bench ke lantai merupakan salah satu faktor paling krusial dalam spesifikasi Bench. Karena apabila jarak Bench ke lantai terlalu tinggi, pastinya Anda akan kehilangan keseimbangan ketika melakukan gerakan latihan, dikarenakan kaki yang tidak dapat sepenuhnya berpijak dari lantai atau hal lainnya.

    Sedangkan apabila jarak dari Bench ke lantai terlalu rendah, Anda juga sulit menjaga posisi tubuh menjadi kencang atau “tight position” ketika melakukan gerakan tertentu. Tentunya hal tersebut sangatlah berbahaya terutama ketika sedang melakukan latihan dengan beban berat.

    Untuk memastikan Bench yang Anda pilih tidaklah keliru, Anda harus memastikan bahwa tinggi kaki Bench (dalam posisi flat) ke lantai ialah 43cm, dimana ini adalah standard tinggi olympic bench.

  3. Lebar pada Pad Bench 

    Pernahkah Anda merasakan bahwa Bench yang Anda gunakan terasa terlalu kecil di punggung saat digunakan?

    Kebanyakan dari kita menganggap bahwa semua Bench itu sama, padahal hal lainnya yang paling menentukan kenyamanan adalah lebar pad/cushion pada bench. Harus diperhatikan bahwa dalam memilih Bench, lebar pad yang standard adalah sebesar 30cm.

    MAGNUS CMB Bench memiliki lebar pad standard 30cm
    MAGNUS CMB Bench memiliki lebar pad standard 30cm
  4. Panjang Bench

    Meski terlihat sepele, namun panjang Bench adalah salah satu penentu kenyamanan ketika digunakan.

    Sebagai contoh apabila Anda memiliki tinggi badan sekitar 180cm, dan panjang Bench 150cm, pastinya Bench hanya mampu meng-cover setengah dari tubuh Anda. Maka harap diperhatikan bahwa panjang ideal Bench sekitar 172cm.

  5. Weight Rating 

    Kemampuan Bench menahan bobot beban penggunanya sangatlah penting, karena apabila weight rating yang dimiliki oleh Bench tergolong rendah, maka bench tidak stabil dan akan mudah bergeser ketika digunakan. Terlebih apabila bobot penggunannya berat bahkan mungkin bukan hanya bergeser tetapi juga memungkinkan struktur bench akan patah atau rusak.

  6. Harga 

    Faktor terakhir yang harus diperhatikan adalah harga.

    Apabila Anda memiliki budget terbatas, GymFitnessIndo menyarankan Anda memilih Flat Bench. Dan apabila Anda ingin melakukan latihan dengan posisi bench Incline atau Decline, Anda dapat menggunakan Plate untuk membantu menyesuaikan tingginya.

    Namun, apabila Anda memiliki budget ekstra tidak ada salahnya memilih Adjustable Bench. Karena terlepas dari harganya yang lumayan mahal, pasti juga akan memberikan Anda manfaat lebih dengan lebih banyak variasi latihan yang dapat Anda lakukan.

***

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar Bench, langsung saja DM ke Instagram @gymfitnessindo atau @magnusid

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE

Gym ProjectsMORE