Cara Memilih Alat ‘Main Course’ untuk Home Gym Anda!

Eco-Rack-Memilih-Alat-Untuk-Home-Gym

Jika diandaikan dalam memilih hidangan makanan, main course merupakan bagian yang paling terpenting. Begitu juga dengan memilih alat untuk home gym. Ini pun menjadi bagian paling penting demi kenyamanan dan keamanan saat latihan.

Pada artikel kali ini, kami ingin membagikan tips dalam memilih main course untuk Home Gym Anda di rumah!

Tapi sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan main course pada home gym. Main Course pada home gym adalah alat yang paling kita sering gunakan dalam berlatih sehari–hari. Apabila Anda fokus berlatih Strength Training dibandingkan dengan Latihan Isolasi, maka opsi yang paling tepat dalam memilih alat home gym Anda ada dua pilihan, yaitu Magnus Squat Stand Package dan Magnus Eco Rack Package!

Bagi teman-teman yang belum rela mengeluarkan dana lebih dari 19 juta rupiah, Magnus Squat Stand Package akan lebih cocok bagi Anda, sementara bagi teman-teman yang memiliki budget lebih dapat memiliki paket Magnus Eco Rack Package sebagai opsi kedua.

Paket Magnus Power Rack x2

Namun pastinya ada teman-teman yang menyukai latihan Isolasi menggunaan Fitness Training Series (FTS), tapi sebelum memilih FTS, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu jarak antar lubang j-hook.

Kenapa kita harus memperhatikan hal tersebut? Karena hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam menggunakannya, terutama ketika gerakan seperti squat atau bench press. Apabila jarak lubang antar j-hook terlalu jauh, ada resiko ketika Anda squat di posisi awal akan terasa kerendahan ataupun posisinya terlalu tinggi.

Hal tersebut juga berlaku ketika Anda melakukan bench press. Bila jarak j-hook terlalu jauh dalam pengaturan safety, pastinya akan menjadi kendala yaitu apabila kerendahan tidak akan mampu menahan bar ketika gagal mengangkat, sementara apabila terlalu tinggi, barbell akan menyentuh safety sebelum menyentuh bagian otot dada.

Pilihan mesin All in One Machine dengan jarak j-hook yang pendek dan berharga ekonomis di bawah 35 juta dapat Anda temui pada produk Magnus Xtrainer X5.

Di antara banyaknya pilihan FTS, salah satu pertimbangan penting ketika memilih sebuah FTS adalah apakah Anda menggunakan Cable Pulley dengan beban yang berat? Hal itu tergolong sangat penting untuk diperhatikan karena sangat menentukan dalam memilih alat home gym untuk latihan.

Bila Anda membutuhkan mesin FTS dengan bobot pulley yang berat maka pilihannya adalah FORCE USA Monster G20. Dengan Force USA Monster G20 pastinya Anda tidak akan kekurangan beban untuk latihan dengan bobot mencapai 131 kg presisi. Namun bila Anda hanya menggunakan FTS sebagai menu tambahan dan tidak membutuhkan beban yang terlalu berat maka opsinya jatuh kepada Magnus Xtrainer X7.

XTrainer Series Introduction   

Pada bagian terakhir, bagaimana bila Anda lebih fokus latihan isolasi dibandingkan compound? Artinya Anda tidak membutuhkan pengaturan j-hook yang presisi ataupun memiliki jarak antar lubang yang pendek-pendek.

Oleh karena itu, pertimbangan dalam memilih alat home gym selanjutnya adalah apakah anda merasa cukup nyaman latihan menggunakan system plate load? Bila ya, maka opsi yang tepat adalah Magnus Xtrainer X5. Namun bila Anda menginginkan sebuah all in one machine yang lebih praktis dan ingin mengeluarkan budget cukup besar hingga  90 juta maka pilihannya adalah FORCE USA Monster G12 yang sudah dilengkapi dengan weight stack pada kedua sisi dan counter balanced pada smith machine.

Pilihan yang lebih ekonomis jatuh kepada Force USA F100. Perbedaan antara F100 dan G12 terletak pada struktur besi, pada F100 struktur rangka utama memiliki ketebalan 2.5mm, sementara pada G12 adalah 3mm, ditambah pada F100 tidak memiliki counter balanced dan juga leg press. Aksesoris pada kedua unit cukup mirip, meskipun tanpa leg press dan counter balanced, variasi latihannya sangat lengkap.

Maka bila Anda memiliki budget yang terbatas tapi menginginkan alat yang lengkap, pulley berat dapat memilih F100 sebagai pilihan.

Nah guys, demikian pembahasan mengenai cara memilih main course untuk home gym kalian. Bila masih memiliki pertanyaan, Anda dapat langsung chat team sales kami, atau DM Instagram @gymfitnessindo.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang