Pilih Air Bike atau Spin Bike, Ini Perbedaan Yang Harus Kamu Ketahui

assault air bike

Bersepeda merupakan sebuah latihan kardio yang tergolong paling digemari selain berlari. Terlebih apabila Anda ingin melakukan latihan kardio dengan durasi yang panjang, pastinya sepeda merupakan salah satu opsi terbaik. Disamping itu Anda dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Umumnya, kelebihan bersepeda adalah kenyamanan  karena dapat dilakukan dengan duduk saja dan cenderung sangat efisien dalam penggunaan energi tubuh.

Untuk pilihan jenis sepeda sangat banyak, seperti Downhill, Mountain Bike, Fixie, Road Bike, BMX, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana bila tidak ada waktu untuk bersepeda di luar ruangan? Pilihannya hanya menggunakan sepeda indoor. Saat ini ada dua jenis sepeda indoor yang paling digemari, yaitu Air Bike dan Spin Bike.

Masing-masing brand tersebut punya sejarah awal masing-masing. Air Bike, misalnya, yang mulai populer sejak tahun 90-an, tepatnya ketika salah satu brand olahraga CrossFit mempopulerkan suatu metode latihan bersepeda yang melibatkan otot seluruh tubuh mulai dari upper body dan lower body.

Sementara, Spin Bike sudah lebih dulu populer, yaitu sejak tahun 1970 saat olahraga aerobik mulai digemari di seluruh dunia.

***

Nah, supaya Anda tidak bingung dalam memilih mana yang cocok untuk latihan Anda di rumah, mari kita lanjutkan dengan pembahasan kedua sepeda indoor tersebut.

 

1. Sumber Resistance

Air Bike: Sumber resistance pada sepeda ini berasal dari sebuah kipas yang akan memberikan tekanan yang semakin kuat ketika kita menggowes pedal semakin kencang. Untuk memacu kayuhan lebih kencang saat latihan menggunakan sepeda ini, Anda dapat mengkombinasikan kayuhan pada pedal sekaligus dengan pegangan tangan yang terhubung antara kipas dan pegangan (handle).

Semakin kencang Anda mengayuh, maka semakin besar pula resistance yang akan diperoleh.

Spin Bike: Sumber resistance sepeda ini berasal dari sebuah handlebar yang berfungsi mirip seperti rem. Jadi, bila Anda ingin menambahkan tekanan pada kayuhan, tinggal memutar bagian handlebar tersebut.

 

2. Siapakah yang cocok menggunakan Air Bike?

Bagi Anda yang menyukai latihan Full Body Workout pastinya Air Bike adalah pilihan yang paling tepat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kayuhan pada Air Bike tidak terbatas pada pedal. Namun, bila Anda ingin meningkatkan intensitas Anda dapat mengayuh handle secara cepat untuk meningkatkan resistance.

Selain itu kelebihan dari Air Bike ada pada opsi layarnya yang dapat memberikan indikator pembakaran kalori, jarak, waktu maupun opsi jenis-jenis latihan yang dapat dilakukan.

Sementara dari segi struktur, Air Bike lebih kokoh bila dibandingkan dengan Spin Bike. Sementara, daya tahan atau kekuatan yang dapat ditahan oleh Air Bike bisa mencapai 200kg.

Selain itu Anda tidak perlu khawatir dalam segi perawatan, karena pada umumnya rantai pada Air Bike sudah lengkap dengan anti karat dan tak perlu juga mengganti baterai layar ketika habis.

assault air bike indo

Silahkan klik untuk membeli produk ini sekarang

 

3. Siapakah yang cocok menggunakan Spin Bike ?

Apabila Anda lebih menyukai latihan dengan intensitas yang rendah atau lebih dominan untuk melatih lower body, tentunya Spin Bike adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, apabila Anda menggeluti olahraga seperti Triathlon ataupun Road Bike yang durasi latihannya cukup panjang, Spin Bike pasti akan cocok untuk karena desain sepeda ini sendiri memiliki kemiripan dengan Road Bike.

Kelebihan Spin Bike bila dibandingkan dengan Air Bike adalah ukurannya yang lebih kecil dan beratnya yang ringan. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk memindahkan dan menyimpannya.

Meski Air Bike sendiri memiliki roda, namun berdasarkan pengalaman kami, Spin Bike lebih mudah dipindahkan. Bila dibandingkan lagi, kekurangan Spin Bike tersebut terletak di bagian resistance yang harus diatur secara voluntary. Sehingga bisa dipastikan Anda akan cukup kesulitan dalam mengatur pace dari intensitas tinggi ke rendah secara cepat atau spontan. Hal ini disebabkan karena harus menyesuaikan handlebar pada Spin Bike.

v700 vortex spin bike

Silahkan klik untuk membeli Spin Bike sekarang

 

4. Pilihan manakah yang lebih affordable ?

Bila dinilai dari segi ketahanan, Air Bike tergolong lebih affordable karena tidak banyak membutuhkan perawatan selain mengganti baterai pada layar. Sementara pada Spin Bike Anda harus mengganti belt penghubung roda dan pedal, serta handle bar secara berkala agar Spin Bike dapat digunakan dengan nyaman.

Jadi dalam jangka waktu yang panjang Anda harus mengeluarkan biaya rutin setelah membeli Spin Bike lebih sering bila dibandingkan dengan Air Bike.

Selain itu, bila melihat dari segi latihan, bagi Anda yang menyukai latihan full body workout dan intensitas yang tinggi, dapat memilih Air Bike sebagai pilihan utama. Sebaliknya, bila Anda lebih menyukai latihan dengan intensitas rendah hingga sedang, maka Spin Bike menjadi pilihan yang tepat.

Kedua sepeda indoor ini memiliki kelebihannya masing-masing untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan dalam ketahanan tubuh dan stamina.

Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

***

Apabila masih memiliki pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung saja DM ke Instagram @gymfitnessindo!

Selamat berlatih!

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE

Gym ProjectsMORE