Apa Itu Pull Up dan Alat Untuk Latihan Pull Up

Pull up alat untuk pull up

Dewasa ini, orang-orang lebih familiar dengan push up ketimbang pull up. Nah, Apa sih pull up itu? Mari kita ulik lebih dalam tentang apa itu latihan pull up.

Pilihan cabang olahraga di dunia kini semakin banyak. Beberapa gerakan olahraga mampu melatih otot tangan, lengan, perut dan cabang olahraga lainnya efektif untuk meningkatkan stamina dan kekuatan seluruh otot badan.

Apa itu pull up? Anda yang jarang berolahraga mungkin kurang familiar dengan istilah tersebut atau bahkan baru pertama kali mendengarnya.

Padahal pull up banyak sekali manfaatnya, gerakan yang ditawarkan juga cukup bervariasi dengan level kesulitan tertentu.

Mau tahu lebih banyak tentang pull up? Cari tahu definisi dan informasi lainnya berikut.

Apa itu Pull Up?

Bagi masyarakat awam, latihan pull up mungkin sangat identik dengan atlet bahkan prajurit kemiliteran.

Bukan hal yang mengherankan mengingat peralatan pull up memang tersedia di gym atau pusat latihan militer.

Padahal latihan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja, bahkan di dalam rumah.
Pull up merupakan latihan olah otot yang dilakukan dengan memanfaatkan sebuah palang sebagai pegangan atau daya angkatnya.

Otot tubuh yang terlatih ketika melakukan gerakan pull up di antaranya adalah otot punggung dan otot bisep.

Pada dasarnya, pull up merupakan gerakan latihan yang sederhana. Anda hanya perlu menggenggam palang sejajar dan mengangkat tubuh hingga terangkat dari tanah.

Angkat terus tubuh hingga bagian bahu tegak lurus atau melalui pull up bar.

Meski terlihat sangat sederhana, nyatanya tidak semua orang mampu melakukan gerakan pull up dengan baik dan sempurna.

Penyebabnya sangat beragam, salah satunya karena berat badan berlebih sehingga tangan tidak bisa menahan bobot tubuh dengan baik.

Faktor kedua adalah gaya tarik bumi. Pada hakikatnya, latihan pull up merupakan latihan melawan gaya gravitasi bumi hal yang sulit mengingat semua benda yang ada di bumi pasti jatuh ke bawah bukannya ke atas.

Alat untuk pull up

Rekomendasi Alat untuk Pull Up

Dilihat dari gerakan latihannya, alat pull up yang umum digunakan adalah pull up bar atau palang sejajar yang dibuat dari material logam.

Mengapa harus logam? Selain untuk alasan keamanan dan keselamatan, pull up bar logam juga bisa digunakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Daya tahan logam jauh lebih baik daripada pull up bar yang dibuat dari material plastik.

Anda yang tertarik mencoba latihan pull up sendiri di rumah, kami rekomendasikan beberapa brand pull up terbaik dengan standar mutu internasional berikut.

  1. Alat untuk Pull Up: Speeds LX 013-04

    Ketika mencari pull up bar untuk dibawa pulang apa kriteria yang Anda tentukan? Jika jawabannya multifungsi, kami rekomendasikan pull up bar merek Speeds ini.

    Selain bisa digunakan untuk latihan gerakan pull up apa saja, produk ini juga bisa Anda manfaatkan untuk latihan sit up.

    Speeds LX 013-04 merupakan salah satu alat yang digunakan untuk latihan pull up dengan bobot badan maksimal 100 kg.

    Produk ini dibuat dari logam berlapis chrome dengan pegangan atas yang lembut karena dilapisi busa. Anda bisa belanja pull up bar ini di berbagai marketplace online Indonesia dengan harga terjangkau.

  2. Alat untuk Pull Up: Iron Gym Total Upper Body

    Alat pull up berikutnya yang kami rekomendasikan dibuat oleh brand Iron Gym. Pull up bar ini sangat multifungsi dan mudah untuk digunakan.

    Cocok untuk latihan pull up, sit-up atau push-up. Kelebihan lainnya, produk ini berbobot 2,45 kg dan bisa ditempatkan dalam koper sehingga bisa dibawa ke mana saja saat Anda membutuhkannya.

    Pull up bar ini mampu menopang berat badan hingga 136 kg. Menariknya lagi, Anda tidak perlu memesan produk ini dari Amazon karena beberapa marketplace online di Indonesia sudah menjualnya dengan harga terjangkau.

  3. Garren Fitness Maximiza

    Alat yang digunakan untuk latihan pull up ini dibuat dari material baja krom yang otomatis mampu menahan berat badan dengan sangat baik. Daripada produk sebelumnya, bobot pull up bar ini juga lebih ringan sekitar 0.99 kg.

    Cara penggunaan produk ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menempatkannya pada kusen pintu atau tempat penopang lain yang kuat. Garren Fitness Maximiza juga diyakini dapat membantu latihan sit-up dengan baik dan mudah.

  4. Sunny Health & Fitness Door Way Chin Up Bar

    Dari desain dan bentuk, produk ini hampir mirip seperti Garren Fitness Maximiza yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan latihan.

    Alat pull up ini juga terbuat dari baja berlapis krom membuatnya sangat diminati terutama oleh orang dewasa yang hobi latihan pull up.

    Brand Sunny Health & Fitness ini berbasis di California, maka untuk mendapatkan produknya Anda bisa belanja daring di Amazon atau marketplace online internasional lainnya.

    Dari segi kualitas, pull up bar ini tidak kalah bagus dari produk sebelumnya.

  5. Pure Fitness Multi-Purpose Bar

    Latihan pull up bisa tampak sederhana namun kemungkinan cedera tetap saja ada.

    Agar terhindar dari cedera yang serius gunakanlah pull up bar yang berstandar nasional atau internasional.

    Salah satu pull up bar yang kami rekomendasikan kali ini berasal dari brand Pure Fitness.

    Pull up bar ini dibuat dari material baja yang sangat kuat dan cukup fleksibel sehingga bisa dipasang dan lepas dengan mudah.

    Solusi terbaik, jika belakangan ini Anda sedang sangat giat melakukan latihan pull up dan membutukah alat pull up yang bisa dibawa ke mana saja.

  6. Yes4All Doorway

    Yes4All Doorway merupakan pull up bar yang dibuat dari material stainless steel dengan lima opsi genggaman yang nyaman dan fleksibel. Sama seperti Sunny Health & Fitness, produk ini juga diproduksi di California.

    Ketika membeli produk ini, Anda tidak perlu merakit produknya lagi. Mengapa? Karena pabrikannya terbiasa menyediakan pull up dalam kondisi terakit bukan dijual terpisah.

    Kondisi ini sangat menguntungkan jika Anda ingin secepatnya mencoba produknya setelah barang sampai ke rumah.

  7. Force USA PT Power Rack

    Salah satu ftur yang tersedia di Power Rack yang tersedia di GymFitnessIndo ini adalah Multi Grip Chin Bar. Yang mana Anda bisa melakukan latihan pull up tradisional, netral, dekat, maupun melebar dengan tingkat weight rating hingga 200 kg. Bagian dagu juga dapat dibalik agar sesuai dengan ketinggian langit-langit yang lebih rendah.

    Anda juga bisa menambahkan sedikit tantangan dengan menggunakan weighted vest seperti foto di bawah.

    Baca juga: Weighted Vest untuk pull up.

    Weighted Vest for Calisthenics by Samuel

Tips Pull Up yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Bagi seorang profesional, pull up mungkin latihan fisik yang sangat sederhana dan bisa mereka lakukan kapan saja ketika menginginkannya.

Tapi bagaimana dengan para pemula? Agar tidak salah latihan bahkan mengalami cidera, coba beberapa tips berikut ini:

  1. Lakukan Latihan Pendahuluan

    Sebelum benar-benar yakin Anda menguasai latihan pull up, kami anjurkan Anda memahami terlebih dahulu jenis dan gerakan pendahuluannya.

    Latihan pendahuluan bisa membantu meningkatkan kinerja otot punggung sehingga tidak terkejut ketika Anda berlatih pull up.

    Apa itu Pull Up

    Ada pun jenis-jenis latihannya meliputi:

    • Shoulder Pull Up

      Latihan pull up yang membantu otot punggung bekerja lebih keras dari biasanya. Untuk memulai latihan ini Anda harus bergelantungan pada pull up bar dan menarik bahu.

    • Passive Hang

      Posisi paling standar di mana Anda hanya perlu bergelantungan saja di atas pull up bar.

    • Negative Pull Up

      Latihan paling sulit karena tidak hanya bergelantungan, Anda juga harus mengangkat tubuh hingga dagu melalui pull up bar.

  2. Terapkan Teknik Pull Up yang Benar

    Setelah melakukan berbagai tindakan pull up pendahuluan, Anda bisa mencoba teknik pull up yang baik dan benar.

    Teknik pull yang benar tidak hanya melalui gerakan yang tepat dan konsisten tapi juga dilakukan pada alat pull up yang berkualitas.

Usai memahami apa itu pull up berikut macam-macam peralatannya hingga tips dasar latihan pull up bagi pemula, apa Anda tertarik untuk mencoba latihan ini?

Latihan pull up tidak hanya membantu melatih otot punggung dan bisep saja. Latihan rutin bisa membentuk tubuh yang lebih sehat tanpa perlu banyak mengkonsumsi multivitamin seperti sebelumnya.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang