Perlukah Alat Gym Dengan Grade Commercial untuk Home Gym Anda?

Walaupun alat gym terlihat mirip antara yang satu dengan lainnya, namun sebenarnya alat gym memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi kualitas dan penggunaannya. Perbedaan yang paling dasar menurut kami adalah dari segi grade, yang biasa dibagi menjadi dua yaitu commercial grade dan home grade. 

Dikarenakan mewabahnya pandemic COVID-19, menyebabkan banyak orang berlomba-lomba menjual alat fitness untuk home gym. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang umum terjadi, dimana pada masa saat ini merupakan masa yang sangat sulit untuk gym komersial. Sehingga sangat jarang ada orang yang ingin membuka gym di masa seperti ini. Dan membuat melonjaknya permintaan untuk home gym. Dan menurut kami pun itu merupakan hal yang baik untuk mendukung banyak orang berolahraga di rumah. Namun yang menurut kami yang kurang tepat adalah menawarkan alat fitness yang biasanya untuk gym komersial, dipromosikan untuk home gym.

Kami sudah cukup banyak membahas mengenai perbedaan alat fitness home grade dan commercial grade, namun yang ingin kami bahas disini adalah perbedaan alat fitness yang benar-benar dikhususkan untuk komersial fitness, bukan hanya yang memiliki grade commercial saja, dan mengapa alat tersebut kurang cocok untuk home gym.

 

Apa sih arti dari home  dan commercial grade?

Simple nya, jika alat fitness tersebut mempunyai grade home, maka alat fitness tersebut hanya cocok di gunakan di penggunaan home gym, yang dimana berarti jangka waktu penggunaannya akan jauh dibawah waktu penggunaan di gym umum. Sedangkan grade commercial berarti alat fitness tersebut bisa digunakan untuk penggunaan gym umum, yang waktu penggunaannya jauh lebih sering.

Namun bukan berarti tidak ada alat home gym yang tidak mempunyai grade commercial. Produk Monster series seperti Monster G6, Monster G9 dan Monster G12  merupakan contoh alat untuk penggunaan home gym yang mempunyai grade commercial.

Apakah alat gym home grade memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan commercial grade?

Ya, pada umumnya alat gym commercial grade memiliki kualitas yang lebih superior dibandingkan dengan alat gym home grade. Dimulai dari ketebalan besi yang lebih tebal, dan penggunaan material yang lebih baik. 

Apakah jika kedua alat fitness mempunyai grade yang sama, misal sama-sama memiliki grade home, juga memiliki kualitas yang sama?

Sangat tidak betul! Grade hanyalah suatu acuan bahwa alat fitness ini cocok untuk penggunaan home gym atau commercial gym. Namun bukan berarti alat fitness kami yang mempunyai grade home memiliki kualitas sama dengan alat fitness lain yang biasa dijual dengan harga sangat murah dan memiliki grade home juga.

Begitu pula alat fitness dengan grade commercial. Walaupun sama-sama memiliki grade commercial, namun untuk kualitas antara produk yang dijual dari brand atau toko lain sangat lah berbeda.

Apakah alat commercial grade tidak cocok untuk penggunaan rumahan?

Tentu saja tidak! Dengan memiliki home gym dengan grade commercial berarti Anda mempunyai home gym yang memiliki kualitas yang baik seperti di Mega Gym Commercial! 

Namun yang menurut kami tidak cocok adalah alat fitness yang khusus untuk gym komersial, digunakan untuk home gym. Apa sih alat gym yang dimaksud? Dan apa alasannya? Kita akan bahas satu per satu dari setiap jenis alatnya:

1. Selectorized Machine

Selectorized machine adalah alat yang paling kalian sering jumpai di gym komersial. Selectorized machine ini sangat cocok digunakan untuk gym komersial. Dan biasanya sudah memiliki kualitas yang baik. Namun sangat tidak cocok digunakan untuk home gym. Dikarenakan alat tersebut hanya memiliki 1 kegunaan saja misal alat chest press hanya bisa digunakan untuk latihan chest saja.

Contoh Selectorized Machine: MBH Chest Press Machine Pin Loaded 

Rekomendasi kami: kecuali Anda mempunyai space yang luar biasa besar yang bisa cukup banyak Selectorized Machine, kami sangat tidak merekomendasi alat ini untuk home gym. Anda perlu membeli 5-6 alat Selectorized Machine untuk menyamai fungsi dari Monster G12. Selain itu harganya juga sangat mahal untuk alat yang hanya bisa 1 fungsi saja.

2. Power Rack atau Squat Rack

Power Rack yang biasa kita temui di gym komersial memang memiliki kualitas yang baik. Alat tersebut mempunyai ketebalan besi yang sangat kokoh, hampir tidak bisa digeser. Dan sangat cocok untuk penggunaan komersial gym yang dimana kita tidak bisa memantau 100% penggunaan member terhadap rack tersebut. Yang dimana pasti ada saja member menggunakannya dengan sangat kasar. Power Rack ini akan memiliki ketahanan yang sangat baik dalam penggunaan yang kasar tersebut.

Rekomendasi kami: Jauh lebih bijak menggunakan Power Rack seperti MyRack atau Magnus Eco Rack. Dikarenakan harganya jauh lebih murah, jauh lebih ringan sehingga mudah digeser kemana pun, memiki spesifikasi yang sangat nyaman digunakan, dan weight rating yang sudah lebih dari cukup (Baca disini untuk artikel mengenai Weight Rating). Namun jika budget bukan masalah untuk Anda, tidak masalah membeli Power Rack jenis ini:

 

 

Kami masih merekomendasikan jenis ini karena kualitas nya pun lebih baik dari Power Rack dengan grade Home. Saran kami adalah perhatikan spesifikasi dari Power Rack tersebut, seberapa jauh jarak lubang Jhook nya? Apakah safety nya bisa di adjust atau tidak?

3. Adjustable Bench

Adjustable bench yang biasa kita jumpai di gym komersial memiliki kualitas yang sangat baik. Sangat kokoh ketika digunakan. Bahkan menurut kami, salah satu alat komersial grade yang kita rekomendasikan untuk home gym adalah Adjustable Bench! Dikarenakan agak sulit menemukan Adjustable Bench home grade yang memiliki kualitas yang cukup baik. Salah satu adjustable bench home grade yang memilki kualitas baik adalah Magnus FID Bench. 

Namun bukan berarti kita asal membeli saja Adjustable Bench commercial grade apapun juga. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan

  • Berat dari adjustable bench commercial grade berkisar 60kg, yang dimana akan sangat menyulitkan kita dalam menggesernya, bila dibandingkan dengan Magnus FID yang hanya mempunyai berat 30kg
  • Biasanya adjustable bench commercial memiliki kaki yang agak pendek, yaitu berkisar 40cm (dihitung dari jarak lantai ke bantalan kursi). Tinggiyang umum untuk bench di kompetisi bench press adalah 44-45cm. Namun menurut kami masih bisa di toleransi, dikarenakan rata-rata tinggi tubuh orang Asia.
  • Biasanya lebar pad pada adjustable bench commercial agak lebih sempit berkisar 25cm. menurut kami lebar pad yang ideal adalah selebar 30cm. Namun perbedaannya tidak signifikan.

 

Magnus CMB Bench memiliki lebar pada sebesar 30cm

 

4. Barbell

Untuk barbell tampaknya selama kami latihan di gym komersial sangat jarang menemukan barbel yang bagus di commercial gym, walaupun itu selevel Mega Gym Commercial! Jadi kami cukup percaya diri dengan produk Barbell dari Gymfitnessindo!

 

Nah sudah mulai memilih-milih alat yang tepat untuk home gym Anda?Atau masih bingung mengenai alat apa yang tepat untuk home gym Anda? Jangan ragu untuk menghubungi tim sales kami untuk info lebih lanjut mengenai produk-produk Gymfitnessindo! Tim kami akan sangat senang memandu Anda dalam memilih peralatan yang tepat sesuai kebutuhan dan latihan Anda!

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE

Gym ProjectsMORE