Review Perbedaan Concept2 Rower dan FreeForm Rower

Latihan kardio memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan kemampuan daya tahan, meningkatkan kekuatan jantung, menaikkan kemampuan respirasi hingga memperkuat otot-otot tubuh. Salah satu alat berlatih kardio paling populer adalah Rower Machine. Rower Machine sendiri mampu melatih otot-otot diseluruh tubuh, mulai dari kaki, tangan hingga punggung.

Baca: Hipertrofi otot, cara membesarkan otot

Dipasaran ada berbagai jenis Rower Machine dari berbagai Brand. Nah, kali ini kami akan melakukan review dua buah produk Rower Machine, dimana salah satunya merupakan Brand paling terkenal didunia yaitu Concept2 Rower PM5 Model D dan yang akan dibanding dengan produk dari FreeForm R2000.

1. Dimensi

Dimensi menjadi pertimbangan paling krusial karena dimensi akan menentukan berapa luas ruangan yang dibutuhkan untuk menyimpan Rower Machine tersebut.

FreeForm R2000

Memiliki panjang 240cm, lebar 65cm, dan tinggi 35cm.

Concept2 PM5

Memiliki panjang 244cm, lebar 61cm, dan tinggi 32cm.

2. Seat

Seat merupakan salah satu aspek penting dalam latihan, karena akan mempengaruhi kenyamanan saat berlatih.

FreeForm R2000

Contoured Seat, Commercial Grade Foam Padding.

Concept2 PM5

Contoured Seat, Commercial Grade Rubber Padding.

3. Handle

Selain kursi, handle juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat berlatih. Apalagi alat tersebut akan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Handle yang nyaman akan meminimalisir slip atau licin. Selain itu, dengan diameter 28mm yang dibuat menyerupai diameter Barbell akan membuat tangan menjadi tidak asing saat menggenggamnya saat latihan.

FreeForm R2000

Foam Handle. Diameter 28mm.

Concept2 PM5

Rubber Handle. Diameter 28mm.

4. Chain

Material rantai atau chain yang baik dapat bertahan lebih lama dari karat ataupun mempertahankan bentuk aslinya meskipun telah digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

FreeForm R2000

Nickle Plated Coating.

Concept2 PM5

Nickle Plated Coating.

5. Footrest

Penempatan posisi kaki pada saat latihan akan meningkatkan efektifitas latihan dan efisiensi gerakan. Sehingga kenyamanan pada footrest sangatlah penting

FreeForm R2000

Adjustable Footrest.

Concept2 PM5

Adjustable Footrest.

6. Damper

Damper pada Rower dapat mendukung optimalisasi intensitas latihan. Pilihan level Damper yang beragam juga dapat mencegah kita dari cidera akibat beban yang diberikan terlalu berat.

FreeForm R2000

9 level

Concept2 PM5

10 level

7. Weight Rating

Bobot yang mampu di-handle oleh Concept2 Rower dan FreeForm R2000 ini sama-sama memiliki weight rating sebesar 200kg.

8. Layar

Merupakan display dari indikator-indikator saat berlatih. Mulai dari kalori, jarak, hingga intensitas latihan. Dari sebuah layar, Anda dapat melihat berbagai progress latihan.

Layar kedua produk memiliki teknologi Adjustable Display, namun hanya layar pada Concept2 Rower yang dapat dilipat (Folding)

FreeForm R2000

Pada R2000, indikatornya memiliki variasi program latihan, jarak, kalori, frekuensi stroke, heart rate, watt, dan waktu.

Layar R2000 tergolong layar dengan teknologi standar. Tepat di atas layar, terdapat sebuah phone handler sehingga Anda dapat menonton Youtube menggunakan ponsel saat berlatih.

Concept2 PM5

Kelebihan paling signifikan pada Concept2 terletak pada teknologi layarnya yang dapat menampilkan berbagai indikator, dapat disambungkan pada smartphone Anda, mentransfer data latihan dan konfigurasi latihan bersama pengguna lain, atau bahkan dapat bermain game pada Concept2 PM5 Rower tersebut.

9. Storage

Baik Concept2 Rower maupun FreeForm R2000 sama-sama dapat didirikan ataupun digeser, karena masing-masing memiliki dua buah roda pada bagian depan kakinya. Sehingga kedua alat ini sangat mudah disimpan ataupun dipindahkan.

10. Bobot

Bobot FreeForm R2000 berkisar 30kg, sementara bobot Concept2 PM5 sekitar 26kg.

11. Penggunaan

Seberapa besar perbedaan Concept2 Rower dan FreeForm R2000 ketika digunakan?

Kami telah melakukan test pada kedua Rowing Machine tersebut untuk mendapatkan 8 kalori. Hasilnya, pada R2000 waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan 8 kalori adalah 18 detik. Sementara, Concept2 Rower menghabiskan waktu sekitar 20-21 detik.

Selain itu, pada Concept2 Rower, dorongan terasa sedikit lebih berat saat digunakan. Sebaliknya, FreeForm R2000 dorongan terasa lebih ringan.

Video

Untuk lebih lengkapnya Anda juga bisa melihat video berikut ini:

https://youtu.be/pkN1kIIBYus

***

Rekomendasi

Lantas, bagaimana rekomendasi tim GymFitnessIndo bagi Anda yang menginginkan Rower sebagai latihan kardio dirumah? Manakah yang lebih baik? Saran kami apabila kalian tidak berafiliasi dengan CrossFit dan hanya berlatih dirumah, FreeForm R2000 sudah lebih dari cukup.

Selain itu, tingkat kenyamanan, kegunaan dan kekuatan pun tidaklah berbeda jauh dengan Concept2 Rower.

Perbedaan utama kedua alat ini hanya terletak pada teknologi layar saja. Disamping itu, bila membandingkan harga, Concept2 Rower memiliki harga yang jauh lebih mahal, yaitu rentang hingga 10 juta lebih. Namun, apabila Anda memiliki gym CrossFit serta berafiliasi dengan CrossFit atau memiliki dana lebih silahkan membeli Concept2 PM5 Model D.

Masih punya pertanyaan, Anda bisa langsung DM melalui akun Instagram @Gymfitnessindo, kami dengan senang hati menjawab.

Gym ProjectsMORE

We Open Pre Order

Dikarenakan oleh kondisi COVID-19 saat ini, terdapat lonjakan permintaan yang tidak terduga. Mayoritas stok di gudang kami pun sudah habis, namun terjadi keterlambatan dalam mengupdate stok di website.

Untuk mengetahui stok terbaru dan barang apa saja yang akan datang nanti, silahkan hubungi Sales Team melalui nomor yang tertera di website. Bagi Anda yang ingin pre-order silahkan cek link di bawah ini.

Kami mohon pengertian dari pelanggan kami terkait hal ini. Terima kasih!

PRE ORDER