fbpx

Apa Itu Bumper Plate dan Apa Saja Tipenya?

Dengan naiknya kepopuleran CrossFit di Indonesia maka semakin banyak juga orang yang mencari bumper plate. Namun terkadang mereka masih bingung apa perbedaan dan keunggulan bumper plate dibandingkan plate biasa. Karena biasanya bumper plate memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan rubber plate.

Sebelumnya kita bahas dulu apa itu rubber plate. Rubber plate adalah plate besi yang di lapis karet. Biasanya rubber plate sudah sangat umum di komersial gym, karena kemudahannya dan harganya yang ekonomis, serta lebih aman terhadap lantai dibandingkan steel plate.

Bumper plate adalah plate yang hampir semua komponennya terbuat dari karet. Walaupun terkadang menggunakan besi, namun proporsinya sangat lah sedikit. Sehingga bumper plate menjadi jauh lebih aman untuk lantai dibandingkan rubber plate maupun steel plate.

 

Perbedaan Penggunaan Bumper Plate dan Rubber Plate

Sekarang kita bahas kegunaannya, bumper plate biasanya digunakan untuk Olympic Lifting, atau gerakan yang membutuhkan barbel untuk dibanting secara sering, biasanya sebagian orang menggunakannya untuk latihan Deadlift. Bumper plate memiliki diameter dengan standart Olympic atau standart kompetisi yaitu 45cm. Biasanya rubber plate itu tidak memiliki diameter 45cm. Besarnya diameter rubber plate mengikuti ukuran Kg-nya. Contohnya ukuran 10kg rubber plate biasanya lebih kecil dibandingkan 15kg rubber plate, dst. Untuk bumper plate, ketinggian diameter selalu sama dari berat 10kg sampai 25kg.

Note: Ada juga bumper 5kg yang memiliki diameter 45cm, namun plate tersebut bukanlah merupakan standart Olympic atau kompetisi. Standart Olympic Lifting menggunakan plate 5kg yang diameternya 23cm, jadi untuk bumper plate 5kg ini tidak direkomendasikan untuk dibanting.

 

Deadlift dengan plate kecil akan jauh lebih sulit dan berbahaya dibandingkan dengan diameter besar

 

Namun jika Anda tidak sering melakukan latihan yang mengharuskan membanting barbel Anda, rubber plate merupakan pilihan yang tepat.

 

Perbedaan Jenis-Jenis Bumper Plate

Bumper plate secara umum dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Competition Bumper Plate dan Training Bumper Plate.

Competition Bumper Plate adalah bumper plate yang digunakan untuk kompetisi. Sehingga keunggulannya dibandingkan tipe bumper plate lainnya adalah:

  • Tampilan lebih menarik dan lebih tahan lama
  • Weight tolerance yang sangat minim (+ 10gr; sangat akurat karena digunakan untuk kompetisi)
  • Bounce yang minim. Sehingga barbel Anda tidak memantul terlalu jauh pada saat dibanting
  • Ketebalannya lebih tipis dibandingkan training bumper plate. Sebagai perbandingan ketebalan Competition Bumper Plate 25kg itu sebesar 6.6cm, dibandingkan Training Bumper Plate sebesar 11.5cm

Untuk competition bumper plate, produk dari Gymfitnessindo adalah MAGNUS COMPETITION BUMPER PLATE

 

Perbedaan Training Bumper Plates dengan Competition Bumper Plates adalah sebagai berikut:

  • Tampilan biasanya hitam (atau ada yang berwarna namun jauh lebih baik Competition Bumper Plate secara tampilan)
  • Weight tolerance yang lebih besar dibandingkan competition (2%)
  • Bounce yang jauh lebih besar saat dibanting
  • Jauh lebih tebal, sehingga mungkin dengan menaruh 4 plate 20kg di kiri kanan, barbell anda sudah penuh
  • Harga jauh lebih murah dibandingkan Competition Bumper Plate

 

Untuk training bumper plate, produk dari Gymfitnessindo adalah FORCE USA BUMPER PLATE

 

Gymfitnessindo juga memiliki produk MAGNUS HG STRIPE BUMPER PLATE yang dimana mempunyai harga yang lebih murah dari Competition Bumper Plate, namun memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Competition Bumper Plate. Berikut spesifikasi dari Magnus HG Stripe:

  • Tampilan warna hitam, dengan stripe di samping bumper dan font berwarna
  • Weight tolerance 1-2%
  • Bounce yang minim, hampir sama dengan Competition Bumper Plate
  • Mempunyai ketebalan yang jauh lebih tipis dibandingkan Training Bumper Plate lainnya, hampir sama dengan ketebalan Competition Bumper Plate

 

Jadi itulah perbedaan dan kegunaan bumper plate dibandingkan rubber plate. Sebagai rangkuman atas artikel di atas, saran kami adalah seperti berikut:

  • Jika Anda banyak melakukan latihan Bodybuilding, rubber plate sudah sangat cukup untuk Anda.
  • Jika Anda suka berlatih Strength Training seperti Deadlift, saran kami adalah Anda membeli sepasang bumper plate seberat 20kg atau 25kg agar ketinggian barbell Anda lebih tinggi dan tidak merusak platform Anda. Sisanya Anda dapat menggunakan rubber plates
  • Jika Anda berlatih Olympic Lifting atau CrossFit, mau tidak mau Anda harus membeli bumper plate

 

Namun apapun tujuan Anda, tidak bisa dipungkiri bahwa Competition Bumper Plat jauh lebih seksi dibandingkan rubber plate! Competition Bumper Plate akan jauh lebih mempercantik gym/home gym Anda!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *