Inilah Berat Barbel Untuk Wanita Yang Paling Ideal

Berat Barbel Untuk Wanita

Berapa sih sebenarnya berat barbel untuk wanita yang ideal? Tergantung ketahanan fisik dan pengalaman masing-masing pribadi. Ada 5 tipe material yang digunakan untuk membuat sebuah barbel. Mulai dari vinyl atau sejenis plastik, karet, neoprene, krom, dan besi.

Namun yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah barbell dengan standard Olympic barbel wanita yang terbuat dari material besi.

 

Cara Memilih Barbel yang Tepat

Untuk membantu kamu para wanita dalam menemukan berat yang ideal, berikut kami hadirkan beberapa pembahasan yang akan membantu dalam hal ini, salah satunya memilih barbel.

  1. Punya Ketahanan yang Bagus

    Barbel standard Olympic untuk wanita dibuat dengan material besi dengan berat 15kg dan Panjang 2 meter. Biasanya barbel ini memiliki weight rating hingga 300kg.

    Berbeda dengan barbel wanita yang terbuat dari plastic atau pun karet yang tentunya memiliki ketahanan di bawah barbel standard Olympic.

    Untuk barbel dengan material karet atau plastic biasanya digunakan untuk kelas aerobic atau bodypump dengan maximal beban 5kg setiap sisinya.

  2. Dibuat untuk Latihan Angkat Beban

    Barbel Olympic digunakan untuk latihan angkat beban. Antara lain gerakan latihan seperti squat, bench dan deadlift dapat dilakukan dengan menggunakan barbel ini.

    Barbel wanita ini dibuat dengan spesifikasi yang memang cocok untuk pengguna wanita. Sehingga wanita dapat berlatih angkat beban dengan barbel dengan lebih nyaman dibandingkan berlatih dengan barbel umum atau barbel untuk pria.

  3. Mudah Diangkat atau Digenggam

    Barbel untuk wanita biasanya didesain dengan diameter grip yang lebih kecil yaitu 25mm dibandingkan barbel umum atau barbel pria yang biasa memiliki diameter 28mm. Hal ini dikarenakan wanita yang memiliki tangan lebih kecil sehingga membutuhkan barbel dengan grip yang sesuai agar mudah diangkat dan digenggam.

Baca juga: Sebelum Membeli, Simak Dulu Cara Memilih Barbel Yang Benar

 

Mengenal Tipe-Tipe Barbel

Dalam berbagai kelas olahraga profesional, hanya ada 3 tipe dasar dari barbel. Mulai dari standar, power bar, dan weightlifting. Namun ada pula tipe lain seperti squat bars dan deadlift bars. Hanya saja cukup jarang digunakan.

  1. Standard Barbell

    Untungnya, semua gym menyediakan tipe barbel ini. Standard barbell bisa digunakan pada semua latihan fisik yang bertujuan untuk membentuk otot lengan tubuh.

    Barbel ini tidak memiliki spesifikasi khusus dan biasanya memiliki knurling dan spesifikasi standar Olympic seperti ukuran sleeves 5cm dan panjang 2.2m untuk barbel pria dan 2m untuk barbel wanita.

  2. Weightlifting Barbell

    Tipe barbel yang ini difungsikan untuk olahraga weightlifting atau yang kita kenal juga dengan Olympic lifting . Latihan yang didukung oleh barbel ini adalah latihan Clean and Jerk dan Snatch.

    Barbel dengan standar IWF (International Weightlifting Federation) biasanya dibuat dengan knurling standard yang tidak terlalu tajam dan bearing (baca artikel tentang perbedaan bushing dan bearing disini).

  3. Powerlifting Bar

    Barbel yang ini sangat cocok untuk digunakan pada latihan powerlifting yaitu Squat, Bench dan Deadlift.

    Barbel powerlifting dibuat dengan knurling aggressive yaitu knurling yang lebih tajam dengan tujuan agar lebih stabil dan tidak licin saat digunakan mengangkat beban berat.

    Barbel Powerlifting biasanya dibuat dengan bushing agar menghasilkan barbel yang lebih stabil dengan spin minimum.

    Lihat harga Powerlifting Barbell

Baca juga: Begini Manfaat Latihan Barbell Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Apa Bedanya Barbel untuk Pria dan Wanita?

Dalam dunia angkat beban, antara barbel pria dan wanita memang didesain secara berbeda. Misalnya, barbel untuk wanita pada kelas profesional lebih sering ditemukan seberat 15 kg atau 35 lbs. Sedangkan untuk pria seberat 20 kg atau 45 lbs.

Perbedaan berat barbel tersebut nyaris bersifat paten. Baik menurut pandangan dalam beberapa pelatihan maupun secara komersial. Tentu untuk tingkat lanjut bisa bertambah bobotnya. Namun perbandingannya memang seperti itu.

Wanda Olympic Barbell
Magnus Wanda Olympic Barbell

Barbell multipurpose dari lini produk Magnus yang ditujukan khusus bagi para wanita.

Beli Sekarang

Baca juga: Mengetahui Cara Angkat Barbel yang Baik dan Benar

Barbel wanita dibuat dengan diameter lebih kecil yaitu 25mm sedangkan barbel pria dibuat dengan diameter standard 28mm. Spesifikasi ini dibuat agar wanita lebih mudah menggenggam dan menggunakan barbel.

Perbedaan selanjutnya yang cukup signifikan yaitu Panjang barbel. Barbel wanita didesain dengan Panjang 2 meter sedangkan barbel pria dengan diameter 2.2meter. Jika dilihat secara keseluruhan Panjang barbel keduanya sama, yang membedakan hanya Panjang dari sleeves (selongsong tempat mengisi beban) barbel tersebut.

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE

Gym ProjectsMORE