Mengenal Perbedaan 2 Jenis Motor Pada Treadmill

Motor merupakan jantung dari sebuah treadmill. Perbedaan kualitas dan spesifikasi motor treadmill sangat menentukan kualitas dari sebuah treadmill tersebut.

Oleh sebab itu, kami ingin menjelaskan perbedaan mesin motor pada treadmill, sehingga kalian tidak salah membeli!

Baca: Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Treadmill Terbaik untuk Anda

  1. DC dan AC

    Motor DC dan AC merupakan sebuah pembeda utama pada treadmill. Motor DC atau Direct Current biasanya diperuntukkan untuk penggunaan di rumah atau home gym. Dimana penggunaan treadmill tidak sebanyak penggunaan pada komersial gym. Kelebihan utama dari motor DC adalah suaranya yang lebih senyap dan berdaya lebih rendah dibandingkan motor AC. Lihat treadmill DC yang memiliki kualitas yang baik.

    Sementara, kelebihan motor AC adalah lebih awet, lebih bertenaga dan cocok digunakan untuk penggunaan komersial gym karena intensitas penggunaannya lebih tinggi bila dibandingkan penggunaan di rumah. Tentu saja harga treadmill dengan motor AC akan jauh lebih mahal dan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan motor DC.

    Intinya, untuk penggunaan di komersial gym, wajib menggunakan motor AC. Sedangkan untuk rumahan bisa menggunakan motor DC.

    Walau begitu, penggunaan treadmill dengan motor AC di rumah tentu tidak salah juga, karena dapat meningkatkan kenyamanan dalam menggunakannya. Salah satu produk treadmill yang menggunakan motor AC adalah FreeForm Commercial Treadmill F2000.

  2. HP dan CHP (Horse Power)

    Dalam memilih treadmill sering kali kita dianjurkan untuk memilih treadmill dengan nilai HP atau Horse Power yang tinggi. Padahal HP sendiri hanya merupakan ukuran tenaga yang dikeluarkan pada saat treadmill baru dinyalakan dan hanya bertahan dalam waktu yang singkat. Sementara CHP sendiri — kepanjangan Continous Horse Power — merupakan tenaga yang dikeluarkan dan dipertahanankan selama Treadmill digunakan.

  3. CHP Scale (Continous Horse Power)

    Selain mengenali perbedaan antara HP dan CHP, hal lainnya yang harus diperhatikan ketika memilih treadmill adalah skala CHP itu sendiri.

    Sering kali penjual treadmill mengatakan bahwa produk Treadmill yang mereka jual memiliki Horse Power yang besar, namun harganya murah. Namun setelah di cek lebih lanjut, ternyata Continous Horse Power-nya kecil.

    Padahal seperti yang disebutkan diatas, Horse Power hanyalah tenaga yang dikeluarkan pada dinyalakan dan hanya bertahan dalam waktu singkat.

    Bisa disimpulkan bahwa Horse Power (HP) yang besar bukanlah acuan utama. Melainkan CHP (Continous Horse Power) yang harus menjadi perhatian utama, karena CHP adalah sebuah ukuran tenaga yang bertahan selama masa penggunaan.

    Semakin tinggi CHP maka akan semakin mahal harga sebuah treadmill.

    Berikut rekomendasi nilai CHP berdasarkan kebutuhan:

    • For walkers: minimal 2 CHP tergolong sudah cukup untuk penggunaan berjalan sehari-hari.
    • For joggers: minimal 2.5 CHP merupakan jumlah skala minimal bagi mereka yang suka jogging.
    • For runners: 3.0 CHP adalah jumlah minimal ketika kalian suka berlari sebagai latihan utama.

    Namun bukan berarti Anda tidak boleh memilih CHP yang lebih besar dibandingkan kebutuhan Anda. Semakin besar CHP, maka akan semakin kuat kapasitas motor Anda, dan jika digunakan hanya untuk jogging, maka akan jauh lebih awet dikarenakan motor treadmill Anda tidak perlu bekerja semaksimal mungkin. 

Gym ProjectsMORE

We Open Pre Order

Dikarenakan oleh kondisi COVID-19 saat ini, terdapat lonjakan permintaan yang tidak terduga. Mayoritas stok di gudang kami pun sudah habis, namun terjadi keterlambatan dalam mengupdate stok di website.

Untuk mengetahui stok terbaru dan barang apa saja yang akan datang nanti, silahkan hubungi Sales Team melalui nomor yang tertera di website. Bagi Anda yang ingin pre-order silahkan cek link di bawah ini.

Kami mohon pengertian dari pelanggan kami terkait hal ini. Terima kasih!

PRE ORDER