Tentang Center Knurling dan Kegunaannya

MAGNUS Powerlifting Barbell Hellboy Edition

Ketika ingin membeli barbell, umumnya Anda pasti telah memahami mengenai bearing, bushing, knurling, maupun weight rating. Walau begitu, ada satu hal yang paling mengganjal dan sering kali mengundang rasa penasaran. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Center Knurling itu dan bagaimana fungsinya?

Mungkin banyak dari teman-teman GymFitnessIndo yang ingin tahu lebih dalam mengenai salah satu bagian dari barbell ini.

Jadi, mari kita bahas dalam artikel ini, yuk, sebenarnya apa sih  Center Knurling tersebut.

 

Apa itu Center Knurling?

Center Knurling adalah bagian tajam yang terletak pada bagian tengah Barbell. Umumnya Center Knurling ditemukan pada Barbell seperti Powerlifting Barbell, ataupun Olympic Weightlifting.

Sementara, untuk barbell training atau pun CrossFit umumnya tidak memiliki center knurling pada bagian tengahnya atau memiliki bagian Center Knurling yang lebih halus dibandingkan pada bagian shaft.

Magnus Powerlifting Barbell merupakan salah satu contoh barbell yang memiliki Center Knurling.

MAGNUS Power Barbell Hellboy Edition
Magnus Powerlifting Barbell (Klik pada gambar untuk membeli sekarang!)

 

Apa Fungsinya?

Bagian kasar pada Center Knurling dapat mengurangi resiko slip pada barbell ketika melakukan angkatan. Terutama pada beban berat.

Gerakan seperti Squat maupun Clean merupakan dua buah gerakan yang paling sering mengalami barbell tergelincir saat angkatan beban terberat.

Dengan adanya Center Knurling ini, Barbell yang diletakkan pada punggung ataupun bagian leher akan lebih menempel pada saat Anda melakukan angkatan maksimal.

 

Siapakah yang cocok menggunakan Barbell dengan Center Knurling?

Bila Anda seorang yang serius berlatih Powerlifting dan menggunakan metode low bar squat saat melakukan Squat, dan melakukan gerakan seperti Clean and Jerk dengan beban yang berat, maka barbell dengan Center Knurling adalah pilihan yang paling tepat. Dengan begitu, dapat mengurangi potensi barbell tergelincir pada saat posisi Front Rack.

Lantas, bagi Anda yang latihan umum maupun CrossFit, pemilihan barbell dengan Center Knurling merupakan opsional. Terutama bagi Anda pegiat olahraga CrossFit yang biasa melakukan gerakah seperti Thruster, Power Clean, dan Push Press dengan repetisi yang tinggi, maka kami menyarankan Anda memilih barbell tanpa Knurling.

Alasannya, karena barbell dengan Center Knurling, akan membuat bagian leher Anda terluka dikarenakan jumlah repetisi yang diulang tidaklah sedikit sehingga akan menggores leher Anda.

Wanda’s Barbell merupakan barbell olympic tanpa Center Knurling.

Wanda Olympic Barbell Knurling (Klik pada gambar untuk membeli produk)
Wanda’s Olympic Barbell

***

Jadi begitu ya guys, bila Anda masih punya pertanyaan mengenai Barbell, bisa langsung bertanya ke DM instagram @gymfitnessindo atau @magnusid!

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE