Kenali Manfaat Home Gym Berikut dan Mengapa Anda Harus Memilikinya Segera

Siapapun pasti setuju kalau kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam hidup. Tanpa kesehatan yang baik, dipastikan kamu tidak akan dapat beraktifitas dengan baik pula. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan salah satunya adalah dengan rutin berolahraga.

Namun, dengan tingkat kesibukan orang-orang pada masa kini tak jarang mengakibatkan seringnya kita abai untuk menyisihkan waktu berolahraga. Fenomena banyaknya pusat-pusat kebugaran terutama di kota-kota besar sesungguhnya tak cukup membantu. Bahkan kita harus menyisihkan waktu yang lebih banyak lagi.

Misalnya, perjalanan menuju Gym, mencari tempat parkir, waktu berolahraga, mengantri alat, bersih-bersih, dan lain sebagainya. Hasil latihan Anda pun menjadi tidak maksimal karena “gangguan-gangguan” ini.

 

7 Manfaat Home Gym

Bila kamu merasakan hal seperti itu, sudah saatnya kamu harus memiliki sebuah Home Gym.

Namun, sebelum itu, kenali dulu manfaat home gym berikut ini, mengapa kamu harus memilikinya segera.

01. Menghemat Waktu

Waktu adalah uang. Tentu istilah tersebut sudah sangat familiar, bukan?

Tidak jarang karena waktu yang terbatas membuat latihan menjadi tidak maksimal karena terburu-buru. Apalagi kalau pekerjaan di kantor sedang menuntut kehadiran Anda, bisa-bisa waktu untuk berolahraga terabaikan dulu untuk sementara waktu.

Pun bila ada waktu sepulang bekerja, setidaknya kamu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menuju lokasi gym atau pusat kebugaran, parkir, berolahraga, beres-beres, hingga kembali lagi ke rumah. Pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Dengan begitu, kamu kemungkinan akan tidur kemalaman dibuatnya. Bukannya malah fit, justru menjadi kurang fresh keesokan harinya.

Jadi, inilah manfaat Home Gym No #1 — menghemat waktu. Kamu tidak perlu khawatir dengan banyaknya waktu terbuang.

02. Menghemat Banyak Biaya

Membangun sebuah Home Gym memang terkesan mahal. Terlebih kamu harus berinvestasi pada alat-alat yang nilainya tidak sedikit. Mulai dari Barbell, beban, Squat Rack, dan lain sebagainya.

Namun, bila dihitung secara cermat, tanpa disadari bahwa memiliki sebuah Home Gym sendiri justru membuat kamu lebih berhemat dari segi biaya.

Mungkin kamu berpikir bahwa biaya membership bulanan disebuah pusat kebugaran terkenal lebih murah. Ya, itu benar. Namun, apakah Kamu menyadari berapa banyak biaya lain-lain yang akan Kamu keluarkan sebelum dan sesudah berolahraga?

Sebut saja, biaya perjalanan, parkir, bensin, dan lain sebagainya yang sudah disebutkan sebelumnya di atas. Belum lagi kalau Kamu sering hangout bersama teman-teman gym usai berolahraga.

Selain menghemat banyak biaya, peralatan Home Gym dengan kualitas yang bagus dapat kamu nikmati untuk jangka waktu yang sangat panjang. Benar-benar sebuah investasi, bukan?

03. Lebih Rajin Latihan

Dalam berolahraga, rasa malas seringkali muncul dan menjadi faktor kegagalan utam. Rasa malas ini kemudian akan semakin bertambah saat kamu membayangkan kemacetan di jalan, mencari tempat parkir saat weekend, atau tempat gym Anda sangat ramai sehingga membuatmu harus mengantri menggunakan alat.

Memiliki sebuah Home Gym tentunya membuatmu jadi tidak memiliki alasan lagi untuk bermalas-malasan. Tinggal memakai Alat dan berlatih kapanpun kamu mau, tanpa gangguan-gangguan tersebut. Rasa malas pun dapat dihindari, fitness goal pun menjadi lebih mungkin tercapai.

04. Tidak Perlu Mengantre Alat

Berlatih ke gym pastinya salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu karena hal tersebut bisa menjadi salah satu cara melepas stress disela-sela kesibukan. Tapi sangat disayangkan apabila semangat yang membara tersebut pupus dikarenakan harus menunggu mengguanakn sebuah alat cukup lama, apalagi jika Anda sudah melakukan pemanasan dan siap berlatih.

Bila diperhatikan, alat-alat gym seperti Power Rack dan Bench Press biasanya hanya ada satu unit saja. Jadi, kamu bisa bayangkan berapa lama kamu harus mengantri sebuat alat, apalagi dengan anggota fitness yang banyak. Belum lagi bila kebanyakan member lebih sering mengobrol dengan teman-temannya. Lantas berapa lama lagi kamu menunggu untuk menggunakan alat tersebut.

Di mega gym yang kami perhatikan, alat-alat strength seperti Power Rack dan Bench Press biasanya hanya ada satu unit saja, sehingga dapat Anda bayangkan jika Anda ingin berlatih strength Anda harus mengantre dengan berapa banyak member. Belum lagi jika member yang berlatih sangat hobi mengobrol dengan teman gym lainnya yang mengakibatkan Anda akan menunggu lebih lama lagi untuk menggunakan alat.

05. Miliki Suasana Berlatih Sesuai Keinginan

Bagi kebanyakan orang, mood sangatlah penting untuk membuat lebih bersemangat dan fokus pada saat berlatih. Suasana ini termasuk salah satunya adalah musik yang diputar di gym. Dengan memiliki home gym, Anda akan sangat bebas untuk menyetel lagu favorit Anda, atau bahkan untuk beberapa orang lebih memilih tidak mendengar musik sama sekali agar lebih fokus pada saat latihan.

Tidak hanya musik, namun gangguan lain seperti member lain yang suka mengajak mengobrol atau mungkin personal trainer yang menawarkan jasa atau sekedar “mengkoreksi teknik Anda” seringkali kita dapatkan jika berlatih di gym umum.

Bagi beberapa orang distraksi seperti ini bisa sangat mengganggu fokus latihan. Namun, hal tersebut tidak mungkin terjadi apabila Anda memiliki Home Gym sendiri.

06. Privasi Lebih Terjaga

Bersosialisasi memang sudah menjadi kodrat kita, terlebih bagi orang timur. Tak jarang kita jumpai banyak orang-orang di gym dapat mengganggu kenyamananmu dalam latihan.

Misalnya dengan mengajak bicara, bertanya hal-hal di luar olahraga, atau bahkan mencari informasi mengenai diri Anda, bukan? Terutama bagi para wanita yang seringkali tidak bebas untuk menggunakan pakaian olahraga yang mereka inginkan karena merasa risih dengan banyaknya mata yang melihat di pusat kebugaran umum.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai privasi seperti pakaian apa yang ingin digunakan saat latihan di rumah. Pakai baju tidur, mungkin? Sangat nyaman, bukan?

07. Lebih Higienis

Satu hal yang paling mengganggu ketika berlatih di pusat kebugaran atau commercial gym addalah masalah higienis.

Seperti yang kita ketahui peralatan-peralatan gym tersebut digunakan oleh setiap orang yang berlatih. Mungkin kamu juga sering menjumpai alat-alat yang basah bekas keringat yang menempel seperti di Bench atau misalnya botol minuman yang sudah habis dan tidak dibuang pada tempatnya. Belum lagi jika ada yang menggunakan barbell untuk latihan deadlift hingga membuat tangan penggunanya berdarah dan menempel pada barbell tersebut.

Memiliki sebuah home gym sendiri berarti hanya Kamu dan keluarga saja yang akan menggunakannya. Tidak perlu lagi khawatir tertular virus saat berlatih atau menghabiskan waktu untuk membersihkan bench dari bekas keringat orang lain.

***

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa manfaat home gym, jadi tunggu apalagi? Miliki sekarang juga!

Follow Instagram

Follow kami di Instagram @gymfitnessindo karena ada lebih banyak update, promosi, dan tips-tips seputar gym, kesehatan, serta olahraga.

Artikel TerbaruMORE