17 Makanan Berprotein Pembentuk Otot

Makanan pembentuk otot

Jika ingin memiliki tubuh berotot, tentu saja gizi olahraga harus terpenuhi, sehingga tak heran banyak sekali orang yang berolahraga di gym sangat memperhatikan hal ini. Namun, selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi jika ingin segera mendapatkan tubuh berotot.

Lantas, apa saja makanan yang bisa membentuk otot? Ada banyak jenis makanan yang bisa membantu pembentukan otot pada tubuh. Semua jenis makanan tersebut juga mudah didapatkan.

Makanan Berprotein Pembentuk Otot

Perlu Anda ingat, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi makanan tersebut, karena dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan Anda. Berikut terdapat beberapa makanan yang berprotein tinggi untuk membentuk otot:

  1. Dada Ayam

    Sudah bukan rahasia lagi apabila dada ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan memberikan manfaat sebagai makanan pembentuk otot, baik untuk pria maupun wanita.

    Ketika hendak dikonsumsi, Anda bisa mengukusnya atau memanggangnya saja, karena itu lebih baik daripada menggorengnya.

  2. Daging Ayam Berwarna Gelap

    Selain bagian dada, daging ayam yang memiliki warna gelap juga mengandung protein yang tinggi. Banyak yang menggunakan daging gelap ini sebagai makanan pembentuk otot, karena memang terbukti ampuh. Kandungan yang ada di dalam daging tersebut mampu menaikkan zat besi hingga 25% dan bisa juga meningkatkan zinc hingga 3 kali lipat.

  3. Daging Sapi

    Daging sapi merupakan makanan selanjutnya yang bisa digunakan untuk mempercepat pembentukan otot. Hal tersebut dikarenakan dalam daging sapi terdapat kandungan omega 3, kemudian vitamin A dan E, hingga kandungan lemak jenuh yang cukup.

    Hi Protein Beef

    Baca juga: Cara Meningkatkan Massa Otot Jitu untuk Pemula

  4. Daging Kerbau

    Daging hewan bertanduk panjang ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi dengan kadar lemak yang lebih rendah. Daging kerbau tentu saja sangat cocok dijadikan sebagai makanan pembentuk otot. Selain protein, di dalam daging kerbau juga terdapat kandungan vitamin B, fosfor, zat besi, dan zinc.

  5. Daging Kelinci

    Siapa sangka daging binatang imut dan menggemaskan ini dapat digunakan untuk membentuk otot? Kandungan protein di dalam 100 gram daging kelinci tak berbeda jauh dibandingkan dengan kandungan protein pada 100 gram daging sapi.

  6. Daging Kalkun

    Di urutan ke enam ada daging kalkun. Daging binatang berkaki dua ini memiliki kandungan protein tinggi dan juga 11 macam vitamin serta mineral yang baik untuk pembentukan otot. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi daging kalkun secara rutin, bisa mencegah tumbuhnya kanker, lho.

  7. Makanan Pembentuk Otot: Ikan Tuna

    Tak hanya binatang darat saja yang memiliki kandungan protein tinggi, hewan yang hidup di laut pun juga memiliki kandungan protein yang baik.

    Salah satunya ikan tuna yang memiliki kandungan lemak rendah, kemudian vitamin D, zat besi, serta omega tiga yang tergolong tinggi juga.

    Kekurangannya pada ikan tuna adalah harganya yang terbilang mahal,. Namun, Anda bisa menggantikannya dengan Ikan Kembung yang dagingnya kaya akan protein.

  8. Ikan Salmon

    Tak hanya ikan tuna, ikan salmon juga bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi untuk meningkatkan dan menjaga masa otot dalam tubuh Anda. Di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega 3 dan juga protein proton yang terbukti ampuh dalam membentuk otot.

  9. Minyak Ikan

    Minyak ikan sangat penting untuk menunjang aktivitas berat Anda dalam mencapai pembentukan otot. Karena vitamin A yang terkandung di dalamnya selain baik untuk mata, juga bermanfaat untuk memperkuat tulang.

    Selain itu, minyak ikan juga mampu menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon yang yang mendorong pertumbuhan otot.

    Fish oil

  10. Susu Murni

    Berikutnya ada susu murni atau susu plain rendah lemak yang sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin memiliki otot bagus. Mengonsumsi susu murni akan membuat Anda dapat mencukupi kebutuhan tubuh, mulai dari vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

  11. Makanan Pembentuk Otot: Putih Telur

    Kalau makanan satu ini, pasti semua orang juga sudah tahu. Pasalnya, putih telur sudah populer dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Ini adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang sangat mudah dicari, sehingga banyak dikonsumsi oleh fitness freak.

  12. Makanan Pembentuk Otot: Sayuran

    Ada banyak jenis sayuran yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk membentuk otot dan meningkatkan masanya. Contohnya seperti brokoli dan bayam. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut, Anda bisa meningkatkan pertumbuhan sel otot sebesar 20%.

  13. Plain Yogurt dan Keju

    Jika Anda tidak suka mengonsumsi susu, maka plain yogurt dan keju bisa menjadi makanan penggantinya. Di dalam makanan ini terdapat kandungan gizi dan nutrisi yang dapat membantu pembentukan otot.

    Anda bisa menambahkan 30 gram keju sebagai topping di makanan Anda dalam sehari untuk memenuhi 7 gram protein yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

  14. Makanan Pembentuk Otot: Buah Nanas

    Buah-buahan adalah makanan terenak yang bisa meningkatkan masa otot dalam tubuh Anda. Namun tidak semua buah bisa melakukannya dengan cepat, ya. Nah, salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk pembentukan otot adalah buah nanas.

    Kenapa buah nanas? Karena kandungan enzim Bromelain pada nanas membantu meningkatkan penyerapan protein.

    Nanas

  15. Makanan Pembentuk Otot: Kacang-kacangan

    Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi dan bisa meningkatkan masa otot dalam tubuh Anda dengan cepat. Beberapa di antaranya adalah almon, kacang Arab, dan lain sebagainya. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin dan imbangi dengan olahraga juga untuk mendapatkan otot impian Anda.

  16. Makanan Pembentuk Otot: Quinoa

    Quinoa merupakan makanan yang menjadi sumber protein sekaligus karbohidrat dan tentunya baik untuk otot. Protein di dalam makanan ini akan membantu Anda dalam pembentukan otot. Sedangkan karbohidratnya akan menyediakan energi pada tubuh Anda, sehingga otot dapat beraktivitas dengan baik.

  17. Bubuk Protein

    Jika Anda malas untuk mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, maka Anda bisa mengonsumsi bubuk protein. Ini adalah solusi instan untuk Anda yang menginginkan otot tubuh dengan cepat tanpa harus repot mengonsumsi makanan lain.

    Apalagi jika Anda berprofesi sebagai binaragawan yang memang membutuhkan protein harian jauh lebih tinggi daripada orang pada umumnya, maka bubuk protein ini sangat cocok untuk dikonsumsi dan tentunya lebih praktis.

Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan di atas, apabila ingin memiliki tubuh berotot. Akan tetapi yang perlu Anda ingat, konsumsi secukupnya atau sewajarnya dan imbangi pula dengan olahraga rutin. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh Anda.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang