Pola Makan Fitness untuk Nutrisi Otot

Boiled egg

Sering fitness tapi otot belum terbentuk dengan baik? Bisa jadi ada masalah dengan pola makan fitness yang selama ini Anda anut.

Pola makan fitness sebaiknya juga Anda terapkan sebagai pola makan harian Anda. Jadi, bukan hanya ketika Anda punya program saat latihan saja, tapi juga berkesinambungan.

Ketika Anda menjalani pola makan untuk fitness, Anda juga perlu merencanakan pre workout meal atau makanan pra-olahraga.

Apa itu makanan pra-olahraga? Ini merupakan makanan yang Anda konsumsi beberapa menit atau jam sebelum mulai latihan. Ada pun jenis makanannya telah diatur sedemikian rupa dengan mempertimbangkan asupan protein dan nutrisi lainnya.

6 Rekomendasi Pola Makan Fitness untuk Nutrisi Otot

Membangun otot harus melalui berbagai tahapan yang panjang, sulit dan penuh keringat. Agar latihan demi latihan yang Anda lakukan membuahkan hasil positif, terapkanlah berbagai pola makan di bawah ini:

  1. Hitunglah Kebutuhan Kalori Harian

    Pertama-tama, Anda wajib memahami jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Temukan rumus dan kalkulator daring untuk menemukan angka kalori yang benar.

    Misalnya, tubuh Anda membutuhkan kalori sebanyak 1.800 setiap harinya maka turunkan jumlah tersebut menjadi 1.500 kalori.

    Penurunan kalori harian harus perlahan-lahan sehingga tubuh Anda tidak terkejut dan masih tetap memperoleh nutrisi terutama saat berolahraga. Bagaimana pun juga, latihan angkat beban membutuhkan tenaga ekstra jadi mengurangi kalori secara berlebih justru akan berpengaruh terhadap intensitas workout Anda.

  2. Pola Makan Fitness: Pilih Bahan Makanan Terbaik

    Agar nutrisi dari makanan terserap sempurna oleh tubuh, upayakan untuk memilih bahan makanan terbaik sebelum mengolahnya menjadi berbagai hidangan.

    Anda bisa mengombinasikan makanan Anda yang terdiri dari daging dan sayur sebagai sumber serat.

    Anda bisa bekerja sama dengan petani organik guna mendapatkan sayuran organik berkualitas terbaik. Jangan lupa untuk turut memilih secara teliti sumber protein untuk menambah nutrisi otot.

    Baca juga: 7 Program Full Body  Workout yang Menyenangkan

  3. Lebih Banyak Konsumsi Protein

    Mengonsumsi sumber protein sangat bagus untuk membentuk massa otot. Selain mengolah daging ayam, Anda bisa membeli ikan salmon, telur, daging ayam atau ikan kembung sebagai sumber protein.

    Kebutuhan protein yang mencukupi adalah 1 gram/kg berat badan Anda. Jika berat badan Anda saat ini adalah 50 kg, maka berat protein yang dapat Anda konsumsi adalah 50 gram.

    Hindari konsumsi protein secara berlebihan karena Anda masih membutuhkan zat gizi lain sebagai nutrisi penunjang.

    Grilled Chicken

  4. Lakukan Diet yang Direkomendasikan

    Bolehkah Anda melakukan program diet selama pembentukan otot? Jawabannya boleh dan program diet yang paling kami di rekomendasikan adalah diet paleo, diet tinggi protein dan diet keto.

    Diet keto merupakan diet tinggi lemak namun rendah karbohidrat. Selama menjalani program diet ini, Anda diizinkan untuk mengkonsumsi protein hewani dan minyak sehat.

    Sementara itu, diet paleo adalah diet yang mengizinkan Anda untuk mengkonsumsi makanan era paleolitikum seperti sayur, kacang, buah, daging dan sebagainya.

    Pantangan utama dari diet ini adalah mengkonsumsi berbagai makanan modern. Rekomendasi diet terakhir adalah diet tinggi protein yang menuntun Anda untuk mengkonsumsi protein sesuai porsinya sepanjang hari.

  5. Pola Makan Fitness: Minum Air Putih

    Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi atau suplemen, imbangi pola makan dengan minum air putih secukupnya. Minum air putih membantu Anda menjaga cairan dalam tubuh sehingga tidak dehidrasi selama berolahraga.

    Daripada mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman soda atau minuman kemasan lainnya, lebih baik pilihlah air putih. Karena air putih tidak mengandung gula, zat pewarna dan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.

    Anda bisa mengkonsumsi air putih dengan tambahan irisan buah lemon atau jeruk jika suka.

  6. Pola Makan Fitness: Makan Pasca Berolahraga

    Banyak orang yang salah kaprah dan menganggap makan pasca berolahraga merupakan suatu pantangan. Nyatanya, tubuh Anda membutuhkan makan untuk mengembalikan nutrisi dan kalori yang hilang selama berolahraga.

    Agar makanan yang Anda konsumsi tidak mempengaruhi aktivitas pembentukan otot, maka terapkan pola makan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Konsumsi makanan yang sehat dan berdampak baik bagi kesehatan Anda.

    Cek juga: FORCE USA DIALTECH ADJUSTABLE DUMBBELL

Hindari Makanan Ini untuk Pembentukan Otot yang Sempurna

Ingin menerapkan pre workout meal selama fitness? Agar tidak salah kaprah, pastikan Anda tidak memilih dan mengkonsumsi sejumlah makanan di bawah ini:

  1. Protein Bar

    Kemasan terkadang bisa menipu, sebagiamana protein bar yang banyak menipu orang untuk memulai program diet yang keliru.

    Meskipun tampak sehat, protein bar tetap mengandung glukosa tinggi dan kaya akan kalori. Alangkah baiknya jika Anda menghindari protein bar dengan kandungan 200 kalori yang justru dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  2. Fast Food

    Anda hobi mengonsumsi pizza, burger atau ayam goreng cepat saji? Bila ingin membentuk otot cobalah untuk menekan hasrat mengonsumsi semua makanan tersebut.

    Fast food bukanlah jenis makanan terbaik untuk memulai program latihan beban. Fast food kaya akan lemak dan minyak yang tidak baik untuk kesehatan.
    French Fries

    Cek juga: PAKET HOME GYM PT POWER RACK

  3. Makanan Manis

    Jenis makanan lain yang sebaiknya Anda hindari sebelum berolahraga adalah makanan manis. Makanan manis ini sudah termasuk permen, kue, cookies, biskuit, dan sebagainya. Semua makanan yang rasanya manis kaya akan glukosa yang tidak baik untuk kesehatan.

    Anda yang memiliki riwayat keturunan diabetes juga wajib menghindari konsumsi makanan manis berlebih. Karena risiko terkena penyakit diabetes jauh lebih tinggi daripada orang tanpa riwayat keturunan.

    Sebagai awal untuk mengurangi konsumsi makanan manis, coba ganti dengan buah alpukat atau buah lainnya yang memiliki kadar gula lebih sedikit.

Memiliki tubuh yang sehat dan berotot memang menyenangkan, namun semua effort yang Anda keluarkan setara dengan hasil yang akan didapatkan.

Selain melakukan berbagai latihan angkat beban, cobalah untuk menjaga pola makan fitness. Pola makan ini akan membantu program latihan Anda menciptakan otot lebih cepat tanpa membuat tubuh mudah letih dan lemas.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang