9 Alat Gym untuk Mengecilkan Perut

Abs Alat Mengecilkan Perut

Bagi sebagian orang, mencari alat gym yang tepat untuk mengecilkan perut memang susah-susah gampang. Makanya mengatasi perut buncit adalah masalah yang merepotkan.

Bukan hanya tentang terganggunya penampilan akibat perut buncit, namun juga berkaitan dengan masalah kesehatan.

Karena itu banyak yang berusaha mengusir perut buncit ini dengan berbagai cara, mulai dari mengatur menu makanan yang sehat, mengubah kebiasaan malas-malasan, hingga mulai berolahraga yang teratur.

Namun tahukah Anda bahwa tak semua olahraga mempan menghilangkan perut buncit? Yap, memang terdapat beberapa alat gym untuk mengecilkan perut khusus yang memiliki spesialiasi untuk mengembalikan kekencangan otot perut.

Alat Gym untuk Mengecilkan Perut

Masing-masing gerakan olahraga memiliki fungsi tersendiri. Karena itu untuk menangani masalah perut buncit, Anda tak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Namun kendati masih awam terkait gerakan-gerakan dalam olahraga, Anda dapat mengatasinya dengan bantuan alat gym khusus untuk perut melatih otot bagian perut.

  1. Alat gym untuk mengecilkan perut: Treadmill

    Alat fitness ini sepertinya yang paling lumrah dan biasa ditemui. Bentuknya berupa alat pijakan yang berjalan secara otomatis.

    Bisa diatur apakah ingin kecepatannya setara dengan jalan satai, jalan cepat, lari kecil hingga kecepatan tertinggi.

    Tujuan dari penggunaan alat Treadmill ini adalah untuk merangsang pembakaran kalori tubuh, khususnya otot perut ke bawah.

    Gerakan yang dilakukan akan mengadopsi jogging pada umumnya, yang sangat baik bagi penurunan bobot tubuh, latihan pernapasan, pengaturan ritme jantung, dan meningkatkan ketahanan tubuh dalam melakukan gerakan fisik.

    Baca juga: Memilih Treadmill Terbaik Untuk Anda

    Bagi Anda yang ingin mencba menggunakan treadmill, disarankan bergerak dengan durasi minimal 30 menit, untuk pembakaran dan reaksi otot tubuh yang maksimal.

    Alat mengecilkan otot perut

  2. Alat gym untuk mengecilkan perut: Stationary bike

    Seperti sebutannya, stationary bike ini merupakan sepeda yang bisa dikayuh di dalam ruangan. Anda bisa mengayuh selama dan sejauh apapun, tanpa harus beranjak dari satu titik yang sama.

    Fungsi alat olahraga untuk mengecilkan perut ini pun sama seperti memancal sepeda, yaitu melatih otot bagian kaki, betis, dan paha.

    Bukan hanya itu, bersepeda juga diketahui mampu memberikan efek pada pelatihan otot perut karena adanya gerakan naik turun pada bagian kaki.

    Penggunaan stationary bike disarankan dilakukan secara bertahap, terutama bagi Anda yang sebelumnya tak pernah rutin bersepeda. Namun sama seperti alat treadmill sebelumnya, pelatihan stationary bike juga direkomendasikan minimal 30 menit.

  3. Elliptical

    Elliptical merupakan alat untuk mengecilkan perut yang mirip seperti Treadmill. Yang membedakannya adalah di mekanisme kerjanya.

    Jika Treadmill memberikan bantuan dengan menggerakkan pijakannya, dan Anda tinggal berjalan mengikuti ritme. Maka Elliptical mengharuskan Anda untuk bergerak sendiri, tanpa bantuan gerakan mesin sama sekali.

    Gerakan ekstra yang dihasilkan oleh tubuh bagian bawah sangat efektif untuk membantu mengencangkan otot di bagian perut. Aktifitas ini juga membantu membakar lebih banyak lemak yang ada di tubuh.

    Sebagai informasi tambahan, alat Elliptical ini dikatakan juga lebih aman daripada Treadmill, sebab sudah dilengkapi dengan bouncer di bagian pergelangan dan lutut.

    Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Alat Olahraga di Rumah

  4. Climber/Stepper

    Bisa dilihat dari namanya, climber/stepper merupakan alat gym untuk mengecilkan perut yang mengadopasi cara kerja tubuh ketika menaiki anak tangga ataupun mendaki gunung.

    Ketika menggunakan alat ini, tubuh akan dilatih untuk memaksimalkan penempatan tumpuan di area kaki dan juga perut. Karenanya sangat cocok digunakan bagi Anda yang berniat meluruhkan postur tubuh yang buncit.

    Climber/stepper
    juga bagus dalam melatih otot tubuh bagian bawah, agar memiliki tingkat ketahanan beban yang makin baik. Namun harus diperhatikan kembali, alat gym ini tidak direkomendasikan bagi siapapun yang memiliki masalah kelainan tulang ya. Sebab dikhawatirkan tak mampu untuk melakukan topangan yang ekstra.

  5. Cross trainer

    Alat gym jenis ini bisa digunakan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu minggu. Jika dilihat dari cara kerjanya, cross trainer memiliki banyak fungsi.

    Pertama, cocok untuk melatih otot perut. Kedua, membantu mengencangkan area lengan dan juga paha. Ketiga, membantu membentuk postur tubuh yang tegap.

    Bagi yang baru pertama kali mencoba cross trainer, disarankan tidak memaksakan durasinya. Sebab alat olahraga untuk mengecilkan perut ini akan memberikan efek pada otot bagian atas dan bawah, sehingga sebaiknya dilakukan dengan bertahap dan santai.

  6. Spin black power

    Spin black power merupakan alat gym khusus lainnya yang bisa membantu menghempaskan perut buncit. Cara kerjanya sama dengan melakukan gerakan sit up. Karena itu sangat baik bagi bentuk perut dan paha.

    Alat ini termasuk yang memberikan efek relatif cepat bagi perubahan tubuh di area perut. Gerakan naik turun yang dilakukan diketahui mampu menciptakan kontraksi otot yang maksimal. Hal ini sukses memberikan manfaat pengencangan otot, sekaligus pembakaran lemak.

  7. Six pack cycle

    Six pack cycle sebenarnya memiliki cara kerja yang mirip dengan spin black power, yaitu pengkhususan tekanan di area perut dan paha. Karena itulah alat ini diklaim sebagai pembentuk otot perut yang six packs, sebab dalam gerakannya difokuskan untuk bagian perut, baru kemudian bagian paha dan pinggul.

    Perbedaan six pack cycle dengan spin black power adalah alatnya yang bisa dibongkar pasang dan ditenteng kemana-mana. Sehingga memudahkan Anda yang ingin berolahraga perut kapan saja dan dimana saja.

  8. Revoflex xtreme

    Terdapat dua fokus dalam gerakan yang dibantu oleh alat Revoflex Xtreme ini, yaitu otot bagian perut dan lengan. Gerakannya sama seperti melakukan push up, namun Anda akan dimudahkan dengan adanya bantuan roda di bagian depan alat.

    Namun hal ini justru melatih Anda untuk mampu mendorong dan mengangkat beban dengan maksimal. Gerakan naik dan turun bertekanan konstan inilah yang kemudian akan membantu mengencangkan otot di bagian perut.

  9. Alat olahraga untuk mengecilkan perut: Squat

    Alat olahraga untuk mengecilkan perut yang satu ini melatih Anda untuk melakukan gerakan squat dengan bantuan beban barbell di pundak. Karena itu penggunaan alat Squat dianjurkan dalam pengawasan pelatih, dalam rangka menyesuaikan beban yang pas dengan tubuh Anda.

    Gerakan squat ini bisa dikatakan membagi beban di seluruh bagian tubuh. Mulai dari bagian lengan, pundak, beralih ke punggung, perut, dan tubuh bagian bawah.

    Tujuan utama dari gerakannya adalah untuk melatih otot dan memberikan bentuk pada tubuh.
    Squats

Catatan Penggunaan Alat Gym untuk Mengecilkan Perut

Penggunaan alat untuk mengecilkan perut sebagian ada yang bisa dilakukan secara mandiri, namun ada pula yang membutuhkan bantuan pengawasan pelatih khusus.

Bagi Anda yang masih awam terhadap penggunaan alat untuk mengecilkan perut di atas, berikut adalah beberapa catatan penting yang harus diperhatikan:

  1. Lakukan pemanasan

    Melakukan pemanasan sangat penting untuk memberikan pemberitahuan pada otot dan tubuh, bahwa kedepannya mereka akan bekerja ekstra. Terlebih lagi bagi Anda yang jarang berolahraga, pemanasan adalah sebuah keharusan, agar tubuh tidak kaget dan merespon dengan kram.

    Hal ini juga berlaku ketika Anda menggunakan alat olahraga, yang notabene bisa menambah beban kerja tubuh. Lakukanlah pemanasan yang menyeluruh sebelum memulai kegiatan.

  2. Repetisi singkat

    Repetisi merupakan pengulangan gerakan saat berolahraga. Bagi Anda yang baru memulai, dianjurkan melakukan reteisi singkat saja, dalam rangka menjaga kondisi tubuh.

    Naikkan repetisi seiring dengan penambahan volume olahraga di masa mendatang.

    Angkat-beban-bw

  3. Cari tahu cara penggunaan alat

    Sebagian alat gym merupakan alat berat, yang tak bisa dioperasikan dengan sembarangan. Bagi Anda yang berkesempatan menggunakan pelatih personal, maka hal ini tak akan susah untuk dipelajari.

    Namun jika Anda masih berlatih secara mandiri, maka disarankan untuk mengetahui cara penggunaan alat terlebihdulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian alat dengan kebutuhan tubuh.

  4. Lakukan dengan teratur

    Bagian ini sepertinya yang paling susah untuk dilakukan, yaitu berlatih dengan alat secara teratur. Bisa saja Anda merasa kewalahan dan memutuskan berolahraga tanpa alat keesokan harinya. Padahal, alat gym ini merupakan media yang membantu meningkatkan efektifitas olahraga lho.

    Penggunaan alat harus dilakukan dengan teratur, agar otot dan tubuh Anda terbiasa dengan tumpuan dan beban yang diberikan, sehingga bisa menciptakan bentuk tubuh yang baru dan ideal.

Itulah beberapa catatan mengenai alat-alat gym untuk mengecilkan perut dan penggunaannya. Jangan lupa, tidak ada olahraga yang instan, semuanya harus dilakukan dengan sabar dan butuh proses!

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang