Pelatih Fitness dan Apa Saja Tugasnya?

Pelatih gym

Selain menemukan tempat gym dengan perlengkapan yang bagus, Anda juga harus mendapatkan pelatih fitness yang juga oke. Pelatih fitness atau pelatih gym yang dapat memahami kebutuhanmu untuk mendapatkan goal fitness Anda.

Secara umum pelatih memiliki dua tanggungjawab utama, yaitu membantu Anda untuk mencapai tujuan olahraga, dan memberikan pengetahuan terkait penggunaan alat fitness yang tepat guna menghindari terjadinya cedera.

Apa itu pelatih fitness?

Pelatih merupakan seseorang yang bertugas untuk membantu tercapainya tujuan olahraga yang Anda miliki. Ia akan memetakan kondisi fisik Anda, menyesuaikannya dengan target yang Anda harapkan, kemudian menyusun aktivitas olahraga yang sesuai.

Pelatih juga membantu Anda menentukan jadwal olahraga, hingga pola makan dan diet yang diperlukan. Tak heran jika kemudian ketersediaan pelatih menjadi salah satu alasan utama yang mengundang penggiat olahraga untuk datang ke tempat fitness.

Penggunaan pelatih tak hanya ditujukan bagi para pemula, melainkan profesional di bidang olahraga juga. Sebab keterlibatannya akan memudahkan untuk mengukur, menjaga, dan mengevaluasi kondisi tubuh dan aktifitas yang diperlukan.

Pelatih fitness

Pentingnya pelatih gym

Sebenarnya seberapa penting penggunaan pelatih dalam aktifitas fitness? Bagi Anda yang masih ragu apakah ingin menggunakan bantuan pelatih atau tidak, berikut adalah penjelasannya.

  1. Mengajarkan penerapan teknik

    Gerakan olahraga dan penggunaan alat bantu di tempat fitness tak bisa dilakukan secara sembarangan, sebab berisiko mencelakakan Anda.

    Di sinilah pentingnya peran seorang pelatih, untuk mengarahkan, menjelaskan, dan memastikan Anda mengetahui dengan tepat tiap gerakan dan penggunaan alatnya.

    Pelatih juga akan menjelaskan tiap manfaat dari gerakan yang Anda lakukan, sehingga Anda tak berolahraga dengan motivasi yang kosong.

    Promo Kemerdekaan: Force USA G20

  2. Menyusun program latihan

    Bagaimana cara memilih mana olahraga yang tepat untuk kebutuhan Anda? Berapa kali pelaksanaannya? Dan untuk periode berapa lama?

    Pertanyaan tadi merupakan beberapa hal dasar yang umumnya sukar dijawab oleh pemula atau non profesional, sekaligus menjadi alasan mengapa keberadaan seorang pelatih olahraga menjadi begitu penting.

    Seorang pelatih olahraga memiliki kapabilitas untuk menyusun rencana olahraga dan target pencapaian yang sesuai dengan kondisi tubuh klien. Dengan adanya rencana ini, kegiatan olahraga menjadi terarah dan memiliki batasan yang jelas.

    Pelatih gym juga mampu melakukan evaluasi berkala terhadap hasil latihan kliennya. Dan ini akan sangat membantu untuk mengukur perubahan kondisi tubuh yang berhasil dicapai.

  3. Memberikan saran pengaturan gizi

    Tahukah Anda bahwa pembentukan tubuh tak hanya bergantung dari simulasi otot saja, melainkan erat kaitannya dengan asupan nutrisi?

    Namun, nutrisi yang seperti apa ya yang tepat untuk dikonsumsi? Nah, jawaban pertanyaan ini tak bisa datang dari tebak-tebakan berhadiah, sebab harus memiliki acuan yang valid.

    Umumnya pelatih olahraga memberikan saran mengenai pengaturan gizi berdasarkan ilmu formal yang dimiliki dan atau pengalamannya selama di lapangan.

    Klien biasanya diberikan beragam saran mengenai pengaturan pola makan, tata cara diet, asupan nutrisi tambahan, hingga kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari.

  4. Menjadi motivator

    Kemalasan dan kejenuhan merupakan alasan paling umum yang menghambat keberhasilan latihan. Dengan adanya pelatih olahraga, Anda memiliki alasan tambahan yang bisa memaksa Anda untuk tetap berkomitmen untuk menyelesaikan periode latihan.

    Berbeda dengan menjalani latihan sendiri, melakukan olahraga dengan iringan pelatih dapat mendongkrak semangat Anda ketika tengah jenuh.

Tugas pelatih fitness

Untuk menambah pengetahuan Anda terkait seberapa besar pengaruh seorang pelatih pada kelancaran latihan, berikut adalah penjabaran tugas utama dari seorang pelatih, antara lain:

  1. Mengajarkan rangkaian asesmen yang lengkap

    Sebelum menyusun jadwal dan program latihan, pelatih yang profesional harus melakukan serangkaian asesmen kepada klien terlebih dulu.

    Gunanya untuk menemukan pola yang tepat, sesuai dengan target olahraga, kondisi dan kebutuhan tubuh.

    Asesmen ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

    • P-R-A-Q atau Physical-Activity-Readiness-Questionnaire, yang merupakan sederet blangko terkait kondisi dan kesiapan tubuh klien.
    • Body-Composition atau komposisi tubuh yang terdiri dari data berat badan, kadar lemak, dan tinggi badan.
    • Physical-Test atau tes fisik yang terdiri atas gerakan kardio, ketahanan otot, kekuatan, kecepatan dan kelentukan.
    • Riwayat latihan dan catatan medis.
  2. Menjadwalkan dan menyusun program latihan yang tepat

    Setelah hasil asesmen didapatkan, pelatih fitness menggunakannya sebagai acuan untuk menyusun program latihan. Di dalamnya sudah memuat tentang kondisi terkini klien, target olahraga dan periode latihan yang harus diselesaikan.
    Cek juga: FORCE USA F100 ALL IN STRENGTH TRAINING MULTI GYM

  3. Mengajarkan gerakan yang variatif

    Pelatih profesional harus mengajarkan tiap variasi gerakan kepada kliennya. Mulai dari jenis latihan generik, pemanasan, latihan inti, hingga tahap pendinginan.

    Termasuk juga di dalamnya menerangkan tentang cara pengoperasian alat kesehatan yang tepat. Pelatih bertanggungjawab untuk memberikan pemahaman kepada kliennya terkait tiap jenis gerakan yang dilatih.
    Cara angkat barbel yang benar

  4. Melakukan evaluasi berkala terkait progress tubuh klien

    Tugas terakhir dari seorang pelatih olahraga adalah menyediakan evaluasi secara berkala, terkait progres latihan yang dijalankan oleh klien.

    Laporan ini bisa diserahkan dalam kurun 2 minggu hingga sebulan sekali. Dari evaluasi ini, klien akan mengetahui kecocokan program latihan yang telah dilaksanakan.

Rata-rata biaya untuk pelatih fitness

Profesi pelatih gym merupakan salah satu yang memiliki kisaran gaji fantastis per bulannya, yaitu antara 10 hingga 30 juta rupiah. Pendapatan ini dipengaruhi oleh jenis latihan, intensitas, dan hasil dari penjualan produk kebugaran lainnya.

Adapun bayaran yang perlu dipersiapkan bagi Anda yang ingin menggunakan jasa pelatih sesungguhnya dimulai dari angka 100 ribu rupiah, hingga termahal 8 juta rupiah. Seluruhnya tergantung pada target, jenis program, kelengkapan alat dan periode latihan yang dijalankan.

Itulah penjelasan lengkap terkait profesi pelatih gym. Bagi Anda yang akan segera memulai kegiatan fitness, hendaknya melakukan riset terlebih dulu untuk mendapatkan pelatih yang sesuai dengan target yang diekspektasikan.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang