Rekomendasi Bodybuilding Program Terbaik

Back biceps

Pernah dengar kata Bodybuilding? Jika diartikan, Bodybuilding Program adalah sebuah proses pembentukan tubuh, atau Bahasa Indonesianya adalah binaraga.

Dengan demikian, dalam dunia kebugaran, bodybuilding lebih merujuk pada sebuah upaya untuk meningkatkan masa otot untuk keperluan binaraga atau untuk target pribadi. Mari kita kupas Bodybuilding Program yang banyak direkomendasikan oleh praktisi olahragawan.

Rekomendasi Bodybuilding Program

Bagi Anda yang serius ingin membentuk otot, prioritas utama adalah menentukan jenis latihan bodybuilding yang akan diikuti.

Ada begitu banyak ragam latihan yang bisa dilakukan untuk membentuk otot. Sehingga, Anda wajib menentukan jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa Bodybuilding Program yang populer:

  1. Bodybuilding Program 5×5

    Program latihan untuk membentuk otot yang satu ini cukup terkenal, bahkan difavoritkan oleh mereka yang ingin mencapai kekuatan dan massa otot pada level tertinggi.

    Program ini mengandalkan tiga jenis latihan utama yang ditargetkan untuk membentuk otot bagian atas dan bawah tubuh. Disebut 5×5 karena program ini memiliki pola latihan 5 set dan 5 repetisi.

    Salah satu keunggulan program ini adalah meningkatnya frekuensi latihan. Program ini menstimulasi serat otot setiap hari. Sehingga, hormon testosteron bisa diproduksi dengan cepat untuk menumbuhkan massa otot secara masif.

    Program ini tidak disarankan untuk Anda yang baru memulai Bodybuilding Program. Sebab, latihan pada program ini begitu intensif, sehingga bisa mengarah pada latihan yang berlebihan untuk level pemula.

    Untuk memulai program ini, setidaknya Anda harus memiliki pengalaman latihan di gym selama 3 hingga 6 bulan, khususnya angkat beban.

    Dengan demikian, tubuh akan siap menerima beban latihan program 5×5 yang cukup berat. Hal negatif kedua dari program ini adalah Anda akan mengangkat beban berat hingga tiga kali seminggu. Hal ini dapat memicu kelelahan, sehingga tidak disarankan untuk Anda yang memiliki aktivitas padat.

    Baca juga: 7 Tokoh Bodybuilder Indonesia Paling Terkenal

  2. Bodybuilding Program – Latihan FST-7

    Program pembentukan otot yang satu ini memiliki kepanjangan Fascial Stretch Training. Dari namanya mengindikasikan bahwa salah satu tujuan utama program ini adalah untuk mengencangkan jaringan tisu. Jaringan tersebut adalah bagian halus yang membungkus otot di seluruh tubuh.

    Bodybuilding Program FST-7 ini bertanggung jawab untuk membantu dan melindungi otot dari bahaya cidera. Ketika massa otot bertambah, pembungkusnya, yaitu jaringan tisu juga ikut melebar.

    Program ini juga memungkinkan tubuh menyerap lebih banyak mineral, asam amino, dan oksigen khususnya untuk jaringan tisu.

    Hal yang menjadi kelebihan program ini adalah Anda bisa menentukan bagian otot mana yang ingin dilatih. Selain itu, repetisi pada program ini tergolong mampu meningkatkan metabolisme tubuh lebih baik, sehingga tidak hanya otot yang terbentuk tetapi juga lemak ikut terbakar.

    Pendekatan pada latihan ini adalah proses. Sehingga, hasilnya tidak bisa didapatkan dengan instan. Sebab, latihan ini tidak boleh dilakukan sering-sering, karena risiko cidera pada jaringan tisu yang jika terjadi akan membutuhkan proses pemulihan yang lama.

    Rowing Machine Shoulders

  3. Latihan Atas dan Bawah

    Bodybuilding Program yang satu ini secara khusus melatih bagian otot atas dan bawah. Program ini berlangsung hanya 4 hari seminggu, sehingga masih ada jadwal kosong untuk istirahat. Sehingga, dalam seminggu, setiap grup otot akan dilatih dua kali, 2 hari untuk otot atas dan 2 hari untuk otot bawah.

    Program latihan ini sangat cocok untuk para pemula. Pasalnya, program ini memiliki jadwal libur sehingga membuat tubuh punya waktu untuk beristirahat. Dengan begitu, program ini bisa dijadikan awalan sebelum memilih program pembentukan otot yang lebih serius.

    Keuntungan besar lain dari program ini adalah Anda bisa menambahkan latihan mandiri. Misalnya, angkat barbel di rumah untuk melatih dan membesarkan otot lengan.

    Program latihan pembentukan otot ini memiliki ragam yang sangat luas. Anda bisa menyusun rencana latihan sesuai dengan volume yang bisa Anda tangani. Anda juga bisa menentukan bagian otot mana yang ingin dijadikan fokus pembentukan.

  4. Bodybuilding Program Seluruh Tubuh

    Program 5×5 mungkin bisa dikatakan mirip dengan program yang satu ini. Hanya saja, program seluruh tubuh memberikan latihan yang langsung pada setiap otot tertentu. Misalnya hamstring, punggung, dan dada.

    Keuntungan dari Bodybuilding Program ini adalah bisa diaplikasikan pada pemula, tidak seperti program 5×5 yang membutuhkan pengalaman.

    Program seluruh tubuh bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Sehingga, bisa dimulai dengan beban yang ringan, lalu secara bertahap ditingkatkan sesuai perkembangan massa otot.

    Latihan ini juga memiliki kekurangan. Karena, tidak bisa mengaplikasikan satu latihan untuk beberapa otot. Program ini secara spesifik ditujukan untuk satu otot yang difokuskan. Sehingga akan memakan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil bentuk otot tubuh yang diinginkan.

    Cek juga: FORCE USA F100 ALL IN ONE STRENGTH TRAINING.

  5. German Volume Training

    Latihan ala Jerman ini bisa dikatakan sebagai program tingkat atas. Pasalnya, program ini memiliki set yang sama dengan program 5×5, hanya saja berbeda pada jumlah repetisinya yang mencapai 10 repetisi untuk setiap setnya.

    Program ini didesain untuk fokus pada dua grup otot setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, fokus latihan akan berpindah ke grup otot lain dan dirotasi setiap 3 hari sekali.

    Bodybuilding Program ini juga diterapkan oleh beberapa klub sepak bola di Jerman, yang berhasil membentuk tubuh para pemainnya semakin kekar hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

    Perlu dicatat bahwa program ini mengharuskan Anda memiliki latar belakang bodybuilding yang cukup kuat. Karena latihannya yang berat, pembentukan otot bisa dicapai dengan waktu yang singkat, diimbangi dengan pola makan dan asupan nutrisi yang tepat.

    Apapun program yang Anda pilih, ada beberapa hal mendasar yang memengaruhi keberhasilan pembentukan otot. Yang pertama adalah pemilihan volume latihan, dalam hal ini adalah set dan repetisi. Jangan terburu-buru memilih volume yang tinggi, lebih baik disesuaikan dengan level Anda.

Hal umum kedua yang perlu diperhatikan dalam Bodybuilding Program adalah waktu istirahat di antara set. Setiap program memiliki waktu jeda yang berbeda-beda. Waktu istirahat yang ideal untuk pembentukan otot adalah 45 detik hingga 2 menit.

Durasi tersebut disesuaikan dengan beratnya latihan. Jika latihannya ringan, jangan ambil waktu istirahat terlalu lama, karena bisa berdampak buruk pada program yang dijalankan.

Bodybuilding program

Kemudian, Anda juga perlu memerhatikan tentang frekuensi latihan. Setiap program yang baru dijalani, memang selalu menarik. Akan tetapi, jangan sampai terlalu bersemangat di awal. Sejatinya, program pembentukan otot membutuhkan komitmen.

Frekuensi latihan yang disarankan adalah dua hingga tiga kali per minggu. Setiap minggunya fokuskan latihan pada bagian otot tertentu.  Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan secara optimal.

Cek juga: FORCE USA MYRACK

Kebanyakan atlet juga lebih memilih latihan untuk otot yang berbeda di hari yang berbeda. Hal tersebut lebih menunjukkan hasil dibandingkan satu latihan yang terlalu berat untuk satu grup otot.

Demikianlah ulasan tentang Bodybuilding Program yang populer, disertai dengan hal-hal seputar pembentukan otot yang perlu Anda ketahui sebelum memulainya. Satu hal yang pasti, bentuk otot yang ideal tidak bisa didapatkan dengan instan. Butuh kesabaran dan konsistensi untuk mencapai hasil maksimal.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang