4 Jenis Latihan Kettlebell dan Penjelasannya

Menggunakan Steel Kettlebell 20kg

Hi, guys! Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai keunggulan dari latihan kettlebell. Namun, agar penjelasannya lebih valid, pada artikel ini kami juga menyertakan langsung pendapat dari praktisi kettlebell di dunia fitness yaitu Dansen Agusta (insatgram: @dansenagusta).

Kettlebell merupakan salah satu tools yang sangat efektif untuk latihan beban. Kettlebell memiliki keunggulan dengan desainnya yang unik, yaitu bebannya off center dari handle dibanding dumbbell sehingga distribusi bebannya berada di tengah.

Kita bisa melakukan berbagai variasi gerakan grind (seperti gerakan tradisional dumbbell: bicep curl, shrug, delt raise) dan juga ballistic (swing, clean, snatch).

Hanya dengan 1 kettlebell saja, variasi gerakan latihan yang dapat dilakukan banyak sekali. Jika kita memiliki budget dan space yang terbatas untuk workout di rumah, kettlebell adalah salah satu tool yang cocok. Tetapi memang dibutuhkan skill tersendiri yang harus dikuasai untuk dapat memanfaatkan kettlebell seutuhnya.

Benefit lain dengan kettlebell training adalah dengan waktu yang singkat, kita dapat melakukan banyak hal, yaitu kombinasi antara latihan strength dan cardio. Short Time, Maximal Results!

“Ini kenapa gue suka banget latihan dengan kettlebell! Plus tidak banyak orang yang menguasainya, bikin gue jadi lebih badass!” -Dansen Agusta

Nah, mari kita bahas apa yang dimaksud oleh Dansen. Di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai sudut pandang pemula, di mana pemula biasanya belum menguasai teknik kettlebell yang sulit seperti snatch atau clean, dan mungkin untuk kalian juga bertanya kenapa kita harus membeli kettlebell? Apa bedanya kettlebell dengan dumbbell?

Bebannya Off Center

Jika kita latihan dengan menggunakan dumbbell, maka pusat bebannya (dalam kondisi jika kita menggenggam dumbbell dengan posisi overhead press), maka beban dumbbell tersebut berada tepat di pergelangan tangan kita, atau di pusat handle dumbbell.

Sedangkan pada kettlebell, bebannya tidak terpusat pada handle, melainkan pada “Bell”-nya. Dengan keunikannya tersebut, membuat kettlebell lebih unggul dibandingkan dumbbell dalam beberapa variasi latihan.

Jika Anda masih pemula, Anda dapat melakukan latihan-latihan yang menggunakan kettlebell seperti berikut:

    1. Kettlebell Swing

      Ini adalah yang dimaksud dengan gerakan balistic yaitu gerakan yang melatih explosiveness seperti jumping dan throwing. Ada banyak gerakan balistic yang dapat digunakan dengan kettlebell. Namun yang paling mudah dilatih dan cocok untuk pemula/general fitness adalah kettlebel swing yang mana sedikit aneh tidak sih, jika kita latihan swing dengan menggunakan dumbbell?

    2. Latihan Kettlebell dengan Goblet Squat

      Dengan handle pada kettlebell membuat goblet squat lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan dumbbell. Bahkan jika kurang berat, Anda dapat menggunakan 2 kettlebell sekaligus loh!

    3. Turkish Get Up

      Kettlebell pun akan lebih cocok digunakan pada latihan turkish getup. Memang sih menggunakan dumbbell juga bisa, namun dikarenakan wrist kita menerima keseluruhan beban dari dumbbell, kita dapat berlatih dengan lebih berat menggunakan kettlebell.

    4. Hammer Curl 

      Terakhir untuk Anda yang menyukai body building bisa juga latihan dengan kettlebell. Dengan struktur yang off center, membuat hammer curl dengan kettlebell lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan dumbbell.

      Latihan Kettlebell

Nah, itulah sekilas mengenai keunggulan kettlebell dibandingkan dumbbell dan bagaimana menggunakannya. Follow terus instagram @gymfitnessindo untuk update mengenai produk dan tips-tips latihan! Jangan ragu menghubungi tim kami jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk GymFitnessIndo.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang