7 Tokoh Bodybuilder Indonesia Paling Terkenal

Back-biceps

Bodybuilder Indonesia merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup familiar dengan sebutan binaraga. Bodybuilder Indonesia yang menekuni bidang ini umumnya disebut sebagai binaragawan dan binaragawati. Olahraga binaraga bertujuan untuk membentuk tubuh dengan kurasi otot berintensitas tinggi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kegiatan binaraga memadukan antara latihan fisik dengan pola makan sehat yang ketat. Binaragawan dan binaragawati mendapatkan kontur tubuh yang kekar, padat, dan berisi dari penghilangan lemak tubuh dan pemaksimalan massa otot.

Tokoh Bodybuilder Indonesia Paling Terkenal

Tak hanya terkenal sebagai olahraga untuk mendapatkan pola hidup sehat dan bentuk tubuh yang atletis, binaraga juga diketahui menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam skala nasional dan internasional.

Berikut adalah 7 tokoh Bodybuilder Indonesia yang sampai sekarang berhasil memopulerkan olahraga atletis ini.

  1. Bodybuilder Indonesia: Asrelawandi

    Asrelawandi merupakan Bodybuilder Indonesia yang berasal dari Provinsi Riau. Ia memulai debut kompetisinya sejak tahun 1983 dan sukses mencetak banyak penghargaan. Sosok ini diketahui memiliki spesialis di bidang binaraga untuk bobot 60 kilogram.

    Klaim yang diberikan padanya sungguh bukan hanya isapan jempol. Narasi ini muncul dari keberhasilan Asrelawandi menjuarai 6 kompetisi PON dengan oleh-oleh medali emas. Bahkan namanya tetap tersebar di perhelatan binaraga kancah Asia hingga saat ini.

  2. Bodybuilder Indonesia: Levi Rumbewas

    Legenda selanjutnya di bidang Bodybuilder Indonesia adalah Levi Rumbewas. Atlet kelahiran Papua ini didapuk sebagai salah satu binaragawan terbaik Indonesia.

    Ia mulai menorehkan jejak atletisnya sejak awal tahun 1980an. Karena itu, sungguh tak mengherankan jika nama Levi Rumbewas sampai saat ini berada dalam deret atlet olahraga yang paling berprestasi di masa 80an.

    Salah satu kesuksesan yang ditorehkan oleh Levi Rumbewas adalah membawa medali emas bagi Indonesia setelah berhasil menjarai cabang binaraga pada perhelatan Asean Games tahun 1987 dan 1989.
    Bodybuilder Indonesia

  3. Wempi Wungau

    Wempi Wungau merupakan nama binaragawan Indonesia berikutnya yang sukses mempopulerkan olahraga ini, melalui perolehan medali kejuaraan nasional dan dunia. Sosoknya memiliki andil besar dalam mencetak nama Indonesia di ajang bergengsi SEA Games.

    Wempi Wungau terbukti secara konsisten menyumbang medali emas di bidang olahraga atletis sepanjang tahun 1989 sampai dengan 1997. Ajang terakhir yang diikuti oleh Wempi Wungau adalah kejuaraan Asean Games 2002 di kota Busan, dengan perolehan medali perak.

    Baca juga: Strength Training sebagai Fundamental Program Latihan

    Prestasinya merupakan rekor yang luar biasa, sehingga Indonesia sebagai kawasan berkembang masuk dalam deret negara dengan prestasi bidang olahraga yang gemilang.

  4. Zarmi Bachtiar

    Zarmi Bachtiar merupakan atlet binaraga Indonesia yang berasal dari Bukit Tinggi, dan memulai kiprahnya secara profesional sejak tahun 1970.

    Sejak awal keterlibatannya, Zarmi Bachtiar sudah menanjaki karir yang meyakinkan untuk klas 65 kilogram. Hal ini terefleksi dalam pencapaian kejuaraan yang berhasil disabet pada kejuaraan PON pada tahun 1973.

    Karir Zarmi Bachtiar terus menanjak, hingga pada tahun 1981 ia berhasil memenangkan medali perunggu pada ajang SEA Games Manilla, dan berlanjut ke SEA Games tahun 1987  dengan peroleh perak.

    Prestasinya kian bersinar ketika berhasil memboyong medali emas ASEAN selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 1983 hingga 1985.

  5. Syafrizaldi

    Kota Medan merupakan destinasi selanjutnya yang berhasil mencetak seorang Bodybuilder Indonesia beprestasi. Sosok tersebut bernama Syafrizaldi, yang memulai karirnya dengan kisah dramatis dan penuh motivasi.

    Awalnya Syafrizaldi meniatkan dirinya untuk bertempur di ring tinju, namun harus direlakan karena terbentur izin orangtua. Tak menyerah, Syafrizaldi kemudian menggeser haluannya untuk menjadi seorang binaraga.

    Keberhasilan Syafrizaldi sebagai binaragawan membawanya menjadi seorang atlet dengan label Raja Kelas 75 Kilogram. Tak diragukan lagi, sosok ini berhasil memborong medali dari berbagai kejuaran internasional, mulai dari PON, WBPF, hingga SEA Games.

    Setelah lama berkiprah di kelas 75 kilogram, Syafrizal memutuskan untuk mengembangkan karirnya ke kelas 80 kilogram dengan mengikuti kejuaraan Asia Body Building & Physique Championship  di Vietnam, dan masuk dalam posisi 4 besar.

  6. Komang Arnawa

    Nama Komang Arnawa berada di antara deret Bodybuilder Indonesia yang berhasil menyejajarkan prestasi binaraga Indonesia dengan negara lain di dunia.

    Berangkat dari daerah kelahirannya di Bali, Komang Arnawa memulai karir binaraganya tanpa naungan institusi formal PABBSI. Namun kenyataan ini tak menyurutkan kualitas prestasinya, dengan berhasil menembus kejuaran internasional.

    Kiprahnya yang konsisten dan terus menanjak membawa Komang Arnawa pada julukan “The Gentle Giant from Bali” dari kancah internasional.

    Baca juga: Gym Bodybuidling di Depok

    Beberapa prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh Komang Arnawa adalah sebagai puncak klasemen dari kompetisi IFBB Western Australia Bodybuilding Champhionship pada tahun 2003 dan Mr. Natural Olympia di tahun 2005.

    Sosok ini merupakan motivator yang mampu membuktikan bahwa apresiasi atas prestasi tetap bisa dilakukan secara mandiri.
    Barbell bodybuilding

    Cek juga: MAGNUS WOD OLYMPIC BARBELL

  7. Ade Rai

    I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai atau yang dikenal dengan sapaan Ade Rai merupakan atlet binaraga berikutnya yang sukses menyuburkan kultur olahraga seni tubuh di Indonesia. Bahkan Ade Rai sudah berhasil mempromosikan kegiatan Bodybuilder Indonesia melalui banyak siaran media.

    Kendati demikian, tak banyak yang tahu bahwa atlet asal Bali ini awalnya menjajaki karir olahraga sebagai pemain bulu tangkis. Kegiatan ini digeluti selama 9 tahun, sejak berusia 8 hingga 17.

    Ade Rai kemudian mulai menemukan ketertarikannya pada olahraga berbeda, yaitu weight training karena termotivasi untuk memiliki kontur tubuh yang ideal dan atletis.

    Setelah berhasil mendapatkan perubahan pada bentuk tubuhnya berkat melewati serangkaian latihan angkat besi, Ade Rai akhirnya resmi melebarkan karirnya dengan menjadi Bodybuilder professional pada tahun 1992.

    Gelar juara pertamanya didapatkan sejak tahun 1994, dengan debut di kompetisi PON. Karirnya terus meningkat dengan berhasil menerobos kejuaran internasional layaknya SEA Games, Mr. ASEAN, Muscle Mania World, ABBF/IBBF Mr.Asia, dan Superbody World Profesional.

    Sampai saat ini, Ade Rai dikenal sebagai tokoh binaraga yang mempopulerkan diet dan pola hidup sehat di Indonesia.

Itulah tujuh tokoh terbaik dalam dunia Bodybuilder Indonesia. Dari sosok-sosok di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa bodybuilding atau binaraga merupakan olahraga yang tak hanya melibatkan intensitas latihan, melainkan konsistensi dan komitmen.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang