Apa itu Crossfit dan Apa Saja Latihannya?

Apa itu crossfit

Apa itu crossfit? Bagi Anda yang sering ngegym, istilah crossfit pasti sudah tidak asing lagi, kan? Setidaknya, Anda pasti pernah mendengar istilah ini dibicarakan atau mungkin melakukannya sekali atau dua kali.

Apa Itu Crossfit?

Crossfit tergolong sebagai sebuah latihan fisik yang mengondisikan gerakan latihan sederhana agar bisa dilakukan pada level intensitas yang tinggi.

Jadi, crossfit tergolong olahraga dengan intensitas tinggi. Gerakan yang dilakukan pada crossfit seperti squat, angkat beban, push up dan gerakan lain yang umum di gym.

Hal utama pada crossfit adalah penekanannya terhadap beban, jarak, dan kecepatan. Sehingga, para peserta crossfit pada akhirnya memiliki perkembangan pada tingkat kekuatan mereka.

Untuk mencapai level tersebut, bisa saja menggunakan peralatan olahraga yang berbeda. Termasuk kettlebell, sepeda, skipping rope, barbel, dan lain sebagainya.

Secara umum, crossfit memiliki fleksibilitas dalam hal pemilihan latihan untuk bisa disesuaikan dengan kemampuan dan bisa saja memiliki tujuan yang berbeda untuk setiap orang. Ada yang sekadar menurunkan berat badan, ada juga yang ingin memiliki fisik yang lebih kuat.

Crossfit juga menekankan pada variasi latihannya. Itu sebabnya, crossfit adalah jenis olahraga yang relatif bisa dilakukan semua orang. Tinggal menyesuaikan volume latihan dengan usia atau kekuatannya saja.

Baca juga: Strongholdz Crossfit Serpong, CrossFit Gym Pertama di Tangerang

Jenis-Jenis Crossfit

Setelah mengetahui apa itu crossfit, sekarang kita bahas jenis latihan yang ada di dalam crossfit. Secara umum, crossfit memiliki nama-nama turunan yang menjadi menu latihan sehari-hari, yaitu:

  1. EMOM

    Kepanjangannya adalah every minute on the minute, yang artinya adalah melakukan satu gerakan sempurna atau repetisi yang ditentukan dalam satu menit.

    Contoh caranya, nyalakan stopwatch, lalu mulai lakukan gerakan push up sebanyak mungkin dalam waktu 1 menit. Istirahat sejenak, lalu ulangi lagi dengan jumlah push up yang lebih banyak. Lihat video ini untuk cara latihannya.

  2. AMRAP

    Memiliki kepanjangan as many round as possible, yang artinya adalah melakukan latihan sebanyak mungkin dalam waktu yang ditentukan. Ini adalah jenis crossfit yang cukup menguras energi. Misalnya, melakukan 8 squat dan 8 push press dalam waktu 10 menit.

    Cek juga: MAGNUS POWERLIFTING BARBELL

  3. RFT

    Round for time artinya adalah menyelesaikan sejumlah set yang ditugaskan dalam waktu secepat mungkin. Pada crossfit jenis ini, Anda hanya memiliki waktu singkat untuk mengambil napas di sela set yang diselesaikan. Ini adalah salah satu bukti bahwa crossfit adalah jenis olahraga yang cukup berat.
    Crossfit adalah

  4. Chipper

    Satu set yang berisi sejumlah gerakan olahraga yang biasanya harus diselesaikan dengan cepat. Tujuannya adalah mendapatkan massa otot yang besar. Contohnya adalah 100 gerakan press up, 75 squat, 50 burpees, dan 25 kali pull up yang semuanya hanya iberikan waktu 10 menit untuk diselesaikan.

  5. Tabata

    Menu yang satu ini berisi delapan set dengan intensitas yang tinggi. Seperti melakukan gerakan tertentu selama 20 detik, lalu istirahat selama 10 detik, lalu dilanjutkan lagi sampai delapan set terpenuhi. Crossfit jenis ini sangat berguna untuk membakar lemak.

Kebanyakan sesi crossfit memiliki papan target, karena setiap sesi crossfit harus selesai dalam satu hari, yang disebut dengan WOD atau workout of the day. Itu sebabnya, crossfit menjadi pilihan mereka yang memiliki jiwa kompetitif tinggi.

Baca juga: Strenght Training sebagai Fundamental

Menu Latihan WOD

WOD memiliki sejumlah menu latihan yang variatif. Menu tersebut berisi sederet latihan yang harus diselesaikan dalam satu hari. Seringkali, menu tersebut dianalogikan dengan nama perempuan.

Menurut penemu crossfit, Greg Glassman, kebanyakan dari jenis-jenis latihan crossfit ini terasa bagaikan diterjang badai. Sedangkan nama-nama badai di seluruh dunia selalu diberi nama perempuan.

Berikut adalah nama-nama ‘perempuan tangguh’ tersebut:

  1. Mary

    Latihan ini memiliki tujuan agar Anda bisa menyelesaikan tiga jenis gerakan sebanyak-banyaknya dalam waktu 20 menit. Repetisi gerakan pada menu Mary relatif rendah dibandingkan dengan menu crossfit lainnya.

    Akan tetapi, tetap saja berat untuk dilakukan. Misalnya, mulai dengan lima press up, lalu 10 squatM satu kaki secara bergantian, kemudian selesaikan dengan 15 kali pull up.

  2. Angie

    Angie mengharuskan Anda melakukan 100 repetisi dari empat gerakan berbeda secara berurutan. Selesaikan 100 repetisi tersebut dalam waktu sesingkat mungkin.

    Angie sebagai menu dianggap sebagai hal yang hampir ‘membunuh’ bagi sebagian orang. Bayangkan saja, 100 pull up, kemudian 100 sit up, 100 press up, ditutup dengan 100 squat.

  3. Fran

    Menu klasik crossfit adalah Fran. Menu ini bisa dilakukan secara bertahap. Maksudnya, dalam waktu yang ditentukan, Anda semakin banyak melakukan repetisi di hari-hari berikutnya. Fran disarankan untuk dilakukan secara rutin, sehingga meningkatkan kekuatan dan kemampuan Anda sebelum melahap menu yang lebih ‘buas’.

  4. Karen

    Karen tergolong menu crossfit yang paling sederhana, karena hanya melakukan satu gerakan saja. Tapi, jangan remehkan Karen. Karena, ia melibatkan medicine ball yang harus Anda lempar-tangkap.

    Coba lakukan Karen dengan medicine ball seberat 5 kg sebanyak 150 kali. Setiap 10 lemparan, tambah jarak Anda dari dinding. Dijamin, Karen akan terasa kejam.
    Lifting up

Manfaat Crossfit

Sebagai sebuah olahraga, manfaat crossfit adalah kebugaran. Tetapi, kata kebugaran terlalu luas maknanya. Berikut adalah manfaat crossfit:

  1. Meningkatkan Kekuatan Fisik

    Dari ragam dan menu latihannya, crossfit sangat fokus terhadap kekuatan fisik, seolah berusaha menembus batasan fisik. Intensitas gerakan fisik yang tinggi pada akhirnya membuat Anda memiliki kekuatan otot yang semakin baik, serta stamina yang lebih terjaga.

  2. Meningkatkan Kinerja Jantung dan Paru-Paru

    Crossfit memungkinkan Anda untuk menghirup lebih banyak oksigen selama melakukan latihan. Hal tersebut adalah bukti bahwa jantung dan paru-paru menjadi dua organ yang mendapatkan manfaat.

  3. Meningkatkan Kelincahan

    Seperti yang sudah diulas, crossfit adalah jenis olahraga yang mengombinasikan kecepatan dan kekuatan. Sehingga, Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih lincah dan fleksibel sebagai bonus.

  4. Menjaga Berat Badan

    Beratnya latihan crossfit membuat Anda bisa membakar lebih banyak kalori. Sehingga, berat badan ideal bisa tetap terjaga. Apalagi jika crossfit dikombinasikan dengan pemberian nutrisi yang seimbang.

Di samping manfaat, crossfit juga memiliki risiko. Pertama, crossfit digolongkan sebagai olahraga intensitas tinggi. Jadi tidak disarankan bagi mereka yang memiliki masalah persendian atau sedang dalam masa pemulihan.

Orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu pun wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak semakin membahayakan kondisi kesehatannya.

Cedera juga menjadi risiko yang membayangi para penggemar crossfit. Sehingga, pemanasan adalah hal wajib untuk meminimalisasi risiko cedera.

Selain itu, postur tubuh saat melakukan gerakan latihan juga harus diperhatikan, agar tidak ada cedera yang terjadi. Ada baiknya Anda mengambil kelas dasar terlebih dahulu sebelum memulai kelas crossfit.

Jika ada yang bertanya apa sih itu crossfit, Anda bisa menjawab crossfit adalah olahraga yang sangat menantang dan tentunya memiliki banyak manfaat. Dengan fleksibilitas pemilihan jenis latihan, Anda bisa menjadikan crossfit sebagai alternatif olahraga selain body building. Tertarik mencoba crossfit?

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang