Perbandingan Monster Rack Series (G1, G3, G6, G9, dan G12)

Monster Rack Series

Monster Rack Series merupakan salah satu produk best seller di GymFitnessIndo. Namun, tak jarang kami menjumpai para pelanggan yang bingung memilih produk Monster Rack seri apa yang cocok bagi mereka. Memang sangat penting untuk mengetahui seluk-beluk produk sebelum membelinya, terlebih untuk jenis alat fitness seperti Monster Rack ini, mengingat harganya yang terbilang tidak murah.

Untuk itu, dengan pengalaman yang cukup lama di dunia fitness dan untuk memudahkan para pelanggan dalam memilih alat fitness yang tepat secara khusus untuk produk Monster Rack ini, kami akan membahas perbandingan beberapa jenis Monster Series.

 

Monster Rack Series

Monster Series merupakan salah satu brand retail alat fitness No. 1 di Australia, yaitu Gym and Fitness Australia. GymFitnessIndo sendiri merupakan Exclusive Distributor produk Monster Rack Series ini di Indonesia.

Berikut perbandingan beberapa Monster Series, yaitu G1, G3, G6, G9, dan G12.

  • Monster G1

    G1 adalah entry level untuk Monster series.

    G1 merupakan power rack combo, jadi dapat digunakan sebagai power rack namun terdapat juga dual adjustable pulley yang dapat digunakan dalam latihan crossover, tricep rope, dan lainnya. Dual Adjustable Pulley dalam G1 merupakan tipe plate loaded sehingga dibutuhkan rubber plate sebagai bebannya.

    Monster G1 juga sudah dilengkapi safety arms untuk power rack, multi grip chin up, plate storage, dan band peg. Tak hanya itu, dapat juga ditambah dengan F-SEAT, sebagai tempat duduk dan penahan lutut saat digunakan dalam latihan pulldown.

     

    Monster G1 Series
    Monster G1

    Pendapat GymFitnessIndo:
    G1 merupakan alat yang mempunyai value sangat bagus. Sangat cocok digunakan untuk orang yang menyukai latihan compound exercise menggunakan barbell dan tidak menggunakan smith machine. Namun masih ingin melakukan variasi latihan yang membutuhkan kabel.

    Walau frame dan ketebalan besi Monster G1, 2mm, yang termasuk dalam home grade, namun G1 memiliki weight rating mencapai 200kg++ sehingga anda dapat berlatih dengan aman.

  • Monster G3

    Dari beberapa produk Monster Series, G3 merupakan best seller kami. Monster G3 merupakan versi upgrade dari G1, yaitu memiliki tambahan smith machine, dan leg press attachment. Ketebalan besi, struktur dan dual adjustable pulley memiliki kualitas yang sama dengan G1. Dual adjustable pulley G3 menggunakan tipe plate loaded yang membutuhkan rubber plate sebagai bebannya.

    Monster G3 Force USA gymfitnessindo
    Monster G3

    G3 lebih cocok untuk orang yang lebih menyukai gaya “bodybuilding”, dan sering berlatih dengan smith machine, dan leg press.

  • Monster G9

    G9 merupakan versi premium dari G3. Seri ini sangat cocok bagi anda yang yang menyukai fitur G3, namun merasa kurang cocok dengan kualitas G3 seperti ketebalan besi yang kurang tebal maupun kabel yang kurang halus. Upgrade G9 sendiri dapat dilihat dari pulley yang jauh lebih mulus, material yang lebih baik (premium), dan tentunya ketebalan besi yang lebih tebal dibanding seri G3.

    Force USA Monster G9
    Monster G9

    Smith Machine pada G9 sudah di-upgrade dengan counter balanced. Fitur lainnya adalah Leg Press Attachment dan tentu Dual Adjustable Pulley. Berikut penjelasannya.

    Counter Balanced (lihat Gbr. 1) merupakan mekanisme katrol yang unik. Katrol ini akan menahan laju smith machine saat bergerak turun ke bawah, dan memudahkan pengguna saat mendorong smith machine ke atas. Dengan begitu, pengguna dapat merasakan penggunaan yang lebih smooth dan ringan saat mengangkat beban karena ditahan katrol counter balanced tersebut.

    Leg Press Attachment (lihat Gbr. 2) di G9 memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih besar dibandingkan G3, sehingga lebih nyaman digunakan.

    Dual adjustable pulley G9 (lihat Gbr. 3) adalah tipe plate loaded, yang dimana membutuhkan rubber plate sebagai bebannya.

    Fitur Monster G9
    (Gbr. 1) Counter Balanced, (Gbr. 2) Leg Press Attachment, (Gbr. 3) Kabel Plate Loaded.

    Pendapat GymFitnessIndo:
    Dari sisi penggunaan, G9 dan G3 memiliki fitur yang sama, sehingga berbagai macam pilihan latihan di G9 dapat juga anda lakukan di G3.

    Dari sisi struktur, G3 memiliki rangka lebih tipis, namun dijamin dapat menahan beban hingga 300kg++ pada Smith MachineWeight Rating G3 ini pun sangat mencukup kebutuhan mayoritas pengguna alat fitness. Namun, bagi anda yang terbiasa latihan pada commercial gym, dan terbiasa menggunakan alat fitness dengan grade commercial, Monster G9 merupakan pilihan yang tepat karena memiliki rating commercial grade. Sementara G3 hanya home grade.

  • Monster G6

    Banyak yang bertanya, kok Monster G6 lebih mahal dibandingkan G9?  Ya, disinilah uniknya Monster Series!

    G6 merupakan seri yang lebih tinggi dibandingkan G9. Dengan rating Commercial Grade, membuatnya memiliki frame dan kualitas yang sama dengan G9. Kelebihannya, G6 sudah menggunakan weight stack pada Dual Adjustable Pulley. Sehingga menjadi nilai tambah tersendiri bila dibandingkan dengan Monster seri G1, G3 dan G9.

    Monster G6 Power Rack
    Monster G6

    Sementara, fitur lain di G6 hampir sama persis dengan G9.

    Tipe Dual Adjustable Pulley dengan menggunakan weight stack (Gbr. 1) akan jauh lebih praktis dibandingkan plate loaded. Anda tinggal colok pin dan langsung menggunakannya. Tidak perlu bongkar pasang plate jika ingin mengubah bebannya.

    Selain itu, Anda juga dapat berlatih lebih berat karena G6 mempunyai weight stack seberat 99.5kg disetiap sisinya. Anda akan mendapat kesulitan jika ingin berlatih dengan angkatan berat di plate loaded, karena sleeves untuk menaruh plate tidak cukup untuk mengimbangi angkatan Anda.

    Fitur Monster G6
    (Gbr. 1) Weight Stack, (Gbr. 2) Linear Bearing Smith Machine.

    G6 memiliki fitur opsi latihan yang sama dengan G3 dan G9. Smith Machine G6 menggunakan Linear Bearing (Gbr. 2), tidak menggunakan Counter Balanced. Namun, menurut kami ini bukanlah kelemahan G6 dibandingkan G9. Justru ini menjadikan banyaknya pilihan di Monster Series yang dapat menjangkau setiap kebutuhan customer. Linear Bearing Smith Machine ini lebih berat digunakan dibandingkan Counter Balance Smith Machine. Sehingga latihan Anda akan lebih berat dan otot yang anda latih akan lebih cepat terbentuk.

  • Monster G12

    Monster G12 merupakan seri tertinggi dari Monster Series dengan rating Commercial Grade, menggunakan weight stack untuk Dual Adjustable Pulley, dan menggunakan Counter Balance Smith Machine. Anda dapat menyimpulkan bahwa G12 adalah G9 yang menggunakan weight stack.

    Force USA Monster G12
    Monster G12

    Untuk fitur kenyamanan G12 pada Dual Adjustable Pulley hampir sama persis dengan G6. Perbedaan yang paling signifikan terletak pada Smith Machine. G12 menggunakan Counter Balance, dan G6 menggunakan Linear Bearing.

 

***

Nah, sudah bisa memilih kira-kira produk Monster Rack Series mana yang cocok untuk Anda? Silahkan cek langsung produk kami dibawah.

Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar Monster Series ini, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Cek semua produk Monster Series

Sale!
Rp 75.000.000 Rp 69.000.000
Sale!
Rp 45.000.000 Rp 39.000.000
Sale!
Rp 67.000.000 Rp 59.000.000