Gerakan Melatih Otot Perut Terbaik

Gerakan melatih otot perut

Mengendalikan laju ‘perkembangan perut’ adalah masalah pelik bagi yang metabolismenya sudah mulai melambat. Tapi jangan putus asa dulu, gerakan melatih otot perut yang akan kami jelaskan di bawah akan sangat membantu Anda jika dilakukan secara konsisten.

Mengontrol nafsu makan terutama junk food adalah hal lain lagi. Cobalah mengurangi jenis makanan ini dan perbanyak asupan makanan fresh.

Mengetahui variasi bentuk latihan otot perut merupakan salah satu kunci sukses memiliki perut rata. Sebagai permulaan, cobalah tips atau cara melatih otot perut pemula.

Dewasa ini latihan mengencangkan otot perut sangat beragam, mulai dari yang tidak atau menggunakan alat. Pilihlah jenis latihan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan fisik Anda sehingga tidak menimbulkan cedera atau efek samping lainnya.

Cara Melatih Otot Perut yang Baik dan Benar

Tahukah Anda apa saja jenis latihan yang baik untuk melatih kekuatan perut sekaligus mengencangkannya? Jawabannya sangat banyak dan inilah beberapa variasi latihan yang kami rekomendasikan.

  1. Gerakan Melatih Otot Perut dengan Sit Up

    Sit up merupakan bentuk latihan otot perut istimewa yang hampir diketahui oleh semua orang.

    Tidak hanya mudah dan bisa dilakukan di mana saja, sit up juga tergolong latihan murah.

    Selain mengencangkan otot perut, gerakan sit up juga baik untuk melatih otot dada, otot pinggang serta otot pinggul.

    Berbaringlah dengan nyaman di atas matras kemudian tekuk lutut Anda dengan kedua kaki merapat. Posisikan kedua tangan di belakang kepala atau telinga Anda.

    Coba angkat badan Anda hingga dada bersentuhan dengan lutut apabila sulit melakukannya minta teman untuk menahan kaki Anda.

    Ketika mengangkat badan, hembuskan napas dan tanpa mengambil jeda turunkan badan pada posisi berbaring kembali. Jangan lupa tarik napas Anda.

    Lakukan sit up sedikitnya 10 repitisi. Setelah mulai terbiasa hingga bisa melakukannya seorang diri mulailah menambah durasinya.

  2. Bersepeda

    Contoh latihan otot perut berikutnya adalah bersepeda. Anda bisa bersepeda di luar ruangan atau di gym center langganan Anda.

    Bersepeda tidak hanya baik untuk mengencangkan otot perut dan membakar kalori tapi juga sangat efektif untuk meningkatkan mood menjadi lebih positif.

  3. Zumba

    Gerakan melatih otot perut yang beragam membuat Anda sulit untuk memilih. Jika Anda termasuk orang yang suka melakukan hal baru termasuk belajar menari maka lakukanlah zumba.

    Zumba mungkin bukan jenis latihan baru terutama bagi Anda yang hobi pergi ke gym center. Fasilitas latihan ini terkadang ditawarkan gym center selain latihan menggunakan alat berat.

    Manfaat zumba bukan sekedar melatih otot perut saja. Senam yang identik dengan tarian Amerika Latin ini juga bagus untuk menstabilkan tekanan darah atau menurunkan berat badan.

    Anda bisa melakukan zumba seorang diri atau berkelompok bersama teman-teman.

  4. Gerakan Melatih Otot Perut dengan Swiss Ball Crunch

    Salah satu bentuk latihan otot perut yang melibatkan alat di antaranya adalah ball crunch. Untuk mencoba gerakan latihan ini Anda harus menyiapkan swiss ball yang bisa dibeli secara daring.

    Dengan dibantu instruktur berbaringlah di atas swiss ball (posisikan swiss ball di bawah punggung Anda). Bawa tangan ke belakang kepala sementara itu tekuklah kaki Anda.

    Saat posisinya sudah benar angkat bahu dan kepala Anda ke atas dan biarkan bola terdorong sedikit selanjutnya kembali pada posisi awal.

    Agar sukses melakukan swiss ball crunch Anda harus memiliki keseimbangan yang baik. Manfaat lain latihan ini adalah menguatkan otot pinggul dan punggung.

  5. Gerakan Melatih Otot Perut dengan Plank

    Selain swiss ball crunch, plank juga dapat melatih keseimbangan tubuh sekaligus mengencangkan otot perut.

    Variasi latihan plank juga sangat banyak sehingga Anda tidak mudah bosan ketika melakukan latihan ini dalam jangka panjang.

    Forearm plank

    Gerakan plank yang paling sederhana dan baik untuk pemula adalah plank manual di mana lengan menahan bobot tubuh dalam posisi push up.

    Agar efeknya maksimal usahakan agar tubuh tegak lurus, tidak ada bagian tubuh yang lebih tinggi terutama bokong Anda.

  6. Yoga

    Cara melatih otot perut sekaligus menguatkan mental adalah yoga. Latihan ini sekilas tidak memerlukan kinerja fisik yang berat, padahal sejumlah gerakan yoga membutuhkan keseimbangan dan meningkatkan kekuatan tubuh.

    Tahukah Anda jika latihan plank yang kami sebutkan sebelumnya termasuk gerakan yoga terpopuler? Jika melakukan satu gerakan yoga saja efektif untuk mengencangkan otot perut bagaimana dengan lima atau enam gerakan yoga?

  7. Back Up

    Bosan melakukan sit up atau push up maka pilih gerakan back up yang sama sederhana dan mudahnya.

    Jika Anda perhatikan secara seksama, gerakan melatih otot perut ini merupakan latihan kebalikan dari sit up.

    Lakukan posisi awal, yakni telungkup dengan kedua tangan berada di belakang telinga.

    Posisi kaki merapat tidak boleh berjauhan. Kemudian angkat dada menjauh dari matras.

    Agar kaki tidak ikut terangkat, minta teman Anda untuk menahannya. Lakukan back up minimal 10 repitisi untuk latihan tahap awal dan tambah terus durasinya sesuai kemampuan Anda.

  8. Skipping

    Skipping identik dengan latihan atletik untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan para atlet. Latihan lompat tali ini sangat baik untuk melatih otot perut.

    Meski terlihat gampang, ternyata banyak juga yang kesulitan melakukan gerakan skipping dengan baik dan benar.

    Apabila Anda termasuk di antara orang tersebut, coba lakukan skipping dengan tidak menggunakan alatnya.

    Cukup gerakan tubuh Anda mengikuti irama skipping dan lakukan latihan setidaknya 5-10 menit. Latihan skipping 10 menit konon mampu memangkas kalori sebanyak 124.

4 Latihan Fitness Untuk Melatih dan Mengencangkan Otot Perut

Yoga atau sit up merupakan dua jenis latihan yang cocok untuk melatih otot perut.

Keduanya bisa Anda lakukan baik di dalam maupun luar rumah. Khusus untuk penggemar latihan fisik dengan peralatan fitness maka lakukanlah beberapa latihan ini untuk melatih dan membentuk otot perut.

  1. Barbell Bench Press

    Berbaringlah di bangku mendatar dan tekuk kaki Anda. Ambil posisi awal dengan mengangkat barbell tinggi-tinggi (lengan tegak lurus), posisi telapak tangan Anda harus ke arah luar.

    Secara perlahan-lahan turunkan barbell ke arah dada dan naikkan kembali pada posisi pertama.

    Fokus utama latihan ini adalah kekuatan fisik yang bila dilakukan dengan benar akan membantu membentuk kekuatan otot dada, trisep hingga perut.

    Bagi pemula penting untuk memiliki instruktur berpengalaman sebagai pelatih sekaligus pengawas.

  2. Pull Up

    Contoh latihan otot perut sebelumnya membutuhkan barbell dan bangku mendatar sebagai peralatan, sedangkan pull up hanya memerlukan pull up bar saja.

    Sekarang pull up bar banyak dijual online baik di situs belanja maupun blog bisnis sehingga Anda bisa belanja produknya lebih mudah.

    Posisikan tubuh di bawah pull up bar bila tiangnya terlalu tinggi Anda bisa menggunakan kursi pendek untuk meraih tiangnya.Cara melakukan pull up

    Lompat dan raih pull up bar sebagai pegangan cobalah tahan bobot tubuh Anda kemudian angkat badan ke atas.

    Pastikan dada Anda melampaui pull up bar baru turunkan kembali tubuh mengikuti gaya gravitasi.

    Salah satu trik melakukan pull up adalah menyilangkan kaki dan menekuk kedua lutut.

    Cara ini konon efektif untuk meningkatkan keseimbangan tubuh Anda. Ulangi terus pull up sebanyak kemampuan Anda.

  3. Seated Cable Row

    Bentuk latihan otot perut menggunakan mesin lainnya adalah seated cable row. Ada pun jenis mesin fitness yang digunakan adalah cable machine.

    Lihat juga: Free Form R2000 Rowing Machine

    Meskipun mesinnya sekilas tampak sulit nyatanya latihan latihan ini sangat sederhana dan menyenangkan.

    Atur posisi duduk pada cable station dan tempatkan kedua telapak tangan menggenggam hendel (arahkan telapak tangan ke bagian dalam tubuh).

    Sementara itu tempatkan kaki Anda senyaman dan seaman mungkin di platform (lutut sedikit menekuk).

    Secara perlahan-lahan tarik hendel ke depan hingga cable bergerak dan posisi siku menekuk kemudian gerakan hendel pada posisi semula.

    Bentuk latihan ini sangat mudah bukan? Selain cocok untuk melatih otot, seated cable row juga bagus untuk latihan otot bahu dan otot punggung.

  4. Abdominal Crunch

    Bentuk latihan otot perut ini biasanya dilakukan banyak orang di tempat fitness mengingat peralatan yang dibutuhkannya bukan peralatan sederhana.

    Tapi belakangan ini menemukan hammer strength abdominal crunch machine termasuk hal yang mudah karena banyak yang menjualnya secara daring.

    Duduklah di atas mesin dan tempatkan kaki di bawah bantalan, jangan lupa untuk memegang hendel dengan telapak tangan mengarah ke dalam.

    Sebelum melakukan gerakannya pastikan tubuh Anda benar-benar nyaman dan kepala tegak lurus bukan mendongak atau menunduk.

    Secara perlahan-lahan gerakkan tubuh Anda ke depan seperti melakukan sit up dan pastikan punggung tetap tegak lurus saat melakukannya.

    Lakukan latihan ini secara teratur dengan durasi yang sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

  5. Dumbbell Squat

    Masih belum menemukan bentuk latihan otot perut yang sesuai kebutuhan Anda? Mengapa tidak mencoba latihan dengan memanfaatkan dumbbell ini?

    Dumbbell squat merupakan gerakan squat yang dilakukan dengan teknik baru yakni menggenggam dumbbell di kedua tangan.

    Posisi telapak tangan menghadap ke dalam, setelah itu turunkan tubuh Anda hingga lutut menekuk (posisi jongkok). Setelah itu naikkan kembali tubuh ke atas dan ulangi gerakannya.

    Gerakan squat ini tidak sulit bukan? Anda bisa menyesuaikan bobot dumbbell-nya sesuai dengan kebutuhan.

    Pilih bobot yang tidak terlalu berat sehingga Anda bisa bergerak dengan bebas dan nyaman. Jika sudah lebih menguasai teknik dan gerakannya baru tambah bobot dumbbell secara signifikan.

    Mungkin Anda butuh alat ini: Force USA Dialtech Adjustable Dumbbell

Demikianlah beberapa variasi bentuk latihan otot perut yang sangat efektif. Selain melakukannya di tempat fitness, Anda juga bisa mencoba latihan tersebut di rumah.

Pilih dan gunakan peralatan fitness terbaik agar proses latihan berjalan lancar sesuai planning Anda.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang