Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Waktu terbaik untuk olahraga

Semua sudah pasti tahu bahwa olahraga merupakan gaya hidup yang jadi kebutuhan. Apalagi di era pandemi yang menuntut kita untuk menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga. Hanya saja, kapan sih waktu terbaik untuk olahraga?

Ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa tubuh memiliki alarm yang menjadi penentu waktu olahraga. Jadi, dalam waktu 24 jam, tubuh yang akan memberikan sinyal kapan harus berolahraga, kapan harus makan, dan melakukan kegiatan lainnya.

Nah, bagaimana dengan waktu untuk berolahraga? Kapan sebenarnya yang baik? Yuk, simak selengkapnya di pembahasan berikut ini!

Waktu Terbaik untuk Olahraga Menurut Penelitian

Terdapat penelitian dari Northwestern University yang mengungkap bahwa ritme sirkadian (jam tubuh alami untuk mengatur tubuh) akan membuat gerakan yang dihasilkan otot menjadi efektif. Karena itulah, waktu terbaik untuk olahraga sangat dipengaruhi oleh jam alami otot.

  1. Pagi hari untuk membuat aktivitas lebih produktif

    Olahraga di waktu pagi adalah yang paling umum dilakukan oleh semua orang. Alasannya sederhana, karena udara saat pagi yang masih segar dan sejuk. Hal ini dapat membuat diri lebih semangat untuk melakukan aktivitas seperti berolahraga.

    Seperti penelitian dari The Journal of Physiology yang dilakukan pada 100 responden untuk mengetahui dampak waktu olahraga pada ritme sirkadian. Hasilnya adalah, orang yang berolahraga saat pukul 7 bisa membuat orang tersebut bisa memulai aktivitas dengan lebih awal di hari setelahnya.

    Sederhananya, tubuh akan terasa lebih segar sehari penuh dan siap melakukan aktivitas lebih pagi keesokan harinya. Hasilnya, Anda pun akan lebih produktif.

    Baca juga: Buat Power Rack Sesuai Keinginan Anda dengan Force USA Myrack!

    Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa saat sebelum sarapan akan membuat lemak terbakar 20% lebih banyak dari biasanya. Waktu ini cocok buat Anda yang sedang menjalankan program diet yang sehat.

    Tapi, kalau Anda was-was energi lebih cepat habis saat olahraga, Anda bisa mengisi perut 2 jam sebelum olahraga. Hal ini juga baik untuk mengatasi nyeri perut yang terjadi saat olahraga.

    Ada beberapa kelebihan lain dari berolahraga saat pagi hari, antara lain:

    • Meningkatnya endorfin, hormon yang bisa merangsang kebahagiaan. Dengan begitu, suasana hati atau mood akan baik sepanjang hari.
    • Metabolisme tubuh semakin meningkat, kalori yang terbakar juga akan lebih banyak.
    • Orang dengan kebiasaan olahraga di pagi hari cenderung akan memilih menu sehat di siang dan malam hari. Gaya hidup sehat pun akan terbentuk dengan sendirinya.
    • Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi, problem solving, hingga pengambilan keputusan. Performa kerja pun bisa lebih meningkat. Alasan ini banyak menjadi dasar orang memilih pagi hari sebagai waktu terbaik untuk olahraga.
  2. Siang hari, optimal untuk kekuatan otot

    Manusia memiliki ritme sirkadian otot yang lebih aktif di siang hari. Itulah mengapa, beberapa sumber menyebut bahwa olahraga di siang hari akan lebih efektif. Kalau Anda ingin berolahraga siang hari, lakukan pada rentang waktu pukul 2 siang sampai 6 sore.

    Di waktu-waktu tersebut, suhu tubuh manusia ada di titik optimal untuk melatih kekuatan otot, daya tahan, hingga aktivitas enzim dalam tubuh. Siang hari juga bisa kok Anda jadikan waktu terbaik untuk olahraga.

    Cek juga: X5 FUNCTIONAL TRAINER

    TIPS PENTING! Meskipun olahraga di siang hari itu baik, hindari untuk melakukannya saat matahari ada di atas kepala ya! Hal itu justru akan membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh seperti terkena overheat atau kondisi ketika tubuh Anda menjadi terlalu panas atau yang dikenal dengan sebutan hipertermia.
    Calf Melatih Otot Betis

  3. Sore dan malam hari, untuk mengisi waktu

    Ada beberapa orang yang memang memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan kegiatan olahraga di pagi hari. Tapi tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menyempatkan diri untuk berolahraga di sela-sela waktu sibukmu saat sore maupun malam hari. Rentang waktu ini banyak dipakai untuk olahraga dengan durasi waktu yang lebih lama.

    Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa sore sampai malam hari bisa membuat kualitas tidur menjadi meningkat. Seperti survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, terdapat 76-83% orang yang melakukan olahraga sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur kita dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Itulah mengapa malam hari juga disebut sebagai waktu terbaik untuk olahraga.

    Tak hanya itu, di waktu tersebut, tubuh juga berada di titik yang cocok untuk latihan high-intensity interval training (HIIT). Selain itu, Anda juga bisa memilih berolahraga lain seperti jogging atau jalan cepat untuk meningkatkan detak jantung.

Lalu, Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Dari ketiga daftar waktu di atas, manakah yang termasuk dalam waktu terbaik? Sebenarnya, sampai saat ini tidak ada penelitian atas keterangan ilmiah yang menyebutkan bahwa ada waktu khusus untuk olahraga.

Memang banyak yang menyebutkan bahwa pagi hari adalah yang terbaik. Tapi, ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan oberlahraga pada malam hari, meningkatnya kualitas tidur salah satunya.

Jadi, untuk memilih waktu yang tepat, bisa disesuaikan dengan khasiat khusus yang ingin Anda dapatkan atau kondisi waktu yang cocok buat Anda.

Misalnya, untuk menurunkan berat badan bisa memilih pagi hari sebelum sarapan. Tapi, kalau Anda termasuk orang yang sulit untuk tidur, bisa memilih waktu di malam hari karena khasiatnya yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Di samping waktu terbaik untuk olahraga, ada hal yang juga harus Anda tekankan yaitu konsistensi olahraga yang dilakukan. Menurut American Heart Association, hal yang menjadi kunci olahraga yang maksimal adalah konsistensi. Agar konsisten, Anda harus memilih olahraga yang menyenangkan atau membuatmu menjadi lebih termotivasi.

Baca juga: Apa sih Alat Gym yang Cocok Untuk Pemula?

Pilihan Jenis Olahraga di Rumah untuk Waktu Terbaik

Adanya pandemi ini mungkin membuatmu bingung harus memilih jenis olahraga seperti apa karena dilakukan di rumah terus menerus. Berikut jenis olahraga yang bisa Anda pilih dan lakukan di waktu terbaik tersebut.

  1. Jalan cepat atan naik turun tangga

    Jalan di sini tidak harus dilakukan di luar ruangan kok. Anda bisa ganti melakukan jalan cepat di  halaman atar koridor rumah. Agar lebih bervariasi, Anda bisa juga naik turun tangga sambil mendengarkan musik. Olahraga jenis ini fleksibel ya, bisa dilakukan pagi maupun malam hari.

  2. Push up

    Meskipun gerakan yang terkesan sederhana, jika dilakukan dengan benar push up bisa jadi olahraga yang cukup menguras tenaga lho. Tapi tetap, olahraga ini tergolong mudah karena bisa dilakukan tanpa bantuan alat.

    Meskipun push up baik dilakukan pagi hari, Anda masih bisa melakukannya di malam hari agar kualitas tidur jadi lebih baik.
    Wide arm push up

  3. Sit up

    Ingin membuat perut jadi lebih ramping? Sit up sangat dianjurkan. Sit up dinilai mampu membuat otot perut menjadi lebih kencang. Anda bisa melakukannya di saat pagi maupun malam hari.

  4. Yoga

    Olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh jadi lebih segar, yoga juga membantu untuk mengurangi stress dan rasa gelisah. Baik untuk kesehatan fisik maupun psikis.

Nah, setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk olahraga dan pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan, jangan lupa untuk melakukannya secara konsisten ya. Selain itu, perhatikan pula gaya hidup sehat dan asupan nutrisi yang seimbang. Selamat mencoba!

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang