Ketahui Postur Tubuh Ideal dan Jadwal Latihan

Bench dip untuk postur tubuh ideal

Tubuh manusia bisa berubah sewaktu-waktu tergantung aktivitas dan gaya hidupnya. Mungkin tahun ini Anda memiliki postur tubuh yang ideal karena sering latihan seperti latihan plyometric. Tapi bagaimana dengan tahun-tahun berikutnya?

Supaya lebih jelas tentang postur tubuh ideal dan plyometric workout, simak penjelasan lengkapnya berikut:

Mengetahui Postur Tubuh Ideal

Belakangan ini ada banyak sekali latihan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan bentuk badan ideal dengan cepat tanpa meninggalkan prinsip hidup sehat.

Lantas, sudahkah postur tubuh Anda bisa disebut ideal? Untuk mengetahui jawabannya, lakukan beberapa tes berikut ini:

  1. Tes pada bahu

    Cara pertama ini sangat sederhana karena dilakukan tanpa bantuan peralatan maupun orang lain. Yang perlu Anda lakukan cukup mengunci kedua tangan dan membawanya ke atas sampai siku tegak lurus.

    Ketika melakukan gerakan tersebut, apa yang Anda rasakan? Postur tubuh bisa disebut kurang ideal jika Anda merasakan sakit pada bahu kiri atau kanan.

    Masih dengan posisi tangan yang sama, arahkan tangan ke belakang kemudian merentangkannya selama beberapa detik. Apakah anggota tubuh Anda ada yang terasa nyeri? Jika ada yang terasa sakit, tandanya postur tubuh Anda perlu melakukan latihan untuk memperbaiki posturnya.

  2. Foto tubuh Anda

    Untuk melakukan cara ini, Anda butuh bantuan dari seorang teman dan alat bantu yakni kamera. Hasil foto dari kamera akan menunjukkan apakah postur tubuh tubuh Anda baik atau justru kebalikannya.

    Agar hasilnya 100% akurat dan tidak dibuat-buat, sampaikan pada teman untuk mengambil foto candid Anda dalam posisi berdiri. Setelah mendapatkan hasil fotonya, perhatikan secara saksama.

    Ciri postur tubuh yang kurang baik adalah bagian punggung dan bahu terlihat membungkuk. Jika pada foto Anda tersebut menampilkan ciri-ciri tersebut, ini berarti Anda butuh latihan untuk memperbaiki postur tubuh.

Macam-macam Workout untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Sebenarnya untuk mendapatkan postur tubuh yang bagus dan ideal tidak menghabiskan biaya yang mahal. Ada banyak macam-macam latihan yang bisa membantu Anda mewujudkan postur atau bentuk tubuh ideal.

  1. Postur tubuh ideal dengan Push Up

    Ada banyak sekali gerakan fitness yang bisa mengubah postur tubuh Anda menjadi lebih ideal seperti push up. Push up tidak hanya memberikan kontraksi terhadap otot tangan tapi juga merangsang kinerja otot lengan dan perut.

    Jenis-jenis push up pun sangat banyak yang mana bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan tubuh. Lakukan latihan push up secara teratur dengan durasi yang meningkat.

    Agar hasil latihan lebih optimal, imbangi juga dengan melakukan gerakan fitness lainnya yakni sit up, bridge maupun leg biceps.

  2. Latihan Kegel untuk postur tubuh ideal

    Latihan kegel punya banyak manfaat kesehatan termasuk memperbaiki postur tubuh. Cara melakukan latihan ini pun sangat mudah bisa Anda pelajari langsung dari instruktur atau menyimak tutorial berikut.

    Untuk melakukan gerakan kegel Anda harus mengambil sikap tubuh berbaring. Berbaringlah senyaman mungkin di atas matras yoga dan tekuk kaki Anda.

    Perlahan-lahan angkat pinggul ke atas lalu buka tutup paha Anda sebelum menurunkan pinggul. Lakukan terus gerakan kegel ini selama beberapa kali.

    Selain gerakan dalam posisi berbaring, masih banyak gerakan kegel lainnya yang bisa Anda pelajari. Pilih macam-macam gerakan kegel paling sederhana baru imbangi dengan gerakan yang lebih sulit.

  3. Olahraga TRX

    TRX adalah singkatan dari Total Resistance Exercises. Olahraga ini melatih kekuatan seluruh tubuh dengan memanfaatkan beban tubuh tanpa menggunakan alat seperti barbel dan lainnya.

    Selain bermanfaat untuk perbaiki postur tubuh, olahraga TRX juga bagus untuk melatih ketahanan tubuh, kelenturan tubuh dan sebagainya.

    Olahraga TRX bagi pemula baiknya didukung oleh instruktur berpengalaman. Mengapa? Latihan ini termasuk latihan berat yang butuh penyesuaian kondisi tubuh jadi tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

  4. Latihan Plyometric

    Sejumlah orang lebih suka menyebutnya sebagai jump training. Latihan ini dilakukan dengan koordinasi gerakan melompat ke atas sebuah pijakan seperti boks. Latihan lompat tali juga bisa disebut sebagai plyometric.

    Bisakah latihan ini membentuk postur tubuh yang bagus? Pada hakikatnya, plyometricberfungsi untuk melatih kekuatan otot kaki namun dalam pelaksanaannya latihan ini juga melatih koordinasi dan keseimbangan.

    Hampir sama seperti olahraga TRX, latihan ini tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula. Meskipun terkesan mudah dan simpel, plyometricadalah latihan dengan dampak yang sangat besar. Mereka yang belum siap melakukan latihan ini akan mudah mengalami cedera.

    Skipping latihan pylometric

  5. Olahraga Barre untuk menjaga postur tubuh ideal

    Dan model olahraga lainnya yang baik untuk memperoleh postur tubuh ideal adalah olahraga barre. Olahraga ini mengkombinasikan gerakan balet dengan kardio, pilates maupun yoga. Tidak heran jika seluruh pesertanya diwajibkan untuk memanfaatkan ballet barreda atau sepatu tutu.

    Selain bagus untuk membentuk tubuh ideal, olahraga barre juga bagus untuk ibu hamil. Latihan ini termasuk latihan dengan dampak ringan jadi bisa dilakukan oleh siapa saja.

    Baca juga: Urutan Latihan Fitness yang Benar

Mengenal Pre Workout

Bicara tentang pre workout kebanyakan orang membahas mengenai makanan yang seharusnya dikonsumsi sebelum berolahraga. Faktanya, selain makanan banyak kebiasaan lain yang perlu seseorang lakukan untuk memperolah manfaat olahraga secara optimal.

  1. Istirahat Harus Cukup

    Olahraga mengeluarkan banyak keringat dan membutuhkan banyak tenaga. Bayangkan jika seseorang melakukan kardio padahal kondisi tubuhnya tidak sedang bugar? Bukannya mendapatkan tubuh sehat bisa jadi Anda akan jatuh sakit.

    Agar kondisi tubuh siap dan bugar sebelum olahraga, istirahatlah secukupnya. Orang dewasa wajib tidur selama 8 jam setiap harinya. Bila tidak melakukan kegiatan yang penting baiknya manfaatkan jam tidur untuk beristirahat.

  2. Melakukan Warming Up

    Sebelum berolahraga lakukan warming up untuk menyiapkan otot dan sendi Anda. Baiknya, cobalah beberapa gerakan warming up yang merangsang keseluruhan otot dan sendi tubuh.

    Jadi setelah melakukan gerakan pemanasan pada kaki lanjutkan ke gerakan pemanasan kepala atau tangan. Contek contoh gerakan warming up yang benar dari internet atau video tutorial.
    Baca juga: Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga
    Stretching hand

  3. Konsumsi Suplemen

    Tahukah Anda jika ada banyak sekali pilihan vitamin atau suplemen pre workout terbaik? Mengkonsumsi suplemen bagus untuk menambah energi dan konsentrasi selama berolahraga.

    Mengapa? Di dalam suplemen terdapat asam amino juga kafein yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Ada pun waktu terbaik mengkonsumsi suplemen adalah setengah jam atau 30 menit sebelum memulai latihan.

  4. Konsumsi Makanan Pre Workout Terbaik

    Selain mendapatan nutrisi dari suplemen tubuh, Anda juga perlu mencerna makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang perlu Anda konsumsi pun tidak harus makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

    Mengkonsumsi camilan pre workout juga bagus untuk olahraga. Anda hanya perlu memilih bahan makanan yang bagus dan baik untuk menunjang aktivitas berolahraga.  Apa saja jenis makanan pre workout terbaik?

    1. Yoghurt dan Buah

      Secangkir greek yoghurt mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Agar tidak bosan dengan rasanya, Anda bisa menambahkan irisan buah-buahan segar seperti buah stroberi, blueberry dan sebagainya.

    2. Oatmeal dan Buah

      Makanan pre workout terbaik lainnya adalah campuran oatmeal dengan buah. Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan susu rendah lemak pada oatmeal. Jenis makanan ini tidak hanya menyehatkan tapi juga mengenyangkan.

    3. Potongan Apel Dengan Selai Kacang

      Dan objek makanan terakhir yang rutin dikonsumsi sebelum olahraga adalah irisan buah apel yang dicelupkan pada selai kacang. Makanan ini mungkin tidak biasa bagi beberapa orang tapi ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Agar hasilnya optimal tambahkan sedikit biji-bijian seperti chia seed.
      Quinoa

  5. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

    Usai memastikan nutrisi tubuh terpenuhi baik dari suplemen atau makanan pre workout terbaik langkah selanjutnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan mengembalikan stamina atau kekuatan tubuh yang hilang saat berolahraga sehingga tidak mudah lelah.

Jadwal Latihan Gym Ideal

Sebelumnya kita sudah mengupas tuntas mengenai plyometricdan bagaimana cara memperbaiki postur tubuh agar selalu ideal. Lebih lanjut lagi perhatikan beberapa tips membuat jadwal latihan fitness ideal di bawah ini:

  1. Buat Latihan Prioritas

    Sebelum membuat jadwal latihan gym secara lengkap, pastikan Anda sudah mengetahui latihan apa yang ingin dilakukan. Prioritaskan latihan yang bagus untuk kesehatan badan Anda dan sesuaikan dengan rekaman medis jika Anda memilikinya.

    Contohnya jika Anda memiliki perut buncit, maka prioritaskan untuk melakukan latihan gym yang bagus untuk merampingkan lingkar pinggang. Bila perut sudah menjadi lebih langsing baru lakukan latihan untuk tujuan lainnya.

  2. Tentukan Durasi

    Bila memungkinkan dengan jadwal pekerjaan alangkah baiknya Anda berolahraga sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu. Olahraga ini akan membuat tubuh Anda lebih terbiasa dengan berbagai gerakan latihannya.

    Selain membuat durasi harian latihan buat juga durasi latihannya. Berapa lama Anda sebaiknya berlatih dalam satu hari?

  3. Pilih Model Latihan Gym

    Selain fokus pada jadwal latihan gym baiknya Anda fokus juga dengan model atau jenis latihannya. Di gym center, tersedia berbagai macam alat bantu latihan yang bisa melatih kekuatan fisik Anda.

    Untuk hasil berimbang kami anjurkan Anda melakukan latihan gym yang mampu merangsang banyak otot dalam satu kesempatan.

  4. Buat Jadwal Secara Terperinci

    Dalam satu pekan jika memungkinkan jadikanlah Senin, Rabu dan Jumat sebagai jadwal latihan gym Anda. Tandanya, selain hari itu Anda bisa beristirahat atau melakukan kegiatan positif lainnya.

    Contohnya Senin adalah latihan kombinasi antara otot kaki, otot dada, otot perut sekaligus otot trisep. Maka pastikan untuk melatih otot lainnya pada Rabu agar semua bagian otot tubuh terangsang dengan baik dan maksimal. Pastikan jadwal latihan gym ini dilaksanakan secara konsisten.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai latihan plyometric, jadwal gym dan beberapa tips lainnya. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin memulai olahraga saat ini juga.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang