Latihan Sirkuit Bentuk Tubuh Ideal

Latihan sirkuit

Circuit Training: Mengetahui Pengertian, Manfaat, dan Jenis Latihan Circuit Training

Circuit Training atau dikenal juga dengan latihan sirkuit bisa menjadi salah satu solusi dari kebugaran tubuh Anda di masa pandemi seperti saat ini. Anda bisa mengikuti program latihan yang Anda buat sendiri atau mengikuti latihan yang akan kami bahas di bawah ini.

Pengertian Circuit Training

Circuit Training disebut juga sebagai latihan sirkuit. Olahraga ini merupakan rangkuman dari beberapa gerakan, yang kemudian dibagi menjadi beberapa pos berbeda, sehingga membentuk layaknya sebuah sirkuit.

Circuit Training dipandang sebagai aktivitas yang multifungsi, sebab di dalamnya terdiri dari berbagai jenis olahraga yang berbeda.

Bagian tubuh yang bekerja merespon olahraga ini juga bukan hanya beberapa bagian saja, melainkan seluruhnya secara merata.

Tiap pos olahraga yang ada dalam Circuit Training memiliki fungsi masing-masing, yang berkesinambungan satu sama lain. Mulai dari fungsi peningkatan kecepatan, kelenturan otot, stamina, hingga menggenjot kardio.

Selain itu, latihan sirkuit juga menyasar kebugaran, kekuatan, dan mobilitas tubuh. Karenanya latihan ini banyak diadopsi oleh binaragawan dan atlet, sebab dapat membantu memberikan pelatihan dasar yang mumpuni.

Circuit Training yang tepat dilakukan dengan interval dan intensitas yang bertahap. Begitu juga dengan penggunaan dan penambahan beban untuk menambah efektivitasnya.

Baca juga: Yuk Kenali Lebih Dalam Apa Itu Strength Training!

Jenis latihan Circuit Training

Terdapat beberapa pos olahraga berbeda yang ada dalam Circuit Training, yaitu sidelift, plank, lunge, squat, jumping jacks, crunch dan push up.

  1. Latihan sirkuit: Side lift

    Side lift merupakan olahraga yang berguna untuk membentuk postur tubuh ideal, sekaligus melatih keseimbangan. Side lift juga kerap diunggulkan untuk membantu meningatkan fleksibilitas dan membakar kalori tubuh.

  2. Latihan sirkuit: Plank

    Olahraga yang satu ini merupakan primadona dalam membentuk perut yang rata dan kencang. Tak mengherankan jika plank dijadikan sebagai salah satu menu wajib dalam program diet. Tak hanya itu, gerakan plank juga efektif untuk membentuk otot bagian lengan, kaki, bahu, dan punggung.

  3. Latihan sirkuit: Lunges

    Sama seperti gerakan side lift dan plank, lunges juga menjadikan tubuh sebagai beban utama dalam latihan. Gerakannya mengharuskan Anda untuk menekuk bagian kaki hingga membentuk siku-siku.

    Bagian kiri dan kanan kemudian ditekuk secara bergantian, dengan kecepatan yang terus ditingkatkan. Olahraga ini diketahui baik untuk meningkatkan fungsi otot punggung, paha dan betis.

  4. Latihan sirkuit: Squat

    Gerakan yang terdapat dalam squat didesain untuk melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh bagian bawah.

    Secara garis besarnya, gerakan squat mampu menjadi booster untuk bagian betis, paha, dan tungkai. Gerakan squat juga termasuk dalam latihan yang efektif dalam menghilangkan lapisan lemak.

  5. Latihan sirkuit: Jumping jacks

    Gerakan lainnya yang dinilai cukup baik untuk melatih keseimbangan dan pembakaran lemak tubuh adalah jumping jacks. Latihan ini mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan melompat sekaligus membuka dan menutup kaki serta tangan di saat yang bersamaan.

    Selain dua fungsi utama tadi, jumping jacks juga diketahui efektif untuk melatih tubuh bagian paha, betis, dan lengan.

  6. Push up

    Sebagai salah satu gerakan yang paling umum dalam latihan fisik, push up memang ampuh dalam membentuk tubuh secara simultan. Dalam sekali gerakannya push up mampu memberikan efek baik untuk bagian tubuh belakang, keseluruhan lengan, dan kaki.

    Dumbbell push up
    Cek juga: RUBBER HEX DUMBBELL

  7. Abdominal Crunch

    Selain plank, abdominal crunch juga diketahui memiliki manfaat yang terbukti berhasil untuk menghasilkan tubuh ideal. Gerakannya dilakukan dengan menarik tubuh ke arah dalam, hingga bagian perut tertekuk maksimal.

    Manfaat lain dari abdominal crunch adalah perbaikan postur dan meringankan keluhan di bagian punggung.

Manfaat Circuit Training

Olahraga Circuit Training bisa dilabeli sebagai latihan yang multiguna. Berikut adalah fungsi utama yang bisa Anda dapatkan dengan latihan yang konsisten.

  1. Alternatif kardio bagi penderita penyakit jantung

    Memiliki jantung berkondisi istimewa memang menjadi catatan yang serius. Anda harus menentukan jenis latihan fisik yang bermanfaat, namun tak membuat kerja jantung menjadi kepayahan.

    Dalam kasus ini, Circuit Training terbukti mampu bersahabat dengan kondisi tersebut. Latihan secara konsisten ternyata bisa membantu meningkatkan daya tahan jantung, sekaligus memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

  2. Meningkatkan kecepatan dan kelincahan tubuh

    Jika memperhatikan jenis latihan Circuit Training, Anda akan menemukan perpaduan antara gerakan aktif dan pasif di dalamnya. Penggabungan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kelincahan serta kecepatan tubuh.

    Misalnya saja melalui gerakan melompat, berpindah posisi, menahan bobot tubuh, hingga melakukan gerakan beragam di saat yang bersamaan.

    Cek juga: X7 FUNCTIONAL TRAINER

  3. Menstimulasi otot

    Gerakan Circuit Training bertipe ringkas dan padat. Dalam sekali latihan, tubuh sudah mampu menerima sinyal positif secara menyeluruh.

    Efeknya adalah bagian otot yang lebih prima, sebab berhasil beradaptasi dengan jenis gerakan baru. Secara jangka panjang otot Anda akan menjadi lebih kuat, lentur, dan memperkuat sistem imun sehingga tidak gampang sakit.

    Side Plank

  4. Mengembangkan stamina

    Efek yang terakhir ini sepertinya menjadi yang paling cepat Anda rasakan. Penambahan stamina akan langsung terlihat dalam satu hingga tiga latihan pertama.

    Tubuh Anda akan beradaptasi dengan cepat, dan menerima sinyal olahraga sebagai kebiasaan yang baru. Oleh sebab itu, tubuh akan lebih berenergi dan tak mudah kewalahan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, manfaat dan jenis latihan Circuit Training. Manfaat yang didapatkan dari latihan sirkuit tidak bisa didapatkan secara instan, melainkan harus digodok secara terus-menerus dan diimbangi dengan gaya hidup yang tepat dan sehat.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang