Manfaat dan Cara Latihan Squat Jump

Manfaat squat jump

Latihan squat jump disebut juga sebagai lompat jongkok. Latihan ini kerap digunakan sebagai gerakan dasar dalam olahraga rutin, sebab tahapannya mudah untuk dilakukan namun sarat akan manfaat.

Karena diposisikan sebagai gerakan dasar, squat jump cocok dilakukan oleh para professional maupun pemula dalam latihan. Kendati sudah familiar, masih banyak yang masih belum benar-benar memahami bagaimana cara melakukan dan manfaat squat jump.

Manfaat Squat Jump

Latihan squat jump cukup sederhana sebab tak memerlukan alat bantu, juga tak membutuhkan tempat yang luas. Oleh sebab itu olahraga ini bisa menjadi alternatif latihan bagi siapa saja, dalam momen apa saja bahkan di waktu sibuk sekalipun.

Demi menambah semangat Anda dalam berolahraga squat jump, berikut adalah manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari latihan ini.

  1. Menurunkan kadar lemak dan kalori tubuh

    Bagaikan kecil-kecil cabai rawit, gerakan squat jump terbukti ampuh dalam membantu menurunkan kadar lemak dan kalori dalam tubuh. Misalnya saja dalam intensitas latihan yang dilakukan sebanyak 30 kali, sudah mampu menghilangkan sebanyak 100 kalori.

    Bagi Anda yang berencana untuk menjalankan program olahraga untuk diet, squat jump wajib dimasukkan dalam menu latihan.

    Kendati demikian, efektifitas squat jump juga tergantung dari bobot tubuh dan konsistensi pelaksanaannya. Semakin disiplin dan rajin, maka kadar kalori yang terbakar akan terus meningkat.

    Begitu juga jika Anda hanya melakukan latihan ini hanya sekali, maka pembakaran kalori tak akan terlaksana dengan maksimal.

  2. Mengencangkan tubuh

    Manfaat squat jump berikutnya adalah pengencangan bagian tubuh. Dalam sekali gerakan, tubuh bereaksi di beberapa titik vital, seperti bokong, betis, tapak kaki, dan perut.

    Hal ini didapatkan dari rangsangan tingkat tinggi ketika tubuh berada dalam posisi duduk dan melompat dalam waktu yang sangat cepat. Tak mengherankan jika latihan ini didapuk sebagai salah satu rumus dalam membentuk tubuh yang ideal.

    Keahlian olahraga ini sesungguhnya dapat dilihat dari kecepatan gerakannya. Para pemula umumnya masih mengalami kesulitan untuk gesit dalam melompat dan kembali dalam posisi duduk secara seimbang.

    Baca juga: 7 Program Full Body Workout yang Menyenangkan

  3. Menjaga keseimbangan dan mobilitas

    Keseimbangan dan mobilitas tubuh umumnya akan terus menurun sesuai dengan pertambahan usia. Namun, hal ini bisa dicegah dengan melakukan squat jump secara teratur.

    Latihan ini terbukti mampu memberikan rangsang pada bagian tubuh, sehingga bisa menjaga keseimbangannya. Gerakannya yang berpindah posisi secara gesit dan berulang juga mampu meningkatkan mobilitas.

    Dua hal ini menjadi unsur penting, yang menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Tanpa keseimbangan dan mobilitas tubuh yang prima, Anda rentan terhadap performa fisik yang rendah.

    Barbell Squat woman

  4. Meningkatkan ketahanan stamina

    Bagi Anda yang rutin melakukan latihan squat jump, pasti akan merasakan perubahan pada tubuh secara signifikan. Yang awalnya mudah lelah dan terasa loyo, menjadi lebih bugar dan bersemangat.

    Efek baik ini merupakan hasil akhir dari peningkatan sirkulasi darah dan penggunaan oksigen yang maksimal oleh tubuh.

    Kendati demikian, repetisi latihan harus tetap dilakukan secara bertahap, agar tidak memaksakan tubuh dan meningkatkan kemungkinan cedera.

  5. Menurunkan kemungkinan diabetes

    Manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari latihan squat jump adalah menurunnya kemungkinan tubuh terkena diabetes. Latihan ini memang terbukti mampu meningkatkan penyebaran glukosa dalam tubuh, sekaligus meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

    Dalam jangka panjang, tubuh akan menjadi lebih adaptif terhadap penggunaan gula, dan lebih peka akan ransangan insulin.

  6. Menghindarkan dari cedera olahraga

    Terdapat dua penyebab umum yang bisa mengakibatkan robeknya ligamen pada otot, yaitu intensitas fisik yang terlalu tinggi dan teknik olahraga yang keliru.

    Kedua hal ini sangat mungkin untuk diminalisasi dengan squat jump yang rutin. Gerakan lompat jongkok yang dilakukan dengan rutin terbukti mampu melatih tiga bagian penting tubuh, yaitu otot, tulang, ligament dan tendon.

    Cek juga: X7 FUNCTIONAL TRAINER

Cara Latihan Squat Jump

Manfaat dari squat jump hanya bisa Anda rasakan jika pelaksanaannya dilakukan dengan teknik yang tepat, dan konsistensi yang baik.

Berikut adalah tahapan melakukan squat jump yang benar.

  1. Posisi tubuh

    Posisi tubuh yang tepat untuk mengawali latihan squat jump adalah dengan berdiri dengan kaki yang sejajar dengan lebar bahu. Tubuh berada dalam kondisi yang tegap namun tetap rileks, dengan kedua tangan berada di samping.

  2. Tekuk lutut

    Tahapan yang kedua adalah menekuk bagian lutut secara maksimal. Gerakan ini bisa dilakukan secara lambat di awal-awal latihan, agar tubuh dapat beradaptasi dengan baik.

  3. Dorongan ke atas

    Setelah berada dalam posisi jongkok sempurna, gunakan tubuh di bagian paha, bokong, dan punggung untuk mengangkat tubuh ke atas diiringi dengan lompatan. Lakukan sampai kaki dapat direntangkan secara sempurna, dan berada beberapa sentimeter dari lantai.

    Squat

  4. Menurunkan badan

    Gerakan selanjutnya adalah melakukan pendaratan dengan tubuh bagian bawah yang meliputi tapak kaki, betis dan juga paha. Pada tahapan ini, penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan, agar pendaratan bisa dilakukan dengan kedua kaki.

    Ulangi gerakan ini berkali-kali dengan kecepatan yang terus ditingkatkan. Lebih lengkapnya, bisa Anda lihat pada video di sini.

Itulah pembahasan lengkap mengenai manfaat dan cara latihan squat jump. Gerakan squat jump memang terbilang sederhana, namun manfaatnya sangat baik bagi tubuh. Syaratnya adalah harus dilakukan dengan teknik yang sempurna, dan intensitas yang konsisten.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang