Pengertian Chest Press, Manfaat, dan Latihannya

Mereka yang sering berolahraga di fitness center mengenal dengan baik pengertian chest pressChest press merupakan latihan level menengah yang menargetkan empat jenis otot.

Latihan ini berfungsi untuk mengembangkan otot badan bagian atas dan memberikan hasil maksimal. Untuk melakukan latihan ini, seseorang membutuhkan bantuan peralatan.

Selengkapnya mengenai pengertian chest press, manfaat, dan variasi latihannya akan kami bahas pada artikel ini.

Pengertian Chest Press

Bila diartikan secara sederhana, chest press merupakan latihan menggunakan peralatan tertentu yang bermanfaat untuk merangsang dan membentuk otot dada, otot bisep, otot deltoid dan juga otot trisep.

Sayangnya masih banyak yang keliru menganggap chest press dengan bench press adalah sama, karena keduanya memang fokus melatih otot lengan saja.

Saat melakukan latihan chest press seseorang harus mengaplikasikan teknik gerakan dengan benar. Chest press sendiri memiliki sejumlah variasi latihan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Variasi latihan dibedakan berdasarkan penggunaan peralatannya. Anda bisa memilih berlatih menggunakan barbel, dumbbell, dan alat lainnya.

Gerakan Chest Press

Inilah gerakan konvensional chest press yang wajib Anda ketahui:

Silakan berbaring pada flat bench dan pijakkan kaki Anda ke lantai dengan memberikan tekanan.

  • Posisikan tubuh berbaring senyaman mungkin dan pastikan bahu menempel sempurna pada flat bench.
  • Terima dumbbell dari instruktur dan pegang dalam posisi telapak tangah ke arah luar. Teknik lainnya Anda bisa memegang dumbbell sebelum mengambil posisi berbaring pada flat bench. Dumbbel diposisikan secara horizontal.
  • Atur napas. Tarik napas ketika Anda menurunkan dumbbell ke samping dada. Ketika melakukan gerakan ini posisi bahu harus tetap menempel pada bangku.
  • Lanjutkan latihan dengan mengangkat dumbbell ke atas sambil mengembuskan napas. Siku tidak harus tegak lurus ketika melakukannya.
  • Bila Anda sudah terbiasa melakukan latihan ini, silakan mencoba 2-3 set dengan satu setnya sebanyak 15 repetisi. Memilih berat Dumbbell untuk pemula
    Baca juga: Cara Fitness yang Benar untuk Pemula

Manfaat Chest Press

Usai memahami pengertian chest press, Anda juga sebaiknya memahami manfaatnya.

Sama seperti latihan lainnya, chest press juga memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan juga kebugaran tubuh.

Yuk intip manfaatnya berikut ini:

  1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

    Chest press merupakan jenis latihan yang menargetkan 4 jenis otot. Bila dilakukan secara rutin, chest press akan meningkatkan fungsi atau kekuatan tubuh terutama pada bagian atas.

    Dalam kehidupan sehari-hari, memiliki tubuh bagian atas yang kuat akan sangat membantu. Apalagi jika Anda terbiasa melakukan berbagai kegiatan seorang diri tanpa bantuan pasangan atau ART.

    Jenis kegiatan yang kami maksud meliputi mendorong kereta belanja atau mendorong furnitur yang berat.

  2. Memiliki Tulang Kuat

    Tulang kuat diidentikan dengan konsumsi susu, padahal berolahraga juga membantu meningkatkan kekuatan tulang. Salah satu latihannya adalah chest press.

    Melakukan chest press dengan teknik gerakan yang tepat akan membantu menguatkan tulang bagian atas.

    Tidak mengherankan jika mereka yang rajin chest press mampu melakukan berbagai pekerjaan berat dengan mudah termasuk mengangkat buku atau barang berat.

  3. Tubuh Menjadi Lebih Bugar

    Tubuh bugar dibentuk dengan kerja keras dan komitmen yang kuat. Selain melakukan latihan pada otot bahu, punggung, sayap dan otot kaki Anda juga bisa mencoba chest press untuk membentuk otot dada.

    Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, chest press tidak serta merta melatih otot dada saja. Gerakan chest press juga merangsang otot bisep dan trisep secara maksimal.

    Anda yang lengannya memiliki lemak berlebih juga menghilangkannya dengan latihan ini.

  4. Bisa Menjadi Latihan Pendukung Olaharga Lainnya

    Chest press bisa menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berolahraga. Seperti tenis, renang, dan bisbol.

    Anda yang menyukai salah satu atau ketiga olahraga tersebut bisa melakukannya 2 kali lebih baik setelah rutin chest press. Setidaknya tubuh tidak akan gampang lelah ketika berolahraga.

  5. Menambah Pesona dan Kepercayaan Diri

    Latihan chest press kerapkali disamaratakan dengan bench press karena teknik gerakannya yang hampir sama.

    Meskipun keduanya tidak sama namun untuk urusan manfaat, baik chest press dan bench press mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

    Latihan chest press akan membentuk otot bagian atas tubuh secara maksimal. Dada yang lembek akan menjadi lebih lebih kencang.

Cara membentuk otot dada

Variasi Latihan Chest Press

Latihan chest press hanya ada satu namun variasi latihannya sangat beragam. Anda yang ingin mengembangkan kekuatan otot dada dengan latihan ini, cermati macam-macam latihannya berikut ini:

  1. Incline Chest Press

    Pada latihan kali ini peralatan yang akan Anda gunakan adalah barbel.

    Siapkan flat bench dengan posisi 45 derajat. Silakan Anda bersandar pada bangku tersebut dengan posisi kaki di atas lantai.

    Pegang barbel dengan kedua tangan (posisi telapak tangan menghadap depan) dan secara perlahan-lahan angkat barbel ke arah dada.

    Lakukan gerakan incline chest press selama beberapa kali.

  2. Seated Chest Press

    Pada poin pembahasan pengertian chest press kami sedikit menjelaskan gerakan chest press konvensional. Namun, pada kesempatan kali ini teknik yang kami tawarkan adalah seated chest press menggunakan mesin chest press.

    Latihan ini bisa dicoba untuk berbagai kalangan, termasuk mereka yang masih pemula.

    Duduklah pada mesin chest press sementara kaki berada di lantai (posisi kaki harus sejajar dengan bahu). Silakan pegang gagang dan dorong ke arah luar (disaat melakukan gerakan ini pastikan posisi kepala tidak berubah).

    Ambil jeda selama beberapa detik dan kembalilah pada posisi awal. Lakukan latihan seated chest press selama beberapa kali setidaknya 10 repetisi.

  3. Cable Chest Press

    Untuk melakukan latihan ini Anda membutuhkan cable machine yang biasanya terdapat pada fitnes center.

    Berdirilah di depan mesin, kemudian pegang kabel dengan kedua tangan Anda. Tarik kabel perlahan-lahan ke depan dada hingga tangan lurus lalu kembalikan lagi kabelnya ke belakang. Cek videonya di sini.

    Lakukan latihan ini hingga beberapa kali atau sebelum tubuh Anda lelah.

    Variasi latihan ini sangat mudah bukan? Anda hanya perlu mengontrol kekuatan lengan dan tubuh bagian atas agar tetap stabil dan konsisten saat melakukan latihan.

  4. Plate-loaded Chest Press

    Mengetahui pengertian chest press tanpa mengenal variasi latihannya rasanya kurang pas. Variasi latihan terakhir yang Anda bisa lakukan di rumah adalah latihan berikut ini.

    Ambil posisi awal dengan duduk di mesin (posisi hendel harus sejajar dengan dada).

    Pegang dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar dan angkat hingga sejajar dengan wajah Anda. Langkah berikutnya, tarik hendel ke belakang hingga lengan Anda menekuk sempurna.

Itulah pengertian chest press yang bisa kami jelaskan pada Anda beserta informasi mengenai manfaat juga variasi latihannya. Lakukan latihan chest press dengan benar untuk hasil terbaik.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang