7 Program Full Body  Workout yang Menyenangkan

Shoulder back

Program full body workout saat ini tengah digandrungi oleh penggiat workout terutama yang ingin memiliki tubuh sehat dan berototot. Program full body workout dilakukan selama beberapa waktu hingga mencapai tujuan masing-masing.

Contohnya full body workout 7 hari yang tidak setiap hari dihabiskan dengan workout. Selang satu hari pasca full body workout, Anda bisa beristirahat secara penuh demi mengembalikan kekuatan tubuh dan otot. Hindari melakukan workout terus menerus tanpa henti dalam satu pekan.

7 Rekomendasi Program Full Body Workout

Saat ini, menemukan program latihan seluruh tubuh sangatlah mudah. Anda bisa mencarinya di internet atau diajarin oleh personal trainer.

Anda bisa menyewa jasa trainer untuk memperoleh bimbingan langsung atau membaca informasi dari berbagai sumber. Sedikit info tambahan dari kami, inilah sejumlah rekomendasi program latihan seluruh tubuh yang menyenangkan.

  1. Program Full Body Workout: Barbell bench press

    Latihan ini membutuhkan bantuan alat fitness yang tujuan utamanya adalah melatih otot dada, trisep, dan bahu. Gerakan barbell bench press dilakukan dalam posisi berbaring pada bangku sandaran dengan kedua kaki menekuk. Mintalah instruktur Anda untuk menyerahkan barbel pada posisi tangan yang tepat.

    Posisi kedua tangan harus memegang barbel di atas dada selanjutnya angkat beban ke atas dengan mengupayakan seluruh kekuatan otot dan turunkan lagi menuju dada. Latihan ini efektif membentuk otot dada secara signifikan namun harus diawasi oleh instruktur handal.

    Baca juga: MAGNUS CMB BENCH (COMMERCIAL MULTI BENCH)

  2. Program Full Body Workout: Barbell back squat

    Sudah pernah melakukan back squat sebelumnya? Apa pendapat Anda tentang barbell back squat?
    Bagi mereka yang rutin menjalankan program full body workout, latihan ini mungkin terasa sangat menyenangkan. Kami sarankan Anda melakukan latihan ini sebanyak 3-4 set dengan hitungan per set hingga 10 kali.

    Fungsi utama dari latihan ini adalah melatih kekuatan otot lengan sekaligus otot kaki. Mengapa demikian? Karena gerakan mengangkat barbel tidak hanya dilakukan oleh tangan saja, area kaki pun ikut bergerak ke atas dan ke bawah.

    Bent Over Barbells Row

  3. Program Full Body Workout: Pull up

    Adapun workout lainnya yang cocok untuk program latihan seluruh tubuh adalah pull up. Latihan ini membantu membentuk banyak otot tubuh termasuk otot bisep.

    Gerakan pull up sekilas tampak sederhana dan gampang, tapi sebetulnya membutuhkan koordinasi dan kekuatan yang stabil.
    Dengan menggunakan tiang pull up sebagai penopang tubuh, silakan Anda angkat tubuh ke atas sedikit demi sedikit.

    Mereka yang jarang berolahraga atau mengalami obesitas umumnya akan kesulitan melakukan gerakan pull up. Dibutuhkan latihan berkala agar seseorang handal dalam melakukan workout ini.

  4. Lying dumbbell hamstring curls

    Gerakan workout yang satu ini sangat unik dan cukup sederhana sehingga dapat diikuti dengan mudah oleh peserta wanita. Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus berbaring telungkup dengan kedua siku menekuk ke depan dan posisi dumbbell harus berada di antara kedua kaki.

    Apa otot yang terbentuk usai melakukan workout ini? Otot utama yang terbentuk adalah otot perut, punggung dan otot paha belakang. Lakukan latihan selama beberapa kali hingga Anda menguasai gerakannya kemudian tambah durasi untuk hasil workout maksimal.

    Dumbbell

    Cek juga: RUBBER HEX DUMBBELL

  5. Standing overhead press

    Setelah sebelumnya Anda berhasil melatih kekuatan otot bagian bawah tubuh melalui lying dumbbell hamstring curls, lanjutkanlah dengan standing overhead press. Workout ini bermanfaat untuk melatih otot trisep, anterior deltoid, dan sebagainya.

    Sama seperti program full body workout lainnya yang menggunakan beban berat, pastikan Anda melakukan gerakan standing overhead press dengan sempurna. Kesalahan gerakan dapat memicu penarikan pada otot yang berujung cedera.

    Baca juga: Mengenal gejala overtraining dan cara mengatasinya.

  6. Face pulls

    Sebelum sampai pada penghujung latihan, Anda bisa mencoba gerakan face pulls untuk melatih otot bagian punggung atau sayap. Face pulls tidak bisa dilakukan secara mandiri tanpa menggunakan tali fleksibel.

    Tariklah tari secara perlahan-lahan hingga menyentuh ujung kepala Anda. Lakukan gerakan face pulls berulang-ulang untuk hasil optimal. Ketika menarik tali pastikan otot punggung Anda kontraksi.

  7. Drag curls

    Bagian selanjutnya adalah latihan membentuk otot bisep dengan memanfaatkan bobot berat dari barbel. Alih-alih mengangkat barbell sampai ke atas, cobalah gerakkan siku Anda ke arah belakang. Agar otot tubuh tidak terkejut, baiknya pilih barbel dengan berat ringan.

    Anda bisa menyesuaikan berat barbel kembali setelah yakin beratnya sempurna dan bisa Anda atasi dengan baik. Lakukan latihan drag curls ini sebanyak 3-4 set dengan hitungan per set sebanyak 8-10 kali.

Tips Sebelum Memulai Program Full Body Workout

Banyak orang yang ingin memiliki tubuh atletis karena alasan keindahan. Sementara yang lainnya, tertarik memulai program membentuk seluruh tubuh untuk memperoleh otot yang kuat. Apa pun alasannya, perhatikan hal berikut sebelum mulai program full body workout:

  1. Ketahui batasan anda

    Full body workout membuat Anda menggunakan berbagai alat berat untuk memaksimalkan hasil latihan. Saran kami, daripada Anda memilih alat dengan beban berat pilihlah yang bebannya dapat Anda kontrol dengan baik.

    Usai memilih alat berat lanjutkan dengan memperbaiki postur. Postur sangat penting saat Anda mengikuti gerakan demi gerakan workout. Salah postur tidak hanya memperlambat perkembangan otot tapi juga beresiko tinggi mengakibatkan cedera.

    Phone at gym

  2. Buat tujuan workout yang tepat

    Dari pada mendorong tubuh untuk terus berolahraga tanpa henti dalam satu bulan akan lebih baik Anda melakukannya dengan perlahan dan realistis. Buatlah bagan tujuan workout dengan baik dan sempurna agar latihan Anda tidak berkahir sia-sia.

    Anda yang belum pernah melakukan program full body workout sebelumnya dapat meminta saran atau rekomendasi dari teman yang lebih profesional. Anda juga bisa memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki oleh personal trainer yang Anda sewa.

    Baca juga: Pengertian Chest Press dan Latihannya

  3. Workout secara konsisten

    Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah konsistensi. Keberhasilan program ini hanya bisa Anda petik ketika workout secara konsisten. Ironisnya, banyak orang yang hanya semangat di awal saja tapi cenderung kendor setelah memasuki waktu pertengahan atau akhir.

    Agar workout yang Anda lakukan tetap bisa konsisten, pastikan untuk selalu beristirahat penuh selang satu hari usai berolahraga. Beristirahat tanpa melakukan kegiatan berat akan mengambalikan kesehatan, mood dan mental Anda. Setelah rutin, tubuh Anda justru akan merasa aneh jika tidak workout.

Siap melakukan program full body workout? Dari semua jenis latihan yang telah kami rekomendasikan, mana yang sudah pernah Anda lakukan? Workout membutuhkan kesiapan mental dan fisik agar memberikan hasil maksimal. Pilih jenis workout yang Anda sukai dan imbangi dengan intensitas waktunya.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang