8 Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Aman

Cara memperbaiki postur tubuh

Jika Anda ingin mencari tahu cara memperbaiki postur tubuh yang aman, sebaiknya simak dulu artikel ini karena ada informasi penting untuk Anda.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki postur tubuh tegap, proporsional, dan tidak mudah sakit? Semua pasti ingin! Postur tubuh ideal tidak hanya membuat tubuh tampak lebih enak dilihat, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Lalu, bagaimana jika sudah merasa ada yang salah dengan postur tubuh diri sendiri? Tenang, kini sudah ada berbagai macam cara memperbaiki postur tubuh yang bisa Anda lakukan.

Tapi, apa sih sebenarnya penyebab dari postur tubuh yang kurang baik? Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, gali informasi lengkapnya di bawah ini!

4 Penyebab Postur Tubuh Kurang Baik

Sebelum mengetahui cara memperbaiki postur tubuh, baiknya ketahui dulu penyebab dari buruknya postur tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sering membungkuk

    Anda termasuk orang yang suka berdiri bungkuk atau duduk dengan bungkuk? Jika iya, hindari hal tersebut ya! Posisi tersebut akan membuat postur tubuh bagian atas menjadi tertekuk dan bentuk tubuh Anda tidak proporsional.

    Selain membuat rasa percaya diri menurun, tubuh yang membungkuk akan menyebabkan terganggunya masalah kesehatan. Mulai dari sakit pinggang, sakit punggung, bahu terasa kaku, dan sulitnya berdiri untuk waktu lama, dan lain sebagainya.

  2. Sering bersandar

    Bersandar miring memang membuat nyaman, apalagi jika dalam posisi landai dan dalam jangka waktu lama. Namun, tahukah Anda? Ternyata terlalu sering bersandar bisa menimbulkan efek negatif pada postur tubuh. Bersandar membuat otot tubuh bagian belakang nyeri dan terasa tegang. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, segera dihentikan ya!

  3. Bertumpu di satu kaki

    Posisi bertumpu di satu kaki memang kadang membuat nyaman. Tapi, hal itu tidak baik untuk postur tubuh. Bertumpu di kaki sebelah akan menitikberatkan salah satu otot bagian pinggul, pinggang, hingga bokong. Jika dibiarkan terlalu lama akan membuatnya mengalami gangguan.

  4. Memakai sepatu hak tinggi

    Wanita terkadang akan lebih nyaman dan percaya diri menggunakan sepatu hak tinggi. Namun, jika terlalu sering dan lama digunakan, hak tinggi akan membuat tumit, telapak kaki, dan pinggang terasa nyeri.

7 Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Aman

Lalu, bagaimanakah cara memperbaiki postur tubuh yang kurang baik? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Melakukan peregangan

    Saat Anda sudah merasa terlalu banyak membungkuk, maka lakukanlah peregangan. Ada penelitian yang mengatakan bahwa untuk membuat tubuh tetap lentur, maka peregangan adalah hal penting yang harus dilakukan.

    Misalnya Anda sudah duduk dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk bungun selama beberapa menit, kemudian lakukan peregangan, jalan-jalan, atau sekadar berdiri.
    Perbaiki postur tubuh

  2. Duduk tegak lurus

    Menurut seorang ahli nutritionist and physiologist, Rebecca Seguin, “Kalau memang harus bekerja dengan duduk di kursi, maka duduklah dengan benar, postur tubuh lurus dan tegak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melatih kedisiplinan, kebiasaan, dan melakukan latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh. Misalnya yoga dan pilates”.

    Jadi, meskipun Anda bekerja dengan cara duduk dalam waktu yang lama, pastikan duduk dengan posisi yang tepat ya. Hal ini bisa menjadi cara memperbaiki postur tubuh dengan aman.

  3. Lakukan latihan ringan

    Latihan ringan yang dilakukan secara rutin akan membuat postur tubuh kembali membaik. Misalnya: berbaring di lantai dan letakkan ke dua tangan melingkari kepala.

    Lakukan selama 2 atau 3 menit saja setiap pagi dan malam hari. Lakukan secara perlahan, hentikan jika sudah terasa sakit atau tidak nyaman.

  4. Latih kekuatan otot

    Otot merupakan bagian dasar yang membentuk postur tubuh. Tak hanya menjaga posisi tubuh, otot yang sehat juga bisa mencegah terjadinya urinary incontinence atau kondisi kehilangan kontrol kandung kemih. Sebenarnya sebagian besar olahraga bisa digunakan untuk melatih kekuatan otot.

    Beberapa di antaranya adalah pilates dan yoga. Kedua olahraga ini efektif untuk melatih kekuatan otot pinggul dan perut. Selain digunakan sebagai cara memperbaiki postur tubuh, kedua olahraga ini juga banyak digunakan untuk mengurangi stress, lho.

    Cek juga: FORCE USA F100 ALL IN ONE STRENGTH TRAINING

  5. Perhatikan kondisi tulang belakang

    Seiring berjalannya waktu, otot tulang belakang akan semakin melemah. Melemahnya otot tulang belakang lebih cepat terjadi pada wanita dibandingkan pria.

    Menjaga kondisi tulang belakang bisa dilakukan dengan cara rutin melatih kekuatan otot bagian ekstersor punggung, otot samping, fleksor leher, dan lainnya.

    Jika dirasa perlu, Anda bisa meminta bantuan pelatih profesional. Sebab, ketahanan tulang belakang ini merupakan hal penting untuk membuat tubuh bisa tegak berdiri tanpa rasa sakit.
    Massage Shoulder

  6. Terapkan gaya hidup, pola tidur, dan pola makan sehat

    Cara memperbaiki postur tubuh yang tak kalah penting ialah menerapkan gaya hidup, pola makan, dan pola tidur yang sehat. Pastikan tubuh untuk menerima nutrisi yang cukup, misalnya kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

    Kemudian, jangan lupa untuk menerapkan kualitas tidur yang baik. Misalnya, untuk orang dengan usia 18 sampai 64 tahun sebaiknya memiliki rentang tidur 7-9 jam per hari. Berbeda dengan remaja usia 14 sampai 17 tahun dengan rentang tidur lebih lama yaitu 8-10 jam per hari.

    Baca juga: Pola Makan Fitness untuk Nutrisi Otot

  7. Hindari posisi menyilangkan kaki terlalu lama

    Terkesan sepele, namun hal yang satu ini juga perlu dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh. Posisi tubuh yang baik adalah dengan membuat sejajar antara pundak dengan pinggul.

    Nah, posisi menyilangkan kaki yang dilakukan terlalu lama akan membuat tulang belakang dan tubuh bagian bawah menjadi kurang sempurna. Hindari menyilangkan kaki saat duduk untuk menghindari hal buruk ini terjadi.

  8. Memperhatikan cara berjalan

    Siapa sangka cara berjalan juga menjadi cara untuk memperbaiki postur tubuh? Cara berjalan yang benar akan membuat tubuh bisa melatih keseimbangan secara alami.

    Caranya ialah dengan berjalan dan letakkan beban tubuh berpusat di bagian depan kaki. Hindari bertumpu di bagian tumit karena akan membuat tubuh menjadi bungkuk.

Penting untuk mengetahui penyebab postur tubuh yang buruk agar Anda bisa menghindari untuk melakukan hal tersebut. Namun, jika sudah merasa postur tubuh kurang baik, gunakan 8 cara memperbaiki postur tubuh yang aman di atas.

Jangan lupa untuk melakukan tes kesehatan secara berkala untuk menghindari adanya masalah kesehatan yang lain. Semoga bermanfaat, ya!

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang