Kalori Defisit untuk Awal Tubuh Ideal

Triangle Pose

Sampai saat ini program penurunan berat badan merupakan salah satu yang paling diminati oleh masyarat Indonesia. Tak heran jika kemudian banyak inovasi yang terus dikembangkan, salah satunya adalah kalori defisit.

Diet kalori defisit dianggap memiliki keunggulan tersendiri, sebab tak hanya membantu menurunkan bobot, namun juga memberikan efek sehat bagi tubuh.

Apa itu Kalori Defisit?

Memiliki berat badan yang ideal memang memberikan banyak manfaat. Mulai dari turunnya resiko berbagai penyakit, ringan dibawa beraktifitas, tak mudah lelah dan ngos-ngosan, hingga menjadi pendukung dalam memaksimalkan penampilan.

Salah satu program diet yang diklaim sebagai solusi terbaik adalah defisit kalori. Para ahli menyebutkan program defisit kalori ini bukan hanya mengubah bentuk tubuh, melainkan memperbaiki juga pola hidup sehari-hari.

Tanpa disadari, Anda kerap mengonsumsi kalori harian melebihi batas yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan inilah yang kemudian disimpan dan ditumpuk untuk dijadikan sebagai energi cadangan. Namun jika terus dibiarkan, penumpukan kalori menjadikan tubuh menderita resiko kegemukan.

Cek juga: FORCE USA PT POWER RACK

Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan kelebihan kalori ini? Jawabannya adalah diet kalori defisit.

Program ini mengharuskan Anda untuk mengurangi calorie intake, yaitu menjadi lebih rendah dari kebutuhan tubuh sehari-hari.

Ketika kalori yang Anda konsumsi habis digunakan untuk beraktifitas, maka tubuh secara otomatis menggunakan kalori cadangan agar tetap beraktifitas secara normal. Sehingga kalori yang awalnya menumpuk akan secara perlahan terbakar dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Healthy breakfast

Cara Diet Kalori Defisit

Program diet dengan metode defisit kalori harus dilakukan berdasarkan perhitungan yang tepat. Hal ini berfungsi untuk mencegah tubuh kekurangan nutrisi dan menjadi rentan akan penyakit. Berikut adalah tata cara program diet dengan defisit kalori yang tepat.

  1. Mengetahui kebutuhan kalori harian

    Mengetahui kebutuhan harian kalori memudahkan Anda untuk menentukan persentase yang harus dihilangkan. Perhitungan ini sudah bisa dilakukan menggunakan aplikasi digital dan situs daring. Anda cukup memasukkan data berupa usia, jenis kelamin, berat badan terbaru dan jenis kegiatan fisik apa saja yang umumnya dilakoni.

    Data yang disepakati oleh para ahli mengindikasikan kebutuhan umum bagi laki-laki berada di angka 1500 kalori, sedangkan perempuan di angka 1200 kalori. Secara garis besarnya pelaksanaan defisit kalori merekomendasikan Anda untuk menurunkan asupan di angka 500 kalori per harinya.

    Penghitungan kebutuhan kalori harian ini wajib Anda lakukan demi menghindarkan tubuh dari malnutrisi. Beberapa gejala yang mungkin Anda rasakan ketika menderita gangguan ini adalah lemas, tidak bertenaga, pucat, tubuh tidak kuat melakukan aktifitas fisik, hingga dehidrasi dan anemia.

  2. Menentukan target bobot tubuh ideal

    Menentukan target bobot ideal penting untuk mengatrol pelaksanaan program diet Anda. Sehingga Anda memiliki tujuan dan batasan yang jelas untuk dicapai.

    Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat sudah sejauh mana progress diet yang sudah dilakukan. Tanpa ini, Anda akan kesulitan untuk menentukan kapan harus berhenti, dan sampai kapan diet harus dilanjutkan.

    Penghitungan bobot tubuh yang ideal ini bisa Anda lakukan menggunakan dua cara, yaitu rumus Bocra dan rumus Body Mass Index. Tenang saja, kedua perhitungan ini juga mudah Anda akses melalui ponsel dan situs daring.

    Baca juga: Cara Menghitung Body Mass Index

  3. Membatasi karbohidrat dan lemak

    Defisit kalori juga bisa dilakukan dengan pembatasan karbohidrat dan lemak, kemudian diganti dengan konsumsi protein. Protein berfungsi untuk menjadi zat pembangun yang manjur.

    Kehadirannya akan menjadi booster untuk proses pembakaran kalori dalam tubuh. Juga sebagai zat relaksasi yang membantu tubuh pulih dan bugar kembali.

    Untuk memudahkan tubuh dalam mencerna dan melakukan pembakaran kalori, Anda dianjurkan mengganti nasi dengan jenis karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh. Misalnya seperti gandum dan oat.

  4. Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik

    Faktor selanjutnya yang menentukan keberhasilan kalori defisit adalah tingkat hidrasi tubuh. Karenanya Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan secara rutin.

    Tubuh yang berada dalam status dehidrasi tak akan mampu melakukan pembakaran kalori dengan maksimal.

    Menjaga kadar cairan tubuh juga harus dibarengi dengan minimalisasi minuman bersoda dan beralkohol. Sebab kedua jenis minuman ini mengandung kadar kalori yang tinggi. Bisa-bisa diet Anda gagal karena sekaleng minuman bersoda.

    Hidrasi

  5. Mengonsumsi camilan sehat

    Bagi Anda yang gemar camilan, defisit kalori mungkin akan menjadi tantangan tersendiri. Namun jangan khawatir, sebab Anda masih bisa aktif nyamil dengan syarat diganti ke camilan sehat.

    Mulai dari kacang-kacangan dan buah-buahan. Selain membatasi asupan karbohidrat, kacang dan buah juga bisa menjadi alternatif serat bagi tubuh.

    Cek juga: MAGNUS CMB BENCH (COMMERCIAL MULTI BENCH)

  6. Melakukan olahraga rutin

    Agar pembakaran kalori dapat dilakukan dengan maksimal, Anda bisa mendukungnya dengan olahraga secara rutin. Selain membantu mempercepat metabolisme tubuh, olahraga juga berfungsi sebagai penjaga kebugaran dan stamina.

Itulah bahasan lengkap mengenai diet dengan metode defisit kalori. Bagi Anda yang baru memulai program ini, lakukanlah dengan perlahan dan tetap perhatikan respon tubuh.

Kunci dari keberhasilannya adalah penjagaan pola makan yang konsisten dan tidak memaksa tubuh untuk beradaptasi.

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang