Tubuh Fit dengan Cara Sederhana

Tubuh fit

Ketika sedang tidak enak badan, melakukan kegiatan apapun jadi tidak maksimal. Maka dari itu, Anda harus menjaga tubuh agar tetap fit dan bisa beraktivitas dengan baik. Tubuh fit bisa didapatkan dengan melakukan pola hidup sehat. Sudahkah Anda melakukan pola hidup sehat?

Sebenarnya untuk melakukan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahkan cara-cara yang bisa Anda lakukan bukan cara yang mahal, kok. Nah, untuk mengetahui caranya, simak informasi di bawah ini:

Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit

Sederet aktivitas padat tentu saja akan membuat Anda merasa lelah, sebab stamina Anda terkuras. Untuk menjaga tubuh tetap bersemangat, maka Anda perlu melakukan cara-cara yang akan kita bahas berikut ini:

  1. Tubuh Fit dengan Sarapan Pagi

    Waktu sarapan merupakan hal yang sangat penting, sehingga tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, tubuh fit sedikit banyak bisa didapatkan dengan sarapan pagi. Penelitian tersebut dilakukan pada atlet yang memang membutuhkan stamina dan dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

    Ternyata, sarapan dapat meningkatkan zat serotonin dalam tubuh dan zat tersebutlah yang dapat meningkatkan performa, konsentrasi, maupun daya ingat. Sarapan juga berfungsi sebagai pengisi energi bagi tubuh serta menyimpannya sebagai cadangan energi.

    Cek juga: FREE FORM R2000 ROWING MACHINE

  2. Tubuh Fit dengan Konsumsi Makanan Sehat

    Tubuh yang sehat tentu tidak bisa didapat apabila Anda tidak mengonsumsi makanan sehat. Nah, salah satu makanan sehat yang dapat membuat tubuh tetap kuat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang.

    Setiap porsi makanan sebaiknya terdapat protein, serat, dan karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh yang bisa membuat badan tetap strong.
    Red rice

    Pada proses pencernaan karbohidrat, nantinya ia akan berubah menjadi gula yang kemudian akan masuk dalam aliran darah. Setelah itu, kandungan gula tersebut akan berpindah ke setiap sel tubuh sehingga bisa memberikan tenaga pada tubuh Anda.

    Baca juga: Pola Makan Fitness untuk Nutrisi Otot

    Selain makanan yang mengandung karbohidrat, tentu saja Anda harus mengonsumsi makanan sehat lainnya guna memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda. Tubuh yang fit adalah tubuh dengan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi.

    Beberapa makanan sehat yang dapat Anda konsumsi secara rutin dan secukupnya adalah sebagai berikut:

    • Nasi merah.
    • Jagung.
    • Ubi jalar.
    • Buah-buahan.
    • Sayur-sayuran.
    • Oatmeal, dll.
  3. Tubuh Fit dengan Aktif Olahraga

    Jangan hanya fokus pada makanan saja, karena untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Nah, olahraga bisa Anda lakukan setelah makan. Namun, lebih baik pilihan olahraganya yang ringan-ringan saja.

    Menurut penelitian, olahraga yang dilakukan sebelum atau setelah sarapan adalah cara yang tepat untuk meningkatkan stamina terbaik sehingga tubuh akan tetap fit. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah seperti lari pagi, jumping jack, kemudian bodyweight squat, dan lainnya.

    Baca juga: Latihan Kekuatan Otot Perut Untuk Pemula

  4. Tubuh Fit dengan Cari Udara Segar

    Tubuh fit tidak hanya tentang persoalan asupan makanan dan olahraga, karena pikiran juga memengaruhinya. Oleh sebab itu, sesekali Anda harus mencari udara segar untuk menyegarkan pikiran. Luangkan waktu Anda untuk menikmati udara segar di luar ruangan agar bisa terhindar dari stress.

    Tidak ada salahnya jika waktu luang tersebut Anda gunakan untuk pergi rekreasi ke tempat teduh dan memiliki pemandangan pepohonan yang menyejukkan. Pasalnya, pemandangan tersebut akan menstimulasi otak untuk beristirahat dan dapat mengembalikan mood Anda.

  5. Rutin Minum Air Putih

    Anda pasti tahu bahwa air putih atau air mineral memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, dan salah satunya membuat tubuh tetap fit. Kebutuhan air dalam tubuh yang tercukupi akan membuat tubuh Anda tidak mudah lelah sepanjang hari.

    Minumlah setidaknya 8 gelas air atau 2 liter air putih setiap harinya agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dan Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Cara membuat daya tahan tubuh kuat ini sangat mudah dilakukan, akan tetapi banyak orang yang tidak mengindahkannya.
    Drinking water

  6. Tubuh Fit dengan Istirahat yang Cukup

    Membuat badan tetap segar tidak lepas dari yang namanya istirahat cukup, sehingga Anda wajib menyisihkan waktu untuk melakukannya. Untuk orang dewasa, pastikan Anda tidur malam 6 hingga 8 jam setiap harinya untuk menjaga kecukupan waktu istirahat Anda.

    Dilansir dari pubmed.ncbi, apabila seseorang kurang istirahat atau tidur, maka pertumbuhan hormon akan terganggu, sehingga juga akan berpengaruh pada stamina tubuh.

  7. Cukupi Kebutuhan Vitamin

    Kebutuhan vitamin menjadi salah satu faktor penting dalam membuat tubuh fit, sehingga wajib terpenuhi.

    Memenuhi kebutuhan vitamin dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah, sayur, maupun makanan lainnya. Selain itu juga bisa mengonsumsi vitamin dari suplemen yang sudah diracik sedemikian rupa untuk kesehatan tubuh Anda.

Ketujuh cara yang telah dibahas di atas merupakan cara jitu membuat tubuh fit. Cara-cara di atas juga sangat cocok dilakukan oleh Anda yang memiliki segudang aktivitas padat setiap harinya, agar stamina tetap terjaga.

Kalau tubuh dalam keadaan fit, tentu saja aktivitas yang Anda lakukan akan lebih maksimal lagi!

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang