Berapa Sih Ukuran Ruang yang Dibutuhkan untuk Home Gym?

Ukuran-ruang-yang-dibutuhkan-untuk-home-gym

Setelah memilih alat untuk home gym, teman-teman pastinya juga harus menyiapkan ruangan untuk menempatkan alat tersebut. Jangan bingung, kami akan bantu memberikan gambaran agar Anda bisa menentukan ukuran ruang untuk home gym yang dibutuhkan. Apalagi produk–produk all in one machine bisa dibilang sebagai alat yang ukurannya lumayan memakan tempat.

Lantas berapa sih ruangan ideal yang dibutuhkan untuk home gym? Yuk langsung saja kita ulas di bawah ini!

  1. Ukuran ruang untuk home gym: 2×3 m

    Ukuran luas ruangan ini merupakan opsi paling minim dan sifatnya bisa dikatakan terlalu pas. Kenapa terlalu pas? Lebar 2 m diperlukan untuk mengakomodir lebar dari All in One Machine atau Power Rack yang rata-rata memiliki ukuran 150-170 cm. Jadi jika Anda memiliki ruangan yang lebarnya kurang dari 2 m, tentu nantinya akan mempengaruhi kenyamanan Anda berlatih karena space yang terlalu ngepas.

    Selain itu, untuk panjangnya juga disarankan berukuran 3 m, karena panjang barbell dengan standar Olympic adalah 2.2 m, maka panjang 3 m adalah panjang yang ideal pada area home gym, agar saat Anda latihan, memasukkan, dan mencopot beban akan lebih leluasa.

    Begitu juga ketika latihan barbell, setiap sisi ujungnya tidak akan bersentuhan atau bersinggungan dengan dinding.

    Salah satu produk yang terbilang ekonomis dan cocok untuk ruangan dengan luas 2×3 m adalah Magnus Eco Rack Package  yang sudah lengkap dengan Adjustable Bench, Barbell dan juga Rubber Weight Plate.

    Kekurangan dari luas ruangan 2×3 m adalah ruang gerak yang sangat terbatas. Sebagai contoh untuk deadlift atau barbell bench press disarankan untuk melakukannya di dalam area rack, karena area di depan rack yang terbatas.

    Namun luas ruangan tersebut sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan home gym Anda, terutama apabila Anda adalah penyuka latihan strength training yang tidak terlalu perlu variasi latihan menggunakan dual pulley yang justru membutuhkan ruang lebih ketika menggunakan FTS dengan gerakan seperti cable crossover.

    Berikut adalah paket rekomendasi dan ilustrasi ruangan yang cocok untuk luas ruangan sebesar 2×3 m.

  2. Ukuran ruang untuk home gym: 3×3 m

    Pada ruangan 3×3 m Anda dapat lebih leluasa meletakkan alat dan bergerak saat latihan. Pada luas ruangan ini, Anda bisa fleksibel dalam menempatkan alat untuk berlatih.

    Selain adanya ruang tambahan pada area lebar ruangan, Anda bisa melakukan gerakan seperti deadlift atau bench press dengan lebih nyaman. Bahkan bagi Anda yang menyukai latihan seperti Olympic Lifting seperti snatch atau clean and jerkbisa melakukannya di ruangan berukuran 3×3 m ini.

    Dengan memiliki ruangan yang lebih luas, Anda punya opsi pilihan alat yang lebih beragam dan tak perlu khawatir untuk mengorbankan kenyamanan saat latihan.

    Sebagai contoh, alat yang bisa dijadikan pilihan untuk ruangan 3×3 m adalah All in One Machine seperti FORCE USA Monster G9 Package yang juga sudah dilengkapi dengan Adjustable Bench, Olympic Barbell dan Rubber Weight Set.

    Ruang berukuran 3×3 m ini merupakan luas ruangan yang paling kami rekomendasikan jika Anda ingin memiliki home gym, karena selain tidak terlalu banyak memakan tempat, tetapi juga tidak terlalu sempit. Dalam praktiknya Anda tidak akan menemui hambatan saat latihan.

    Berikut ilustrasi untuk ruangan home gym 3×3 m:

  3. Ruang ukuran 3×4 m

    Selanjutnya kita membahas ruangan dengan luas 3×4 m! Untuk luas ruangan ini, selain karena lebih luas dari ukuran-ukuran sebelumnya, kenyamanan yang bertambah, serta fleksibilitas pilihan alat pun akan bertambah.

    Bahkan pada ruangan dengan luas 3×4 m, Anda bisa memiliki home gym yang sangat nyaman dan lengkap, karena dapat menambahkan beberapa tambahan alat lainnya dengan luas ruangan sebesar ini.

    Sebagai contoh, alat yang kami rekomendasikan dengan luas berikut adalah FORCE USA Monster G12 Package  dan juga sebuah Treadmill seperti FreeForm F2000 atau pun alat kardio lainnya.

    Bukan hanya bisa latihan beban dengan nyaman, Anda juga bisa menambah variasi latihan dengan menambahkan alat kardio di rumah. Treadmill misalnya. Anda bisa mengkombinasikan latihan beban yang kemudian dilanjutkan dengan latihan kardio, sehingga tujuan fitness Anda akan lebih mudah tercapai!

    Yuk langsung aja check ilustrasinya di bawah ini :

  4. Ruang ukuran 3×5 m

    Yang terakhir adalah luas ruangan 3×5 m. Pada luas ruangan ini Anda bisa melakukan banyak untuk kebutuhan latihan. Bukan hanya angkat beban tapi juga kardio serta latihan pelengkap lainnya.

    Mulai dari All in One Machine, Treadmill, Gymnastic Ring, DB atau pun tambahan alat lainnya dapat diakomodir dalam ruangan seluas ini.

    Untuk ukuran 3×5 m pastinya Anda tidak perlu khawatir lagi, karena segala jenis latihan bisa dilakukan dan Anda bisa memilih alat yang lebih lengkap lagi fungsinya seperti  FORCE USA Monster G20 Package + FORCE USA G20 ALL IN ONE TRAINER LAT ROW STATION UPGRADE , FreeForm F2000 , Dumbbell, Kettlebell atau pun beberapa alat lainnya.

    Berikut ilustrasi ruangannya:

Nah, semoga dengan adanya artikel ini akan lebih membantu teman–teman dalam menentukan luas ruangan ideal yang cocok dengan kebutuhan dan ketersediaan ruangan pada rumah teman–teman. Bagi yang masih bingung dalam menentukan alat apa yang paling cocok, bisa langsung saja kontak tim sales Gymfitnessindo!

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang