7 Alat Fitness Untuk Mengecilkan Perut

Kesehatan merupakan masalah krusial yang baiknya diperhatikan oleh setiap orang. Masalahnya, tidak semua orang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan. Alih-alih berolahraga, mereka lebih suka menikmati makanan berlemak, pun lebih sering minum minuman bersoda dan lain sebagainya.

Akibatnya, lemak di tubuh semakin menumpuk dan menyebabkan perut buncit. Padahal perut buncit bukanlah ciri khas tubuh sehat. Selain itu, tentunya perut buncit juga akan mengurangi rasa kepercayaan diri Anda.

Agar perut kembali langsing dan rata seperti semula, kamu bisa melakukan latihan fisik dengan memanfaatkan alat fitness untuk mengecilkan perut seperti yang kami rekomendasikan berikut ini.

 

Coba 7 Alat Fitness Untuk Mengecilkan Perut Berikut

Punya impian untuk mengecilkan perut hanya dalam waktu singkat. Tentu tidak mustahil untuk mendapatkannya. Kamu cukup mengikuti beberapa gerakan berikut ini, tentu jika melakukannya dengan konsisten, kamu bakal mendapatkan perut rata sempurna idaman.

  1. Squat

    Kamu mungkin sudah pernah melakukan gerakan squat atau bahkan sering melakukannya di sela-sela olahraga. Squat untuk mengecilkan perut berbeda dengan squat biasa. Anda harus menambahkan beban berat dari dumbbell atau barbell untuk meningkatkan kinerja otot lengan dan perut.

    Baca juga: Tips Memilih Berat Dumbbell Untuk Pemula

    Gerakan squat yang dilakukan pun harus bervariasi, jangan hanya mencoba front squat saja. Lakukan juga back squat untuk membantu merangsang kinerja otot paha belakang.

    Saat melakukan satu gerakan squat, secara tidak langsung Kamu telah merangsang kinerja seluruh otot di dalam tubuh. Meski demikian, bagian otot yang bekerja lebih banyak dan sering adalah otot tubuh bawah mulai dari perut. Semakin sering melakukan squat maka semakin banyak pula jaringan otot yang aktif.

    Selain baik untuk pembakaran lemak, latihan squat akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Cocok sekali bagi Kamu yang sering sakit-sakitan, terutama ketika terjadi perubahan cuaca.

    Penggunaan barbell sebagai alat fitness untuk mengecilkan perut bisa Kamu mulai jika tubuhmu benar-benar sudah siap. Artinya, tubuh sudah mampu melakukan gerakan squat dengan lancar dan benar.

    Barbell atau dumbbell yang digunakan beratnya harus sesuai dengan kemampuanmu. Jangan memaksakan diri dengan langsung memakai barbell yang super berat untuk latihan pertama.

    Baca juga: Mengetahui Cara Angkat Barbel yang Baik dan Benar

  2. Bench Press

    Selain squat, latihan lainnya yang paling populer dan banyak direkomendasikan oleh instruktur fitness adalah Bench Press.

    Bench press diyakini tidak hanya mampu membakar lemak perut tapi juga baik untuk membentuk otot dada. Tidak beda jauh dengan squat, variasi latihan bench press juga sangat banyak. Sebut saja flat bench press yang berfungsi dengan baik untuk latihan otot dada tengah.

    Sementara itu, ada juga yang dikenal sebagai incline bench press untuk membantu mengencangkan otot dada atas.

    Aplikasi bench press akan semakin ideal bila Kamu mengaplikasikan alat fitness untuk mengecilkan perut seperti dumbbell atau barbell. Lakukan latihan bench press dengan posisi tangan yang memegang salah satu dari alat tersebut.

    Tidak hanya memperhatikan posisi barbell, Kamu juga harus memperhatikan postur tubuh ketika melakukan bench press. Tubuh harus tetap stabil supaya terhindar dari cidera otot. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemula untuk meminta arahan dari instruktur fitness selama berolahraga.

  3. Reverse Bent Over Row

    Mengaktifkan jaringan otot perut akan membantu membakar lemak di perut. Perut buncit yang mengganggu pun sedikit demi sedikit akan menghilang. Latihan terbaik untuk membentuk otot perut dan punggung dengan melakukan reverse bent over row. Banyak yang percaya jika latihan ini akan menjadi latihan penyelaras dari bench press yang sudah diterapkan.

    Gunakan juga barbell sebagai penunjang latihan.

    Saat berlatih reverse bent over row menggunakan barbell dan melakukan grip lebih lebar maka jaringan otot yang banyak bekerja adalah otot latismus dorsi. Sementara untuk latihan fisik dengan grip sempit, otot tubuh yang akan bekerja lebih banyak tidak lain adalah otot rhomboids.

  4. Deadlift

    Masih dengan barbell sebagai alat fitness penunjang untuk mengecilkan perut, lakukanlah gerakan deadlift. Anda bisa mengkombinasikan deadlift dengan latihan lainnya agar tidak cepat bosan.

    Selain mengaktifkan otot bagian bawah tubuh dan otot inti, latihan ini juga bekerja dengan sangat baik untuk membentuk otot bahu. Agar tubuh tidak cidera saat melakukan gerakan deadlift dengan barbell yang sangat berat, gunakan straps.

  5. Power Clean

    Bila latihan deadlift bukan jenis latihan yang Kamu inginkan, maka lakukan gerakan power clean ini. Bukan hanya mengaktifkan otot perut, gerakan power clean juga efektif untuk membentuk otot punggung, bokong, paha depan dan kaki.

    Tidak heran jika banyak instruktur olahraga yang menyarankan latihan power clean pada peserta yang berencana untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak perut.

    Latihan power clean bagi seorang pemula mungkin tampak sangat sulit dan menakutkan. Namun, bila diterapkan dengan gerakan yang benar dan maksimal maka power clean akan menjadi latihan olahraga yang sangat baik untuk mengecilkan perut.

    Jangan ragu untuk meminta bantuan instruktur bila melakukan kesalahan.

  6. Crunch

    Bila gerakan squat jump atau power clean dengan barbell akan membantu mengecilkan perut, maka latihan crunch akan memberikan pengalaman yang sama.

    Crunch merupakan gerakan sit up yang diaplikasikan bersamaan dengan barbell. Jadi saat melakukan gerakan sit up, tangan Kamu tidak kosong melainkan menggenggam barbell yang berat.

    Untuk mengakomodasi latihan ini, peralatan fitness yang Kamu butuhkan adalah matras dan barbell. Saat mencoba crunch, pastikan jika tubuh berada dalam kondisi telentang dan lutut ditekuk. Pegang barbell dan angkat ke atas, jangan lupa untuk turut mengangkat punggung juga kepala.

    Lakukan gerakan ini beberapa kali hingga Kamu rasa cukup. Menariknya, gerakan crunch juga bisa dilakukan di rumah. Yang perlu dipersiapkan adalah dua peralatan fitness yang telah disebutkan sebelumnya yakni matras dan barbell atau dumbbell.

  7. Russian Twist

    Latihan fitness terbaik yang turut membakar lemak, terutama lemak perut di samping dan atas adalah Russian twist.

    Alat fitness yang bisa Kamu gunakan untuk menunjang latihan ini cukup barbell atau dumbbell. Teknik latihannya hampir sama mudahnya dengan crunch.

    Pertama-tama ambil posisi duduk di atas matras dengan kedua tangan yang memegang sebuah barbell. Gerakan barbell ke arah kiri lalu ke sisi kanan, agar lebih mudah pastikan juga untuk memilih barbell yang kecil untuk melakukan latihan Russian twist ini.

    Untuk hasil yang sempurna di mana otot perut terbentuk dan lemak membandel menghilang. Lakukan Russian twist secara teratur. Minimal lakukan 12 kali dalam empat putaran. Kamu bisa melakukan kombinasi gerakan untuk membentuk jaringan otot lainnya.

Masing-masing latihan fitness memiliki titik kesulitan tersendiri. Dengan harapan memiliki tubuh yang sehat dan perut rata. Untuk itu, Kamu harus bisa menantang diri dengan mencobanya. Di atas telah disebutkan tujuh latihan fitness yang baik untuk membentuk otot perut sekaligus membakar lemak perut.

Jika ingin hasil yang positif, jangan ragu untuk mengkombinasikan latihan di atas dan melakukannya secara teratur. Bila masih ragu dengan gerakan yang benar, minta arahan dari instruktur fitness. Dan setelah menguasai gerakan demi gerakannya, Kamu bisa mencoba latihan fitness dengan alat fitness untuk mengecilkan perut entah itu barbell atau dumbbell.

Selamat mencoba!

Gym ProjectsMORE

We Open Pre Order

Dikarenakan oleh kondisi COVID-19 saat ini, terdapat lonjakan permintaan yang tidak terduga. Mayoritas stok di gudang kami pun sudah habis, namun terjadi keterlambatan dalam mengupdate stok di website.

Untuk mengetahui stok terbaru dan barang apa saja yang akan datang nanti, silahkan hubungi Sales Team melalui nomor yang tertera di website. Bagi Anda yang ingin pre-order silahkan cek link di bawah ini.

Kami mohon pengertian dari pelanggan kami terkait hal ini. Terima kasih!

PRE ORDER