Panduan Lengkap Memilih Alat Olahraga di Rumah

Alat Olahraga di Rumah

Mempunyai alat olahraga di rumah sendiri bisa dibilang merupakan salah satu investasi terbaik bagi kesehatan anda. Dengan adanya alat fitness sendiri di rumah, anda dapat berolahraga dengan lebih leluasa dan tentunya fleksibel dari sisi waktu.

Bayangkan saja dengan tingkat kemacetan di Jakarta atau kota besar lainnya. Berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk berkendara menuju lokasi pusat kebugaran (Commercial Gym)? Menghadapi kemacetan, mencari parkir (bila gym anda berada di mall), berganti pakaian di loker, dan lainnya.

Bila dihitung-hitung, anda mungkin membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tinggal dikalikan dua, karena harus menghitung waktu pulang setelah selesai dari gym.

Maka dari itu, dengan memiliki alat olahraga di rumah (Home Gym) dapat menghemat cukup banyak waktu anda.

Alasan lainnya adalah faktor ketidaknyamanan latihan di commercial gym. Mungkin banyak diantara anda yang mendapatkan perilaku tidak menyenangkan, atau judgement yang anda dapatkan ketika latihan anda sedikit berbeda dengan orang lain. Tentunya, masih banyak alasan lain yang membuat anda untuk memperhitungkan membuat Home Gym di rumah sendiri.

 

Memilih alat olahraga di rumah (home gym) yang tepat

Sangat penting untuk mengetahui alat olahraga apa saja yang tepat untuk Anda. GymFitnessIndo sering kali mendapat pertanyaan dari customer untuk membantu menjual kembali alat fitness yang mereka beli di toko lain, hal ini dikarenakan mereka tidak membeli alat yang essential sehingga sering kali berujung tidak digunakan sama sekali di home gym-nya.

GFI juga pernah membuat artikel yang membahas mengapa banyak orang menjual kembali alat fitnessnya, baca disini: Mengapa Banyak Orang Menjual Alat Fitness nya Kembali

Bila diibaratkan dengan menu makanan, umumnya menu makanan terbagi atas Main Course, Side Dish, Appetizer, dan Dessert.

Sama halnya dengan home gymbudget yang akan anda alokasikan dalam memilih alat olahraga fitness di rumah terlebih dahulu untuk Main Course dan Side Dish.

Setelahnya, bila masih ada budget, baru beralih dengan pilihan ‘menu’ Appetizer dan Dessert.

“Main Course” setidaknya harus meng-cover 90% dari latihan kita. Jadi, pertama sekali kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi gaya latihan yang akan sering dilatih.

Menarik, bukan? Mari kita bahas satu per satu!

  • Main Course

    Apapun tujuan anda berlatih, anda harus mengutamakan latihan compound exercise. Semua ahli fitness setuju bahwa compound exercise merupakan latihan yang terpenting untuk mencapai tujuan anda. Alat olahraga yang menjadi pilihan pertama anda adalah alat yang diperuntukkan untuk compound exercise.

    Sangat tidak bijak bila alat yang anda pilih seperti Cable Pulley, alat sit up, atau alat cardio. Untuk mengakomodasi latihan compound exercise ini, alat yang paling tepat anda pilih adalah Squat StandPower Rack, atau All in One Machine.

    Silahkan cek produk Power Rack kami

    Cek juga panduan: Bagaimana Cara Memilih Value Terbaik dari Power Rack / Squat Stand

  • Side Dish

    Side Dish adalah makanan pelengkap untuk Main Course. Walau begitu, peranannya tak kalah penting dengan Main Course. Anda sudah membeli peralatan olahraga utama, namun anda membutuhkan peralatan penunjang lainnya.

    Apa saja peralatan yang masuk dalam kategori ini? Tentu saja, plate beban, Adjustable, atau Flat Bench, Dumbell Set, dan Olympic Barbell.

    Baca juga panduan:

    Sebelum membeli, simak dulu cara memilih Barbel yang benar

    Apa itu Bumper Plates dan Apa Saja Tipenya

  • Dessert

    Okay! Anda sudah mempunyai Power Rack yang bagus, set barbell dan plates, serta adjustable bench. Peralatan ini sudah dapat meng-cover 90% latihan anda. Namun, bila anda masih memiliki budget dan ingin meningkatkan kapasitas home gym, apa yang harus anda beli?

    Pertama, anda harus mengetahui apa latihan yang anda sukai, namun tidak bisa dilakukan dengan peralatan yang sudah ada. Kebutuhan setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang suka melakukan tricep push down, ada yang suka pulldown, ada yang suka cable fly, atau bahkan ada yang sudah merasa cukup dengan squat, bench, dan deadlift.

    Mengapa dikatakan dessert? Karena biasanya anda akan melakukan jenis latihan dengan peralatan dessert ini setelah anda melakukan latihan utama pada main course. Pilihannya adalah cable pulley bagi anda yang menyukai latihan menggunakan cable, treadmill bagi anda yang suka Cardio, GHR atau Sit Up Bench bagi anda yang suka low back setelah latihan utama anda.

    Sebagai rekomendasi dari kami, FORCE USA Glute Ham Raise, merupakan alat yang cocok dan sangat efektif untuk melatih abs, core hamstring, glute, dan low back.

  • Appetizer

    Kini, alat fitness di rumah anda sudah dapat meng-cover 99% dari latihan anda. Namun, bila anda masih merasa ada yang kurang, anda membutuhkan sesuatu yang dapat digunakan untuk pemanasan/warm-up, atau alat untuk bodyweight exercise sebelum anda menuju latihan inti compound exercise.

    Beberapa contoh peralatan yang termasuk dalam kategori ini adalah resistance band, foam roller, yoga matt, dan lainnya.

 

Mempersiapkan Ruangan untuk Home Gym Anda

Selanjutnya, setelah mengetahui jenis alat yang dibutuhkan, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan ruangan untuk Home Gym Anda, ruangan bisa digolongkan sebagai salah satu aspek yang paling penting dalam mempersiapkan sebuah Home Gym, karena luas ruangan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda didalam berlatih. Sebelum masuk ke ilustrasi sebuah Home Gym beserta opsi ruangannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan ruangan untuk Home Gym sebagai berikut :

Yang pertama, hal utama yang harus diperhatikan adalah panjang minimal sebuah Home Gym ialah 3m, kenapa? Karena panjang barbell adalah 220cm atau 2,2m maka untuk memastikan kenyamanan ketika berlatih, khususnya ketika meletakkan dan mengeluarkan beban pada barbell, Anda membutuhkan ruang lebih pada kedua sisi barbell, maka bisa dikatakan lebar 3m adalah hal mutlak.

Yang kedua adalah lebar minimal ruangan rekomendasi Gymfitnessindo untuk Home Gym Anda adalah 2m. Ukuran Power Rack ataupun All in One Machine pada umumnya mulai dari 150cm-170cm maka lebar 2m merupakan lebar paling minimal yang masih bisa dikatakan nyaman. Bila Anda memiliki ruangan dengan lebar kurang dari 2m, pastinya hal yang akan terjadi adalah Anda akan kesulitan dalam memindahkan berbagai peralatan Home Gym Anda.

Yang ketiga yaitu tinggi ruangan, Power Rack ataupun All in One Machine pastinya memiliki sebuah Pull Up Bar pada tiap unitnya, sehingga bila Anda ingin berlatih Pull Up maka harus memiliki tinggi ruangan yang cukup agar bisa berlatih dengan nyaman. Rekomendasi kami adalah 2.5m, karena pada umumnya tinggi daripada Power Rack atau All in One Machine berkisar antara 180-215cm, maka bia Anda memiliki tinggi atau ceiling ruangan dibawah 2.5m, kemungkinan akan menyababkan kepala Anda terkena ceiling pada saat Pull Up.

Setelah memastikan ketiga aspek diatas sudah terpenuhi, maka hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah layout atau penempatan alat Home Gym Anda didalam ruangan yang telah disiapkan, berikut beberapa gambaran atau ilustrasi penempatan alat pada Home Gym dengan beberapa opsi luas ruangan yang berbeda :

 

  1. 2 x 3m : Luas ruangan berikut merupakan opsi paling minimal yang dapat Anda miliki sebagai Home Gym dirumah. Sebagai contoh Anda dapat memiliki sebuah paket Magnus Eco Rack Package sebagai opsi Home Gym Anda. Berikut adalah gambarannya :
  2. 3 x 3m : Dengan luas berikut Anda dapat memiliki ruang gerak yang lebih nyaman. Meskipun memiliki ruangan yang lebih luas tapi opsi peralatan pada ruangan berikut masih terbatas sebagai contoh alat yang cocok untuk ruangan berikut adalah Magnus Xtrainer X5 Package.Selain dapat berlatih Compound Exercise seperti Squat, Bench Press, Deadlift Anda pun dapat berlatih menggunakan FTS untuk gerakan Isolation Exercise serta dengan ruang lebih pada Home Gym Anda, maka Anda pun dapat berlatih gerakan lainnya seperti Snatch ataupun Clean and Jerk. 
  3. 3 x 4m : Luas ruangan berikut memberikan Anda keleluasaan dalam memilih alat Home Gym yang lebih beragam tanpa perlu khawatir dengan keterbatasan ruang. Selain sebuah peralatan seperti Force USA Monster G12 Package Anda juga bisa memilih sebuah opsi tambahan seperti FreeForm R2000  Rowing Machine ataupun Assault Air Bike untuk berlatih Kardio, sehingga Home Gym Anda menjadi lebih lengkap!
  4. 3 x 5m : Opsi berikut merupakan opsi yang paling luas untuk sebuah Home Gym, kombinasi ataupun ragam peralatan pada luas berikut sangatlah beragam dan bahkan Anda dapat memilih Force USA Monster G20 Packcage + Force USA Monster G20 Lat Row Extension pada Home Gym Anda. Selain itu Anda bisa menambahkan FreeForm F2000 untuk opsi kardio hingga dapat menambahkan perlengkapan lain seperti Hexa Dumbbell Package dan lain-lain.

Demkian beberapa ilustrasi dan gambaran opsi Home Gym yang dapat menjadi refrensi Anda dalam membangun sebuah Home Gym dirumah.

 

Rekomendasi GymFitnessIndo

Budget alat olahraga di rumah (home gym) berkisar mulai dari 20 juta-an dengan opsi seperti Magnus Eco Rack Package . 

Bagi Anda yang menyukai latihan Isolation Exercise seperti cable pulley namun ingin menghemat space ruangan di rumah, kami sangat merekomendasikan All in One Machine , yang merupakan penggabungan dari Power Rack, Smith Machine, dan Dua Adjustable Pulley. Sehingga anda tak perlu lagi membeli alat-alat tersebut secara terpisah. Tentu dengan harga setengah dari keseluruhan dari total alat tersebut.

  Paket Home Gym Monster G12

Dengan hanya membeli All in One Machine, Anda hanya perlu membeli tambahan Side Dish seperti barbell, plates dan adjustable bench seperti ilustrasi Force USA Monster G12 Package diatas :

Dari sisi value, All in One Machine sudah sangat cukup melengkapi home gym anda.

Baca juga disini:

Tonton juga disini:

Selamat! Anda sudah mempunyai alat olahraga di rumah yang tepat, sesuai dengan keinginan anda 99,99%.

“Lho, kenapa belum 100%?”, Sisanya adalah aksesoris untuk melengkapi home gym anda, seperti rubber flooring, cermin, atau sound system.

Jenis Latihan terbaik dirumah!

Setelah memiliki 99% atau bahkan 99.9% komponen Home Gym yang lengkap dirumah selanjutnya kita masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu Latihan Terbaik untuk dirumah!

Terlepas dari apapun tujuan Anda berlatih mulai dari meningkatkan kekuatan, menambah massa otot, menurunkan kadar lemak Strength Training harus menjadi sebuah prioritas latihan Anda. Strength Training sendiri dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dimana bila Anda ingin menurunkan kadar lemak sangatlah berguna untuk membantu proses pembakaran otot lebih baik, serta bila Anda berlatih Strength Training dalam proses penurunan berat badan, Anda dapat meminimalisir resiko stagnansi karena apabila Anda berlatih beban terutama Strength Training Anda akan menjadi metabolisme tubuh untuk bekerja optimal, sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Dan pastinya bagi Anda yang ingin menaikkan massa otot, membentuk tubuh ataupun meningkatkan performa olahraga, Strength Training adalah satu-satunya jenis latihan terbaik. Dengan jumlah massa otot yang lebih banyak, pastinya tubuh Anda akan memiliki bentuk yang lebih indah atau ideal, serta bagi pencari performa pada jenis olahraga tertentu dengan massa otot yang lebih banyak artinya tubuh Anda mampu bekerja lebih keras.

Jenis – jenis Latihan Strength Training

Masih banyak yang meragukan bahwa latihan dirumah bisa se efektif latihan di Commercial Gym. Kebanyakan orang menganggap bahwa latihan dirumah tidak efektif karena terbatasnya alat yang dimiliki, hal tersebut sangatlah keliru dan banyaknya anggapan demikian umumnya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai latihan. Mari kita bahas yuk latihan apa yang baik untuk dirumah!

Jenis Latihan Strength Training terbagi menjadi dua golongan, yang pertama yaitu Compound Exercise dan yang kedua Isolation Exercise. Kebanyakan alat pada Commercial Gym dapat digolongkan sebagai Isolation Exercise, yang dimana pada sebuah latihan Isolation Exercise Anda hanya mempekerjakan 1 jenis otot dan 1 jenis sendi sehingga membutuhkan banyak sekali peralatan untuk melatih otot didalam seluruh tubuh seperti halnya pada sebuah Commercial Gym. Maka anggapan kurangnya efektivitas berlatih dirumah disebabkan karena kebanyakan orang terbiasa latihan menggunakan alat latihan Isolation Exercise yang memiliki variasi beragam padahal hanya melatih 1 bagian otot saja.

Bagi Anda yang berlatih dirumah harus mengutamakan latihan Compound Exercise sebagai latihan utama agar mendapatkan hasil maksimal ketika berlatih. Compound Exercise mampu melatih seluruh otot tubuh dan sendi secara bersamaan hanya dengan beberapa gerakan seperti contohnya Barbell Squat, Barbell Bench Press, Barbell Deadlift, Pull Up, Dip, Barbell Row. Manfaat latihan Compound Exercise tidak hanya terbatas pada pembentukan otot atau pembakaran lemak, tetapi juga mampu melatih koordinasi tubuh, fokus, keseimbangan dan berbagai manfaat lainnya.

Namun bila Anda memang berkeinginan untuk memperindah detail-detail otot tubuh, sedang mengalami masa rehabilitasi atau ingin meningkatkan keseimbangan otot tubuh, maka Isolation Exercise sangat dianjurkan terlebih bila Anda yang sudah intensif berlatih Compound Exercise pilihan latihan Isolation Exercise sebagai opsi pergantian latihan pada saat periode istirahat atau latihan berintensitas rendah sangatlah dianjurkan. Beberapa latihan Isolation Exercise yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan sendi dan opsi latihan seperti Face Pull, Cable Row, Tricep Extension dan berbagai latihan lainnya.

Untuk mengenali lebih dalam mengenai manfaat Strength Training Anda dapat menonton video podcast berikut dengan Dansen Agusta seorang pakar dalam bidang Strength Training bersama tim Gymfitnessindo. Yuk Klik link berikut Pembahasan lengkap mengenai Strength Training!

Note.
Untuk anda yang menyukai latihan Deadlift, atau Olympic Lifting, Anda harus memasukan rubber floor khusus untuk lifting pada main course anda.

***

Wajib nonton video ini sebelum membangun Home Gym Anda!

Berikut adalah beberapa home gym customer GymFitnessIndo. Selengkapnya anda bisa cek pada halaman Gym Project!

Alat Olahraga di Rumah

Alat olahraga di Rumah Tanjung Pinang
Home Gym Customer di Tanjung Pinang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang

Panduan Membuat HOME GYM

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membangun sebuah HOME GYM di rumah Anda, simak panduan berikut!

Cek Sekarang